Setelah peristiwa penusukan yang menimpa Menkopolhukam Wiranto beberapa waktu lalu, terungkap bahwa pelaku menggunakan sebuah pisau berukuran kecil (sekitar 10-15 cm) yang disebut kunai. Senjata tajam berbau Jepang tersebut, memang menjadi senjata andalan para ninja di negeri Sakura.

Selain pedang (katana) dan shuriken (senjata lempar berbentuk bintang), kunai menjadi salah satu pelengkap bagi seorang ninja dalam menjalankan misi tertentu. Di Indonesia sendiri, kunai kerap diidentikkan dengan film kartun jepang atau anime bertema ninja, yakni Naruto. Seperti apa bentuknya? Simak ulasan berikut.

Kunai digunakan sebagai alat untuk membantu ninja dalam jalankan misinya

Ilustrasi ninja [sumber gambar]
Terbuat dari besi atau baja, kunai didesain seperti pisau tajam mulai dari ujung dan dibuat merata pada tepian. Sementara pada sisi lainnya, digunakan sebagai pegangan dengan tambahan lingkaran bundar. Dalam prakteknya sebagai alat pembantu tugas ninja, kunai biasa digunakan untuk memecahkan pagar atau dinding kasti. Selain itu, benda tajam itu juga kerap digunakan sebagai pijakan untuk memanjat dengan cara ditancapkan pada permukaan dinding.

Kunai sebagai senjata untuk melindungi diri

Ilustrasi kunai sebagai senjata pertahanan diri [sumber gambar]
Dilansir dari Ninja Encyclopedia, kunai sebagai senjata juga bisa digunakan untuk pertempuran jarak dekat, di mana ninja bisa menggunakan benda tersebut untuk menikam musuhnya. Tak jarang, kunai juga bisa dilempar seperti layaknya shuriken dan bisa digunakan untuk melukai lawan. Banyak dari kalangan ninja yang menggunakan teknik ini menjulukinya sebagai kunai-shuriken.

Manfaat tersembunyi dari Kunai yang jarang diketahui

Ilustrasi manfaat tersembunyi kunai [sumber gambar]
Disamping membantu tugas seorang ninja dan sebagai senjata, kunai juga memiliki sederet fungsi penunjang lainnya. Di zaman keemasan ninja, kunai bisa difungsikan untuk menggali tanah dengan menggunakan ujungnya yang lancip. Selain itu, bahan besi yang ada juga bisa digunakan sebagai korek dengan cara membenturkannya dengan sesama kunai atau besi lainnya.

Keberadaan kunai yang populer berkat tayangan anime Jepang

Tokoh kartun fiksi seperti Naruto dan kawan-kawannya, merupakan salah satu pelopor penggunaan kunai secara luas dalam sebuah film. Dalam setiap adegannya, terlihat sosok yang mengisahkan kehidupan ninja itu kerap menggunakan kunai sebagai senjata sehari-hari. Dari sini tanpa disadari, ada sedikit pengetahuan dari film tersebut yang menginformasikan pada penontonnya soal kunai yang memang lekat dengan kehidupan seorang ninja.

Benda serupa yang digunakan untuk menikam Menkopolhukam Wiranto

Wiranto saat ditusuk oleh orang tak dikenal di Pandeglang, Banten [sumber gambar]
Pelaku penusukan pada Menkopolhukam Wiranto, ternyata menggunakan kunai dalam menjalankan aksinya. Tak heran jika hal tersebut berlangsung sangat cepat dan tidak disadari sebelumnya. Hal ini pun dibenarkan oleh pihak kepolisian dan dikonfirmasi oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo. “Ya (senjata yang digunakan pelaku kunai),” kata Dedi yang dikutip dari Kompas.

BACA JUGA: Jinichi Kawakami, Keturunan Ninja Terakhir yang Enggan Menurunkan Ilmunya Pada Siapa pun

Selain berbahaya, sosoknya yang mungil juga membuat kunai tidak mudah terlihat dan mudah untuk disembunyikan. Tak heran jika pelaku penusukan Menkopolhukam Wiranto, bisa melakukan aksinya dengan cepat dan tak terduga.