in

4 Fakta Kekaisaran Sunda Nusantara, Negara yang Punya SIM dan STNK-nya Sendiri

Kemunculan Sunda Empire menjadi salah satu peristiwa yang tidak dapat dilupakan. Bagaimana tidak, kerajaan fiktif yang satu ini mengklaim punya kuasa penuh dan berhubungan dengan banyak petinggi dunia. Hingga akhirnya para petinggi dari kerajaan tersebut harus mempertanggung jawabkan perbuatannya di penjara.

Namun akhir-akhir ini muncul kerajaan fiktif lain. Kerajaan itu tak lain dan tak bukan adalah Kekaisaran Sunda Nusantara yang diklaim punya SIM dan STNK-nya sendiri. Bahkan mengaku punya anggota yang lumayan banyak. Lalu seperti apakah kisah sebenarnya? Simak ulasan di bawah ini.

Kemunculan Kekaisaran Sunda Nusantara

Beberapa waktu yang lalu netizen dibuat geger dengan kemunculan sebuah kerajaan fiktif baru. Kerajaan tersebut bernama Kekaisaran Sunda Nusantara. Hal ini terungkap karena ada salah satu penduduknya yang tertangkap oleh razia kendaraan dan ternyata memiliki tanda pengenal tak biasa. Alih-alih membawa KTP atau paspor, dirinya malah membawa sebuah kartu yang bertuliskan keluaran dari Negara Kekaisaran Sunda Nusantara.

Sunda Nusantara [sumber gambar]
Pria yang membawa tanda pengenal nyeleneh itu  bernama Rusdi Karepesina yang ternyata punya jabatan tinggi di negara fiktif tersebut. Karena sama-sama menggunakan nama Sunda, banyak orang yang mengira kalau negara fiktif baru ini berhubungan dengan Sunda Empire.

STNK dan SIM keluaran negara fiktif yang bikin geger

Satu hal yang unik dari sosok Rusdi ini adalah barang yang dia bawa. Dilansir dari laman Tribunnews, Rusdi terjaring razia karena menggunakan plat yang tidak resmi. Namun ketika diperiksa mengenai kelengkapan surat, dirinya malah menyerahkan STNK dan SIM keluaran Sunda Nusantara. Alhasil dirinya harus berurusan dengan pihak yang berwajib karena tidak membawa kelengkapan.

SIM Sunda Nusantara [sumber gambar]

Mirip dengan SIM yang berlaku di Indonesia, tercantum pengesahan dari petingginya, data dirinya hingga masa belaku dari kartu tersebut. Bahkan, di bagian atas SIM tersebut ada lambang bendara dari Sunda Nusantara yang berjejer dengan milik Indonesia namun sudah dimodifikasi.

Sosok dari Rusdi yang ternyata panglima

Lalu sebenarnya siapa sih Rusdi ini? Usut punya usut dirinya mempunyai jabatan sebagai jenderal di kekaisaran Sunda Nusantara. Dilansir dari laman Tempo, pekerjaan sehari-hari dari Rusdi ini adalah seorang debt collector. Dirinya mengaku punya banyak anak buah dalam melakukan pekerjaannya. Nah, masalah hubungannya dengan Sunda Nusantara, dirinya mengaku sudah bergabung dengan organisasi itu sejak tahun 2018.

Rusdi Sunda Nusantara [sumber gambar]
Sunda Nusantara sempat bubar, hingga akhirnya muncul kembali akhir-akhir ini. Rusdi juga mengungkapkan kalau kerajaannya berbeda dengan Sunda Empire karena mereka tidak menunjukkan diri pada khalayak umum. Baru kemarin saja dirinya ketahuan saat razia hingga akhirnya ramai seperti sekarang.

Sunda Nusantara menurut petinggi Sunda Empire

Ternyata ada sedikit hubungan dari Sunda Nusantara ini dengan Sunda Empire. Dilansir dari laman Detik, Rangga Sasana, selaku mantan petingga Sunda Empire, mengaku kalau entitas Sunda sebenarnya terdiri dari empat bagian. Sunda Empire, Sunda Nusantara, Sunda Archipelago dan Sunda Atlantik. Bisa dibilang kalau Sunda Nusatara ini memang ada hubungan, namun bukan bagian dari Sunda Empire itu sendiri.

Rangga Sunda Empire [sumber gambar]
Uniknya beberapa anggota dari Sunda Nusantara ternyata juga kerabat dari pentolan Sunda Empire, Nasri Banks. Jadi bisa dibilang kalau kedua organisasi ini saling menghotmati satu sama lain. Jadi penasaran apakah Sunda Nusantara ini juga mengurusi tatanan dunia ya?

BACA JUGA: Mengenal Sunda Empire, Kelompok Viral yang Muncul Setelah Keraton Agung Sejagat

Emang kejadian unik di Indonesia ini selalu ada-ada saja. Sunda Empire sudah berlalu, muncul lagi kerajaan yang lainnya. Namun kembali lagi selama para anggotanya tidak bikin gaduh dan melanggar hukum, maka semuanya akan baik-baik saja.

Written by Arief Dian

Seng penting yakin.....

Pernah Hidup Mewah, Kisah Istri Pejabat yang Kini Jadi Driver Ojol dan Berjuang Lagi dari Bawah

4 Fakta Kasus Bule Lukis Masker Untuk Kelabui Petugas, Kini Nasibnya Harus Terusir dari Indonesia