in

5 Hal Misterius Soal Sukarno, Isu Masih Hidup Hingga Tongkat Komando Sakti

Isu Presiden Pertama RI Sukarno yang dianggap masih hidup tengah menjadi perhatian netizen. Pasalnya, beredar video TikTok paranormal Mbah Mijan yang menyebut bahwa bapak proklamator RI itu masih hidup. Unggahan ini kemudian viral dan banyak dikomentari oleh netizen pengguna TikTok lainnya.

Belum usai kehebohan netizen, ada akun lain yang mengunggah video seorang warga yang bahkan mengetahui keberadaan Sukarno yang diisukan masih hidup. Sedari dulu, sosok bung besar memang lekat dengan hal-hal misterius yang membuat penasaran banyak orang. Apa saja? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Tongkat komando milik Sukarno yang dianggap memiliki kesaktian

Sukarno dan tongkat komando miliknya [sumber gambar]
Banyak yang mengira jika tongkat komando milik Sukarno memiliki ‘linuwih’ alias kekuatan ghaib. Sukarno sendiri menyangkal jika benda tersebut memiliki kekuatan magis. Hal ini pernah diungkapkannya pada Menteri Transmigrasi dan Koperasi Orde Lama, Achadi. “Di ini tongkat biasa saja, Tidak ada apa-apanya. Presiden Filipina Quirino menghadiahkannya kepadaku, saat kunjungan ke Filipina beberapa tahun lalu.” ucap Sukarno yang menenangkan rasa penasaran Achadi pada saat itu.

Bayangan Sukarno yang berpindah-pindah posisi saat hendak ditembak

Sukarno saat menunaikan salat [sumber gambar]

Sukarno pernah mengalami percobaan pembunuhan saat melaksanakan salat Idul Adha oleh Sanusi, yang merupakan suruhan pimpinan Negara Islam Indonesia (NII), Kartosoewiryo. Saat hendak menembak, Sanusi melihat bayangan Sukarno bergeser dan berpindah-pindah posisi yang membuat tembakannya meleset. Misi berakhir dengan kegagalan dan Sanusi pun ditangkap. Kisah ini termuat dalam autobiografi Mangil berjudul Kesaksian tentang Bung Karno, 1945-1967.

Isu Sukarno yang masih hidup hebohkan netizen di media sosial

Sosok pria yang menyebut bahwa Sukarno masih hidup [sumber gambar]
Selain komentar Mbah Mijan soal isu Sukarno masih hidup, sebuah akun TikTok @Tauhidzz juga mengunggah video seorang pria yang mengetahui jika sang proklamator memang masih hidup. Dalam tayangan tersebut, ia dengan tegas mengatakan bahwa Sukarno masih hidup dan siap memberitahu hingga mengantarkan seseorang yang ingin bertemu. Unggahan video ini viral dan banyak mengundang tanda tanya bagi netizen.

Misteri emas ribuan ton milik Sukarno yang kerap dikisahkan secara turun temurun

Green Hilton Memorial yang membahas soal emas Sukarno [sumber gambar]
Beberapa pihak tertentu meyakini hingga saat ini bahwa Sukarno memiliki harta simpanan berupa emas di luar negeri. Keyakinan ini diperkuat dengan beredarnya buku Harta Amanah Sukarno karya Safari A.N.S, yang diragukan oleh kalangan sejarawan Indonesia. Menurut kisah turun temurun yang diceritakan, Sukarno memiliki ribuan ton emas yang bisa menyelamatkan Indonesia dari utang.

Keberadaan Supersemar yang hingga kini masih menjadi misteri

Misteri Supersemar yang masih menjadi perdebatan hingga saat ini [sumber gambar]
Supersemar atau Surat Perintah Sebelas Maret tetap menjadi sebuah misteri yang tak terpecahkan hingga saat ini. Peristiwa ini sangat penting lantaran menjadi penanda lengsernya Sukarno dan pemerintahan Orde Lama. Supersemar juga yang menjadikan Soeharto sebagai penjaga keamanan negara, sekaligus batu loncatan bagi dirinya menjadi Presiden era Orde Baru. Tak ada yang mengetahui, di mana Supersemar asli disimpan.

BACA JUGA: Dianggap ‘Berbahaya’, 3 Hal Ini Menjadi Sebab Sukarno Dibenci oleh Amerika Serikat

Sosok Sukarno memang tak pernah lekang dari ingatan sejarah bangsa Indonesia. Kharismanya yang kuat membuat dirinya sangat dikagumi oleh lintas generasi. Sukarno sejatinya memang masih hidup. Bukan secara fisik, melainkan jasa-jasanya yang besar pada bangsa Indonesia saat ini. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

5 Hal Menakjubkan yang Dilakukan Uni Emirat Arab, Salah Satunya bakal Bangun Gunung Buatan

5 Museum Dunia yang Menyimpan Benda Sejarah RI, Ada Berlian 70 Karat Asal Banjarmasin