in

Dulu Hidup Miskin, Mantan TKW Ini Kini Sukses Jadi YouTuber dan Punya Koleksi Mobil Mewah

Terbatasnya lapangan pekerjaan, membuat banyak orang Indonesia yang memilih bekerja di luar negeri. Banyak TKW rela jauh dari keluarga demi mencari nafkah. Sayangnya, profesi mereka kerap dipandang sebelah mata.

Padahal, tak sedikit TKW yang sukses saat pulang ke tanah air. Sebut saja Farida Nurhan. Siapa sangka, Farida sempat menjadi TKW sebelum menjadi YouTuber terkenal seperti sekarang. Di balik konten videonya yang menghibur, Farida ternyata pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya. Inilah cerita selengkapnya.

Hamil di luar nikah hingga putus sekolah

Farida tumbuh di keluarga sederhana. Sehari-hari, ayahnya menjajakan jamu keliling, sedangkan ibunya seorang ibu rumah tangga. Farida yang akrab disapa Omay itu menceritakan kisah pahit saat dirinya hamil di usia 17 tahun. Ia terpaksa putus sekolah dan menikah dengan kekasihnya kala itu.

Farida Nurhan muda [sumber gambar]
Namun, menikah di usia muda membuat kondisi rumah tangganya tak stabil. Sang suami selalu pamit pergi bekerja tetapi tak kunjung pulang. Bahkan, Farida mengaku tak mengetahui bagaimana rasanya sebuah pernikahan lantaran sangat jarang bertemu suaminya.

Kesulitan ekonomi Farida, tak makan dua hari

Setelah menikah, Farida memutuskan untuk tinggal bersama mertuanya lantaran tak kuat menjadi bahan gunjingan tetangga. Wanita kelahiran 3 September 1982 itu pun merasakan hidup kekurangan. Ia mengaku hanya punya satu daster saat mengandung bayinya. Ia selalu mencuci baju di sungai dan hanya memakai sandal jepit rusak yang disematkan peniti agar tak lepas.

Farida Nurhan saat menjadi TKW [sumber gambar]
Bahkan, Farida pernah tak makan dua hari padahal ia dalam kondisi menyusui. Jika sekarang Farida selalu membuat konten makan-makanan lezat, dulu wanita asal Lumajang, Jawa Timur ini pernah hanya makan dengan lauk sayur kubis dan garam.

Jadi TKW hingga broker

Dua bulan kemudian, Farida pulang ke rumah orang tuanya. Ia memutuskan untuk menjadi TKW saat buah hatinya sudah mulai bisa berjalan. Ia pernah bekerja 11 bulan di Singapura dan 6 tahun di Hongkong. Di tahun 2008, Farida pulang ke Indonesia. Ia berniat untuk membuka warteg, namun akhirnya Firda malah terjun ke bisnis properti.

Farida Nurhan bangun rumah [sumber gambar]
Berbekal kemampuannya berbahasa Inggris, Kantonis, dan Mandarin, Farida terus bekerja keras. Banyak konsumen dari luar negeri yang menjadi penyewa rumah. Ia memilih menjadi broker, lantaran profesi ini tak memerlukan kualifikasi pendidikan yang tinggi. Farida mengaku mengerjakan semuanya sendirian saat menjadi broker, termasuk membersihkan toilet.

Awal karir sebagai food vlogger

Farida merasa pendapatannya sebagai broker belum mencukupi. Ia pun mencari penghasilan tambahan dengan menjadi content creator di YouTube. Awalnya, Farida hanya melakukan review kue yang dijual para artis. Ternyata, cara Farida me-review jajanan tersebut disukai netizen karena dianggap jujur dan apa adanya.

Farida Nurhan mukbang [sumber gambar]
Perlahan, pengikut kanal YouTube miliknya pun terus bertambah hingga kini mencapai lebih dari 4,3 juta orang. Berkat kerja kerasnya, kehidupan Farida berubah. Ia memiliki beberapa koleksi mobil mewah dan rumah bak istana.

BACA JUGA: Kisah Renny, Mantan TKW yang Kini Tajir Melintir dan Nikah dengan Bule Swiss

Kerja keras Farida Nurhan mungkin bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Ia terus berjuang dan melanjutkan hidup meski diterpa kesulitan. Tak heran Farida bisa menjadi seorang YouTuber sukses.

Written by F A Agustina

4 Fakta Mantan Istri Donald Trump yang Ditemukan Meninggal Dunia di Apartemen Miliknya

Tukar “Harga Diri” Demi Pembalut hingga Jual Ginjal, Begini Mirisnya Kemiskinan Warga Kenya