Sosok Tom Liwafa sempat viral di sosial media berkat aksinya membagikan sembako pada masyarakat yang membutuhkan di Surabaya beberapa waktu lalu. Pria asal Surabaya ini menuai pujian saat videonya menyerahkan bantuan berupa sekardus mi instan dan uang jutaan rupiah pada warga yang ditemuinya di jalanan.

Tom sendiri dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses membangun bisnisnya di Kota Pahlawan. Tak heran, julukan crazy rich Surabaya pun disematkan pada dirinya. Meski demikian, kesuksesan tersebut tak datang dalam semalam. Tom yang merintis bisnis dari nol, merasakan betul jatuh bangun mendirikan usaha.

Penyanyi band metal yang membangun usahanya dari nol

Tom yang lahir dan tumbuh besar di sebuah wilayah pedesaan di Mojokerto, Jawa Timur, memulai kisah hidupnya dengan merantau ke Surabaya. Di Kota Pahlawan itu, ia memulai bisnis pertamanya dengan berjualan stiker. Kecintaannya pada musik metal, membuat Tom mencoba peruntungan dengan membuka usaha sesuai passion-nya tersebut.

Di bisnis inilah, vokalis band metal bernama Razorblades Terror itu merasakan fase naik turun hingga berada pada titik terendah saat menjalankan sebuah usaha. Meski demikian, hal tersebut menjadi cambuk bagi Tom untuk belajar agar tidak cepat menyerah. Saat dirinya telah menikah, ia mulai membangun bisnis kembali bersama sang istri.

Berjuang bersama sang istri membesarkan bisnis

Mulai sejak berpacaran hingga menikah, Tom bersama istrinya merintis usaha online sejak 2010 di Surabaya, Jawa Timur. Jenis bisnis digital tersebut dipilih karena belum banyak yang terjun ke sana. Perlahan namun pasti, Tom dan sang istri sukses membangun usahanya tersebut hingga berhasil membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Tom berjuang membangun bisnis bersama sang istri [sumber gambar]
Berkat ketekunan dan sikap pantang menyerah, Tom sukses membesarkan usaha grosir tas dan sepatu di bawah label Handmadeshoesby dan Delvationstore. Saat ini, usahanya tersebut telah memiliki ribuan karyawan dan telah berkembang menjadi berbagai lini usaha, seperti tas, pakaian wanita, sepatu, jam tangan, dan aksesoris.

Sukses menjadi pengusaha dan mobil BMW i8 milik Atta Hailintar

Keberhasilan Tom menjadi pengusaha, telah mengubah jalan hidupnya saat ini. Sebelum aksinya berbagi sembako viral di dunia maya, suami dari Delta Hesti ini sempat mengejutkan warganet saat memutuskan untuk membeli mobil mewah milik YouTuber Atta Halilintar.

Dalam unggahan YouTube milik Atta Halilintar uang berjudul ‘ORANG INI BELI MOBIL ATTA 3M CASH’, Tom yang datang langsung dari Surabaya ke kediaman Atta langsung membeli mobil tersebut dengan harga Rp 3 miliar tunai. Luar Biasa ya Sahabat Boombastis.

Crazy rich Surabaya yang menuai pujian berkat aksinya bagi-bagi sembako

Sosok Tom mendadak jadi perbincangan netizen setelah videonya membagikan sembako viral di media sosial. Bersama dengan rekannya, ia tampak mempersiapkan bantuan berupa mie instan, beras, dan uang sebesar Rp 1,5 juta yang dibungkus dalam kardus mie instan.

Saat membagikan sembako tersebut, Tom mengendarai mobil sport mewah miliknya dan berkeliling ke beberapa jalan protokol di Surabaya. Aksinya ini juga sebagai jawaban atas prank sembako berisi sampah yang dilakukan oleh YouTuber Ferdian Paleka yang menjadi sorotan warganet beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Kebalikan dari Ferdian Paleka, Crazyrich Surabaya Ini Bagi Sembako dan Uang Jutaan Sungguhan

Selain menjadi seorang pengusaha, Tom juga aktif membagikan kegiatannya berbagi kepada mereka yang membutuhkan di channel YouTube miliknya, TOMLIWAFA PROJECT. beberapa video yang diunggahnya juga masih berkaitan dengan bisnis, yakni motivasi dan kiat-kiat seputar dunia usaha. Hebat ya Sahabat Boombastis.