in

Demi Totalitas, 7 Aktor Ini Hampir Jadi Gila Gara-gara Perannya dalam Film

Heath Ledger Sebagai Joker [Image Source]

Metode akting bukanlah teknik baru, tapi ide menjalani kehidupan seperti karakter yang akan dimainkan untuk menunjukkan penampilan yang jujur telah semakin populer beberapa tahun terakhir ini. Namun, beberapa aktor menjalani teknik ini terlalu jauh sehingga mempengaruhi kehidupannya sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Demi totalitas dan akting yang bagus, beberapa tokoh rela melakukan hal-hal yang bisa dibilang hampir di luar nalar. Beberapa di antaranya bahkan sampai dibuat hampir gila gara-gara perannya dalam film.

1. Heath Ledger – The Dark Knight

Hanya sedikit aktor yang membenamkan diri mereka sendiri dalam suatu peran seperti yang dilakukan Ledger saat ia terpilih untuk memerakan Joker, musuh bebuyutan Batman. Ledger mengunci dirinya sendiri di sebuah kamar hotel di London selama sebulan, menulis diary dan bereksperimen dengan berbagai macam suara dan perilaku sampai ia berhasil mendapatkan versi ideal dari karakter Joker.

Heath Ledger sebagai Joker [Image Source]
Heath Ledger sebagai Joker [Image Source]
Hasil dari totalitas ini adalah salah satu penampilan penjahat terbaik dalam film sepanjang masa. Ia bahkan mendapatkan penghargaan Best Supporting Actor untuk perannya ini. Tragisnya, ia tidak pernah bisa melihat penampilannya sendiri karena ia meninggal overdosis setahun sebelumnya. Rumor yang beredar mengatakan bahwa peran Joker tersebut membuatnya bunuh diri.

2. Robert De Niro – Cape Fear

Robert De Niro menghabiskan sampai ribuan dolar untuk dokter gigi untuk membuat giginya mirip dengan psikopat Max Cady. Tidak cuma itu saja, ia juga membuat tato dengan tinta sayur yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bisa hilang.

Robert De Niro dalam film Cape Fear [Image Source]
Robert De Niro dalam film Cape Fear [Image Source]
Ia juga menghabiskan waktu selama itu untuk membaca dan mempelajari perilaku seorang pemerkosa. Penampilan De Niro berhasil membuat takut sutradara Martin Scorsese dan para penonton. Aktor tersebut bahkan bercana dengan meninggalkan pesan suara sebagai Cady untuk sang sutradara hanya untuk membuatnya ketakutan.

3. Nicolas Cage – Birdy

Cage membuat catatan tersendiri dengan selalu memainkan karakter yang unik. Mulai dari film Vampire’s Kiss hingga Ghost Rider, Nicolas Cage tidak pernah lepas dari julukan aktor paling gila di Hollywood.

Nicolas Cage dalam film Birdie [Image Source]
Nicolas Cage dalam film Birdie [Image Source]
Untuk perannya sebagai seorang veteran perang Vietnam dalam film Birdy, Cage mencabut 4 giginya hanya untuk menambahkan dimensi ekstra. Ia bahkan mengejutkan para kru dengan terus memakai perban wajah yang dipakai karakternya di dalam dan di luar lokasi syuting selama 5 minggu berturut-turut. Semua aksi gilanya membuat Cage menjadi pemain film paling berdedikasi.

4. Kate Winslet – The Reader

Kate Winslet adalah aktor termuda di dunia yang mendapatkan nominasi untuk 6 Academy Awards. Kemenangan pertama dan satu-satunya tiba dalam perannya sebagai mantan penjaga kamp konsentrasi Nazi di film The Reader. Peran ini pula yang membuatnya benar-benar hampir gila.

Kate Winslet dalam film The Reader [Image Source]
Kate Winslet dalam film The Reader [Image Source]
Kate Winslet mengatakan bahwa ia membutuhkan waktu sampai berbulan-bulan untuk bisa benar-benar lepas dari perannya. Untungnya, Winslet telah berhasil melepas perannya tersebut dan terus menjadi salah satu aktris papan atas di Hollywood.

5. Adrien Brody – The Pianist

Adrien Brody sampai harus menurunkan berat badannya sampai terlihat benar-benar kurus untuk film The Pianist. Dalam film tersebut, ia memerankan seorang Yahudi yang selamat dari Holocaust. Ia menyebutkan bahwa rasa putus asa dalam aktingnya tersebut berasal dari kelaparan yang ia rasakan dan bukan sesuatu yang bisa ia buat-buat.

Adrien Brody dalam film The Pianist

Terkadang, ia bahkan khawatir apakah ia masih bisa tetap waras setelah perannya berakhir. Kabarnya, Adrien Brody butuh waktu hingga lebih dari setahun setengah untuk bisa kembali ke kehidupan normalnya. Meski begitu totalitasnya ini berhasil membuatnya menjadi aktor termuda yang mendapatkan Piala Oscar untuk kategori aktor terbaik.

6. Jared Leto – Suicide Squad

Peran sebagai Joker bukanlah seseuatu yang bisa disepelekan, dan Leto mungkin telah menyiapkan diri demi peran ini lebih jauh dari yang dilakukan Heath Ledger. Ia memutuskan untuk tetap berada dalam karakter meski sedang tidak syuting. Selain itu, ia juga punya kebiasaan memberi hadiah yang tidak masuk akal.

Jared Leto sebagai Joker [Image Source]
Jared Leto sebagai Joker [Image Source]
Ia memberikan hadiah aneh kepada para anggota pemeran yang lain. Untuk Will Smith, ia memberikan sekotak peluru, dan tikus hidup untuk Margot Robbie. Ia bahkan mengirimkan sebuah video kepada seluruh pemeran film Suicide Squad yang menunjukkan dirinya dalam karakter sebagai Jared Leto bersama seekor mayat babi.

7. Daniel Day Lewis – Hampir Semua Filmnya

Daniel Day-Lewis bisa jadi adalah seseorang yang paling sering diasosiasikan dengan teknik akting hidup sebagai karakter yang dimainkan. Belum ada yang bisa menyamai kemahirannnya membawa peran. Untuk film My Left Foot, ia mematahkan dua tulang rusuknya sendiri karena karakternya yang mengharuskannya terus membungkuk.

Daniel Day Lewis dalam film My Left Foot [Image Source]
Daniel Day Lewis dalam film My Left Foot [Image Source]
Untuk film The Last of the Mohicans, ia bahkan sampai tinggal di alam liar sendirian selama 6 bulan. Dialah sosok yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk setiap peran yang ia ambil. Kemenangan 3 Academy Awards menunjukkan bahwa kerja kerasnya tidak sia-sia.

Kita terkadang sering meremehkan pekerjaan para aktor yang terlihat gampang. Padahal beberapa aktor justru rela mati-matian hingga hampir gila demi karya yang terbaik. Tapi tentu saja, setiap perjuangan keras akan terbayarkan pada akhirnya lewat karya film yang menakjubkan.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

Coba Pahamilah, Meski Cinta Kita Terhalang Restu Aku Masih Memperjuangkanmu

Inilah 5 Kerusuhan Penjara Terparah dalam Sejarah Indonesia