in

Ari Lasso Derita Kanker Limfoma, Kenali Gejala yang Tak Boleh Disepelekan Sebelum Terlambat

Kabar duka datang dari musisi Ari Lasso. Dalam sebuah unggahan Instagram terbarunya, Ari membagikan potret dirinya yang memakai baju garis-garis dan kupluk. Ari menuliskan sebuah captionMemberanikan diri posting. Sudah chemo ke 3, sudah separuh jalan,”. Usut punya usut, saat ini, Ari Lasso tengah menderita kanker Limfoma stadium 2.

Karena kanker yang ia derita, Ari harus kehilangan rambutnya. Namun, hal tersebut tak menyurutkan semangatnya. Ia menambahkan dalam caption-nya, bahwa semua bisa ia lalui karena pertolongan Tuhan dan doa dari orang-orang terdekatnya. Nah, bicara tentang kanker Limfoma ini, apa ya penyebabnya? Bagaimana gejala yang ditimbulkan? Yuk, simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini!

Apa itu kanker Limfoma? Apa saja jenisnya?

Melansir dari alodokter.com, Limfoma merupakan kanker darah yang dapat mengakibatkan pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati). Limfoma berawal ketika sel kanker menyerang salah satu sel darah putih (limfosit) yang berfungsi melawan infeksi. Limfosit sendiri merupakan sel darah putih yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus.

Ilustrasi Kanker Limfoma [sumber gambar]
Selain di dalam peredaran darah, limfosit tersebar di beberapa bagian tubuh, seperti kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan saluran pencernaan. Ketika limfosit berubah, berkembang, dan menyebar secara tidak normal, maka terjadilah limfoma maligna.

Gejala yang bisa ditunjukkan oleh orang yang menderita limfoma

Ada dua jenis kanker limfoma, yakni limfoma hodgkin dan limfoma non-hodgkin. Setiap jenis kanker ini bisa menimbulkan gejala yang berbeda. Bahkan, beberapa jenis kanker kelenjar getah bening mungkin tidak menimbulkan ciri-ciri pada penderitanya, terutama pada stadium limfoma 1 atau awal. Tapi secara umum, berikut ini gejala yang bisa ditunjukkan oleh penderita limfoma:

Terjadi pembengkakan di area kelenjar getah bening

Kanker ini menyerang dan berkembang di sistem limfatik. Dalam tubuh kita, sistem limfatik terdapat di berbagai bagian tubuh, mulai dari kelenjar getah bening, sumsum tulang belakang, limpa, dan kelenjar timus. Saat kanker ini menyerang, sel limfosit akan menumpuk di kelenjar getah bening hingga terjadi pembengkakan.

Pembebakan di area getah bening [sumber gambar]

Bengkak ini bisa saja terdapat di area leher, bagian bawah ketiak, sampai area selangkangan. Kelenjar yang bengkak ini umumnya berbentuk bulat, lunak, serta bergerak saat disentuh, serta tidak terasa sakit.

Lelah yang tak kunjung hilang

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

4 Fakta Penangkapan Ketum dan Anggota Partai Dakwah Rakyat Indonesia oleh Densus 88

Bisa Menyala sampai Mutiara Motif Kupu, 5 Gaun Pengantin Artis Ini Super Mewah dan Unik