Mendengar nama Kim Jong Un saja musuh kadang sudah gentar, apalagi kalau ia sudah bertindak. Meski tetanggaan, Korea Utara dan Korea Selatan tak pernah akur dalam jangka waktu yang lama. Setelah lama tak terdengar kabarnya, kini hubungan dua negara ‘oppa’ ini kembali panas.

Sekarang, Kim Jong Un mengeluarkan pernyataan kontroversial, yakni memerintahkan anak buahnya untuk menghancurkan resort dan hotel yang ada di wilayah Pegunungan Kumgang. Resort ini adalah milik Korea Selatan, yang dulunya memang diizinkan berdiri di sana. Bagaimana sih kisahnya? Simak dalam ulasan ini yuk!

Kim Jong Un sempat berkunjung ke area Gunung Kumgang, dan dirinya berkata ingin menghancurkan hotel yang ada di sana

Kim Jong Un [sumber gambar]
Gunung Kumgang merupakan kawasan pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari Korea Selatan. Itulah mengapa si sana banyak dibangun resort dan hotel milik Korea Selatan. Belum lama ini, Jong Un berkunjung ke wilayah tersebut dan berencana akan menghancurkannya. Lha, memangnya kenapa, Pak Jong? Nah, usut punya usut, menurut Jong Un tidak enak dilihat dan tidak menyenangkan sama sekali. Ia menyebut resort tersebut tidak punya karakter nasional Korea Utara. Padahal, dulunya tentara Korea berjuang mati-matian mendapatkan wilayah tersebut.

Gunung Kumgang sendiri adalah simbol perdamaian dua negara Korea

Kumgang [sumber gambar]
Nah, asal kalian tau Sahabat Boom, Gunung ini merupakan simbol perdamaian  dua negara, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara. Di tahun 1998, warga negara Korea Selatan legal dan boleh berkunjung ke Korea Utara melalui jalur laut. Lalu, lima tahun setelahnya, di 2003 mereka boleh menggunakan jalur darat. Nah, kalau sekarang Jong Un malah ingin menghancurkan perdamaian yang sudah dibangun selama 20 tahun lebih, apakah artinya itu dirinya ingin menyulut perang?

Kritik terhadap kebijakan ayahnya

Kritik kebijakan ayahnya [sumber gambar]
Selanjutnya, Kim Jong Un juga mengkritik kebijakan ayahnya, Kim Jong Il yang pernah mengizinkan Korea Selatan mendirikan resort di Kumgang ini. Menurut Jong Un, menjadikan Kumgang yang sekarang sebagai simbol hubungan baik adalah sebuah kesalahan. Duh, di mata Jong Un memang semua bisa salah.

Hubungan dua Korea yang semakin memanas

Hubungan Korut dan Korsel yang memburuk [sumber gambar]
Selain ingin menghancurkan semua resort yang ada, Kim Jong Un juga mengatakan bahwa akan lebih baik dikelola tanpa keterlibatan dari Korea Selatan. Dalam artian, mereka akan membangun fasilitas sendiri dengan layanan yang lebih modern. Meski mereka tak sedang berada dalam gencatan senjata, kedua negara ini diam-diam masih terus menyimpan dendam dan tak pernah setuju satu sama lain. Bahkan, melansir Liputan6.com, ketika Korea Selatan melakukan latihan militer tingkat rendah dengan AS. Bahkan mereka menolak terlibat dalam diskusi dengan Korea Selatan terkait masalah itu.

BACA JUGA: 6 Hal Tidak Berguna Yang Dilakukan Kim Jong-un Untuk Memenuhi Hasrat Pribadi

Duh, kalau Kim Jong Un sudah berpetuah semua tak bisa menolak dan mengatakan ‘tidak’. Apa ya kira-kira nasib resort dan hotel yang ada di pegunungan itu?