in

Ari Lasso Derita Kanker Limfoma, Kenali Gejala yang Tak Boleh Disepelekan Sebelum Terlambat

Lelah yang tak kunjung hilang

Pada saat seseorang menderita kanker limfoma, boleh jadi ia terus merasa kelelahan. Dalam hal ini, istirahat dan tidur tidak akan mengembalikan kembali energinya. Nah, jika kamu merasa terus menerus lelah, padahal juga tidak sedang melakukan aktivitas berat, coba datangi dokter.

Ilustrasi lelah yang berkepanjangan [sumber gambar]
Hal ini mungkin memang tidak selalau merupakan tanda jika ada kanker yang bersarang dalam tubuhmu. Namun, apa salahnya mendapatkan diagnosa lebih dini terkait kondisi tubuhmu.

Demam dan banyak berkeringat saat malam

Sel limfoma dapat menghasilkan zat kimia tertentu yang meningkatkan suhu tubuh. Melansir laman Lymphoma Action, limfoma bisa menyebabkan kenaikan suhu tubuh hingga ke 38°C. Biasanya, demam sebagai ciri-ciri kanker kelenjar getah bening akan datang dan pergi secara terus-menerus.

Demam saat malam hari [sumber gambar]

Jika kamu sering merasakan demam tiba-tiba, serta berkeringat dalam jumlah banyak, bahkan sampai pakaian dan sprei basah oleh keringat, hal yang harus dilakukan adalah mendapatkan diagnosa secepat mungkin. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu gejala yang ditimbulkan dari kanker limfoma.

Menurunnya berat badan tanpa alasan tertentu

Gejala satu ini biasanya terjadi pada sel kanker yang berkembang dengan cepat dan agresif. Berat badan akan menurun dengan sangat drastis tanpa sebab tertentu. Misalnya, seseorang tidak berada dalam kondisi diet.

Berat bedan menurun drastis [sumber gambar]
Melansir hellosehat.com, umumnya berat badan penderita limfoma akan turun lebih dari 10 persen dari total berat badannya, dalam jangka waktu 6 bulan. Oleh karena itu, sebaiknya segera hubungi dokter bila mengalami gejala penurunan berat badan dengan sangat drastis.

Perasaan kenyang di perut

Perasaan kenyang [sumber gambar]
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa limfoma juga bisa berkembang di kelenjar getah bening di perut atau sistem limfatik di hati atau limpa. Hal ini menyebabkan limpa membengkak hingga penderita mungkin merasakan sakit di bagian rusuk kiri, kembung, dan perasaan seperti kenyang karena habis memakan sesuatu. Ciri lain jika limfoma sudah memengaruhi bagian perut adalah sakit perut, diare, muntah, hingga sembelit.

Kejang, pusing, gatal-gatal serta beberapa gejala lain

Sering pusing [sumber gambar]
Nah, selain gejala di atas, terdapat beberapa gejala yang sering dirasakan sehari-hari. Gejala tersebut seperti sakit kepala, kejang-kejang, gatal-gatal pada kulit, dan batuk yang disertai dengan sesak napas. Jika kamu sering mengalami, atau sedang mengalami gejala-gejala dia atas, segera temui dokter. Karena kanker limfoma sendiri terkadang tidak terasa sakit.

BACA JUGA: Kabari Jokowi hingga Berobat ke AS, Ini 4 Fakta Mantan Presiden SBY Idap Kanker Prostat

Mengalami satu dari banyak gejala di atas bukan berarti pasti terkena kanker ya. Akan tetapi akan lebih baik jika tetap rutin memeriksa kesehatan dan menjaga pola makan. Pastikan juga untuk istirahat cukup, karena overwork juga bisa membuat berbagai penyakit singgah ke tubuhmu.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

4 Fakta Penangkapan Ketum dan Anggota Partai Dakwah Rakyat Indonesia oleh Densus 88

Bisa Menyala sampai Mutiara Motif Kupu, 5 Gaun Pengantin Artis Ini Super Mewah dan Unik