in

Meski Sepele, Flu Ternyata Bisa Jadi Gejala Awal dari Penyakit Kronis

Seperti yang kita tahu, kalau flu menjadi salah satu penyakit paling diremehkan. Meski penyakit tersebut cepat menular, akan tetapi orang-orang tetap saja menyepelekannya. Alasannya karena flu sangat mudah disembuhkan. Buktinya saja, cukup dengan mengonsumsi obat dari warung, orang-orang bisa langsung sembuh dalam kurun waktu yang tidak lama.

Memang sih, flu sudah bisa dibasmi dengan obat warung. Akan tetapi, sebenarnya flu itu tidak boleh disepelekan lho Sahabat Boombastis. Ini dikarenakan influenza ternyata bisa jadi awal dari penyakit yang lebih parah lagi. Mungkin beberapa ciri di bawah ini pernah kalian alami sebelumnya.

Flu tidak selesai dalam waktu dua minggu

Dari dulu sampai sekarang, kita tahu kalau flu bisa selesai paling lama hanya seminggu. Itu biasanya terjadi karena kita malas minum obat atau kurang beristirahat. Tapi kalau influenza ini tidak kunjung selesai setelah dua minggu lamanya, harus diwaspadai nih Sahabat Boombastis. Sebab, itu bisa jadi gejala dari penyakit parah.

Bisa jadi gejala penyakit asma [Sumber Gambar]
Contohnya saja yang berhubungan dengan sistem pernapasan seperti asma, paru-paru basah dan lainnya. Pada umumnya, gejala dari penyakit-penyakit tersebut juga disertai dengan batuk yang juga bertahan lebih dari dua minggu dan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda kesembuhan.

Sudah sembuh dari flu, tapi cepat kambuh lagi

Terkadang kita sudah lega kalau flu hanya berlangsung dua sampai tiga hari. Tapi, belum lama sembuh, penyakit menyebalkan itu sudah datang lagi tanpa permisi. Padahal, enggak ada orang terdekat yang sedang sakit flu atau cuaca juga tidak buruk sama sekali. Kalau sudah seperti ini, kalian wajib berhati-hati lho.

Ciri awal dari Bronkitis [Sumber Gambar]

Dilansir dari hellosehat.com, jika tubuh menunjukkan tanda-tanda seperti itu, maka bisa jadi itu adalah awal dari penyakit yang lumayan parah. Misalnya saja sinusitis, bronkitis ataupun paru-paru basah. Dengan begitu, kalian harus segera memeriksakan ke dokter jika flu datang terus tanpa mau diusir dengan beragam obat.

Flu diikuti dengan mata gatal atau berair

Pada umumnya, flu hanya disertai dengan gejala seperti demam. Namun, jika tingkatan flu sudah berat, biasanya juga diikuti dengan sakit kepala atau pusing. Akan tetapi, jika flu diikuti oleh gejala-gejala lain seperti mata gatal atau berair, jangan pernah untuk disepelekan Sahabat Boombastis.

Bisa jadi alergi terhadap sesuatu [Sumber Gambar]
Hal ini bisa jadi permulaan alergi yang bisa datang dari berbagai penyebab. Misalnya terkena bulu hewan atau sehabis mengonsumsi makanan asing. Nah, alergi terhadap hal-hal tersebut, dapat menimbulkan beragam akibat pada tubuh seperti bersin-bersin, gatal biduran, lidah bengkak, hingga kram perut.

Berat badan menurun drastis dari hari ke hari

Flu memang membuat kita tidak nafsu makan. Ya bagaimana tidak, saat flu penciuman kita menjadi tak berfungsi dengan normal. Sehingga semua makanan dan minuman yang kita konsumsi rasanya menjadi hambar. Jadi secara otomatis, berat badan kita menjadi turun.

Flu bisa jadi gejala awal dari hipertiroid [Sumber Gambar]
Namun, kalau kalian sudah memaksakan makan berkali-kali tapi berat badan tetap saja turun, berarti ada yang salah dengan imun tubuh. Bisa jadi itu adalah pertanda dari penyakit parah seperti hipertiroid, kanker, infeksi bakteri, bahkan HIV.

Flu disertai dengan sakit kepala hebat

Sakit kepala bukan jadi hal yang mengagetkan lagi jika dibarengi dengan flu. Alasannya karena itu memang gejala paling umum yang dirasakan para penderita flu. Tapi, hal ini akan berbeda jika sakit kepala yang kalian rasakan terasa menekan.

Awal munculnya meningitis [Sumber Gambar]
Hal tersebut kemungkinan besar mengindikasikan kelainan yang mempengaruhi sistem saraf pusat seperti meningitis. Jadi, jika kalian merasakan perbedaan sakit kepala ketika flu, harus segera dikonsultasikan ke dokter.

Bisa disimpulkan, kalau flu memang tidak boleh disepelekan keberadaannya. Apalagi jika gejalanya berbeda dengan flu pada umumnya. Kalian harus memeriksakan diri ke dokter supaya mendapatkan penanganan lebih awal. Kalian punya pengalaman seperti di atas? Share di kolom komentar ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mirip Indonesia 1998, Inilah Potret Penduduk Nikaragua Saat Melakukan Penjarahan Sadis

Bukan Seorang Muslim, 10 Artis Ini Cantiknya Selangit Ketika Mengenakan Hijab