Banyak dari anak-anak di Indonesia yang seharusnya mengisi masa-masanya dengan kegaatan seperti bermain dan hal menyenangkan lainnya, justru harus dilewati dengan kerja keras mencari nafkah layaknya orang dewasa. Salah satunya ada pada sosok Sandra yang viral di dunia maya. Kisah yang dibagikan lewat akun YouTube Ade Septian ini, menunjukkan sosoknya yang tengah berjualan di pinggir jalan, sembari menggendong sang adik yang terlelap.

Dalam tayangan video, Sekar tengah duduk di pinggir jalan yang ramai dilalui pengendara bermotor. Bersama sang adik bernama Sekar yang berusia 5 tahun, ia duduk menunggu setiap mereka yang lewat untuk mampir membeli barang dagangannya setiap jam 4 sore hingga jam 8 malam.

Ada berbagai macam kue yang dijualnya, mulai dari kue donat, kue abon, arem-arem, keripik dan masih banyak lagi kue lainnya. Semuanya dijual seharga Rp 3 ribu. Ade juga menjamin rasa kue yang dijual oleh Sandra enak karena ia sudah mencobanya langsung.

Dari berjualan kue itu, Sandra mengaku mendapat untung seribu rupiah per kue yang dijualnya. Sebagai anak pertama dari tiga bersaudara, sandra adalah menjadi tulang punggung untuk membantu ibunya. Sang ayah sendiri sudah meninggal dunia. Melalui postingan Instagram dan di channel YouTube miliknya, Ade mengajak netizen untuk melariskan dagangan Sandra.

Dengan wajah lelah, Sandra mengaku jika daganganya belum habis, akan dikembalikan pada sang pemilik. Ya, kesemua kue yang dijajakan oleh dirinya ternyata bukan buatannya sendiri. Sandra hanya sebatas menjual kembali yang hasilnya juga harus disetor kepada pemilik aslinya. Dalam video tersebut, Ade juga kemudian memborong dagangan yang dijajakan Sandra.

Sandra berjualan dengan sang adik [sumber gambar]
Tak hanya Sandra yang berjualan, sang ibu juga menggeluti profesi yang sama dengan dirinya. Sebagai anak pertama dari empat bersaudara, berjualan sehabis pulang sekolah merupakan rutinitasnya sehari-hari. Sembari merekam, sesekali Ade tampak membantu Sandra memasukan makanan yang dibelinya. Ia juga terlihat menikmati dan bertanya seputar kue arem-arem yang dimakannnya pada saat itu.

Tak lupa, Ade juga berpesan pada Sandra, agar kue dagangannya tersebut diberikan pada tukang becak yang ia temui saat pulang nanti. Bahkan, ia juga melebihkan uang total Rp 250 ribu, dari yang seharusnya yakni Rp 203 ribu. Terlihat salah satu pejalan kaki yang kebetulan melintas dan terekam dalam kamera, juga tak luput dari pemberiannya.

BACA JUGA: Kisah Bocah Pedagang Cilok Bertampang Sangar yang Ternyata Penghafal Al-Qur’an

Berbagi itu indah. Setidaknya, itulah yang ingin disampaikan oleh sosok Ade dalam videonya tersebut. Tak hanya sekedar memborong makanan untuk membantu Sandra, tapi secara tak langsung juga menggugah perasaan kita untuk peka dan berempati pada sesama.