in

Sebelum Terlambat, Yuk Kenali Gejala Glioblastoma, Penyakit yang Menyerang Agung Hercules

Pada tahun 2019 lalu, aktor sekaligus penyanyi Agung Hercules menghembuskan napas terakhirnya. Sebelumnya, pria yang dikenal punya badan macho dan sehat bugar ini, memiliki penyakit Glioblastoma. Penyakit itu membuat badannya terlihat amat kurus.

Bagi teman-teman yang belum tau, Glioblastoma ini adalah gejala yang muncul dari kanker otak. Jika tidak mendapatkan perawatan yang instensif, layakanya kanker, ia bisa melumpuhkanmu. Nah, sebelum terlambat, yuk kita kenala ciri-ciri penyakit Glioblastoma.

Sakit kepala konstan

Sakit kepala konstan [sumber gambar]
Mengutip WebMD, Glioblastoma merupakan jenis kanker otak ganas yang paling umum di antara orang dewasa. Gejala awal penyakit ini yang pertama adalah sakit kepala, bisa migrain atau sakit kepala penuh yang terjadi secara konstan (sangat sering). Gejala ini paling umum dan pastinya dialami oleh banyak orang. Jika kamu sering merasakan sakit kepala, jangan sekali-kali diabaikan ya, Sobat. Segera periksakan ke dokter. Karena otak merupakan pusat gerak manusia, maka ada banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi saat kepala sudah sangat pusing.

Kesulitan dalam berbicara

Gangguan berbicara [sumber gambar]
Sulit berbicara di sini adalah ketidakmampuan untuk merangkai kata-kata. Bisa jadi juga, seseorang tiba-tiba mengalami gagap, padahal sebelumnya ia baik-baik saja dan bisa berbicara dengan lancar. Kamu yang paling mengerti yang terjadi dengan tubuhmu. Jika mengalami gejala kesulitan untuk berbicara maka segeralah hubungi dokter, sebelum terlambat.

Badan lesu hingga kehilangan keseimbangan

Hilang keseimbangan hingga pingsan [sumber gambar]
Seperti yang dijelaskan di laman Tribunnews.com, perkembangan tumor di otak bisa memengaruhi gerak motoric, sehingga tubuh bisa terasa sangat lemah dan lesu. Saat sudah terlalu lemah, keseimbangan juga akan terganggu. Makanya tidak heran seseorang akan mudah terjatuh, kejang, hingga mungkin terjatuh pingsan.

Telinga sering berdenging

Telinga berdenging [sumber gambar]
Tumor yang tumbuh dan berkembang di otak, bisa jadi disebabkan oleh masalah pada pendengaran. Dalam kasus penyakit yang menyerang Agung Hercules ini, ia pun mengatakan bahwa telinganya sempat bermasalah. “Iya saya sedang sakit di dada, di kuping juga jedag-jedug, kepala cekat-cekot, sudah periksa ke dokter juga katanya kolestrol tinggi,” tutur Agung Hercules, melansir grid.id.

Gangguan pada penglihatan

Gnagguan penglihatan [sumber gambar]
Saraf mata yang berfungsi sebagai indera lihat terhubung langsung ke otak. Maka, saat otak menyadari ada yang tidak beres, secara tidak langsung seseorang juga akan mengalami gangguan penglihatan. Para penderita Glioblastoma akan mengalami pandangan kabur, ganda atau bahkan halusinasi penglihatan karena papiledema (pembengkakan discus saraf optik).

BACA JUGA: Dikabarkan Idap Tumor Otak, Para Selebriti Ini Beri Dukungan dan Doakan Agung Hercules

Jika kamu mengalami beberapa tanda di atas memang bukan berarti kamu mengidap kanker otak. Tapi, jika sudah berlangsung lama dan terus menerus, ada baiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter. Jangan sampai deh karena sayang uang atau males periksa, kamu harus mengetahuinya saat penyakit sudah menggerogotimu. Saat kanker terlambat ditangani, kamu tau akibat yang akan ditanggung seperti apa.

 

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Susah Payah Menabung Demi ke Tanah Suci, Rumah Kakek Pemulung Tandas Dilalap Api

Mengenal Al-Khalwatiyah, Tarekat yang Dibubarkan MUI Karena Dianggap Menyimpang dari Islam