in

Di Balik Kesederhanaannya, Ma’ruf Amin Miliki Harta yang Tak Diduga-duga

Sederhana, itulah ucapan pertama yang terlontar dari mulut seseorang ketika melihat sosok Ma’ruf Amin. Hanya dengan menggunakan peci, jas dan juga sarung saat pergi ke manapun. Tapi siapa sangka, kesederhanaan dari kandidat wakil presiden tersebut mampu mengecoh kita semua.

Ya apalagi kalau bukan tentang harta kekayaannya. Semua harta bendanya terbongkar satu persatu semenjak ia mendaftarkan diri menjadi wakil dari Jokowi untuk memimpin Indonesia di tahun 2019 yang akan datang. Banyak yang ternganga dan tak menyangka jika harta yang dimiliki melebihi ekspektasi kita semua.

Inilah harta tidak bergerak milik Ma’ruf Amin

Harta tak bergerak Ma’ruf [Sumber Gambar]
Komisi Pemberantasan Korupsi beberapa waktu lalu telah merilis Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara milik Ma’ruf Amin. Pada laporan tersebut, harta kekayaan mantan dari Mantan Ketua Nahdatul Ulama tersebut dipilah menjadi beberapa bagian. Salah satunya adalah harta yang tidak bergerak. Dilansir dari http://elhkpn.kpk.go.id, jika harta tidak bergerak milik ayah dari tujuh anak tersebut terdiri dari 10 bidang tanah dan juga bangunan. Untuk satu di antaranya berada di Jakarta Utara. Sedangkan sembilan sisanya berada di Depok yang tersebar di berbagai tempat. Nah, untuk total semua tanah dan juga bangunannya yakni Rp 6.978.500.000.

Harta bergerak dari harga ratusan hingga miliaran rupiah

Harta bergerak Ma’ruf Amin [Sumber Gambar]
Selain tanah dan bangunan, harta yang dimiliki oleh Ma’ruf Amin ini adalah dua mobil dengan harga fantastis. Dikutip dari laman cnnindonesia.com, jika mobil yang dimiliki pertama adalah Fortuner VRZ. Mobil yang dikeluarkan pada tahun 2017 tersebut nilainya ditaksir sekitar Rp527,9 juta. Kemudian, pria yang kini berusia 75 tahun ini juga mempunyai mobil dengan merek Alphard G keluaran tahun 2018. Kendaraan yang memiliki model pintu geser tersebut nilainya mencapat Rp1,1 miliar. Tapi tak hanya itu saja, Ma’ruf Amin juga mempunyai harta bergerak lain yang tidak disebutkan fisiknya senilai Rp 226 juta.

Ada kas yang menambah aset dari Ma’ruf Amin

Kas Ma’ruf Amin [Sumber Gambar]
Tidak hanya mobil, tanah dan juga bangunan yang dimiliki Ma’ruf Amin. Tapi juga ada kas yang menambah aset dari pria kelahiran Kota Tangerang ini. Dilansir dari laman republika.co.id, jika kas dan harta setaranya yang dimiliki adalah sekitar Rp3.470.735.325. Jadi, total aset Ma’ruf Amin seluruhnya adalah sebesar Rp12.303.135.325.

Kalau dihitung-hitung, semua total kekayaan dari Ma’ruf Amin ini sejumlah Rp11.645.550.894. Nah, jika dibandingkan dengan tiga orang calon lainnya, harta kekayaan dari Ma’ruf Amin ini memang menjadi paling terkecil. Tapi, meskipun paling kecil, jumlahnya sudah membuat kita semua terbelalak bukan?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Tidak Seperti di Indonesia, Hukuman Suporter sepak Bola Manca Ini Bikin Merinding

Sering Tak Memberi Uang Kembalian, Inilah Ancaman yang akan Diterima Bagi Petugasnya