Perbincangan tentang Kalimantan pasti selalu dikaitkan dengan wilayahnya yang masih berupa hutan lebat dan sisi mistis yang ada di pulau ini. Beberapa waktu lalu saja, saat isu perpindahan Ibu Kota marak di kalangan netizen, yang menjadi fokus mereka bukan hanya lokasinya saja, tetapi juga jenis-jenis hantu yang ada di sana.

Nah, belum lama, para netizen Twitter lagi-lagi dihebohkan dengan sebuah video –yang diduga penampakan kuyang yang terbang dengan cepat. Meskipun banyak yang mengaku tak melihat kuyang yang dimaksud, #Kuyang tetap menjadi salah satu trending di antara para tweeps.

Ternyata bukan cuma di tanah air saja hantu kepala dengan organ tubuh ini hits, di luar negeri mereka juga dikenal dengan baik, hanya saja dengan nama yang berbeda. Kalau mau compare dengan Indonesia, sereman yang mana ya?

Kuyang yang populer di luar Pulau Kalimantan

Kalau ada yang mengklaim kuyang itu khas penunggu Kalimantan, seperti tidak juga ya, karena kuyang juga bisa dijumpai di beberapa kota lain di Indonesia. Seperti di daerah Sumatera, hantu ini disebut dengan Palasik. Palasik konon merupakan ilmu turun temurun dari pihak orang tua perempuan, di mana seseorang bisa berubah menjadi hantu dengan organ tubuh yang masih menempel.

Kuyang [sumber gambar]
Di daerah Sulawesi, mereka menyebutnya dengan nama Poppo dan Parakang. Hantu jenis ini biasanya memangsa bayi atau orang yang sedang sakit. Sedangkan di Bali, kamu tentu mengenal Leak, bukan? Ya, secara penampilan, Leak dan Kuyang sama persis. Mereka juga mengambil bayi sebagai hal yang bisa menyempurnakan ilmu mereka. Kalau mau versi lebih lengkap, silakan baca artikel Boombastis di sini.

Hantu Penanggal di Malaysia

Kita beralih ke negeri tetangga ya. Di Malaysia, Kuyang terkenal dengan nama Hantu Penanggal atau Balan-balan. Arti dari dua nama di atas adalah ‘lepaskan’ atau ‘hapus’. Hantu ini dilukiskan dalam wujud seorang perempuan yang kepalanya terpenggal. Sedangkan ia punya organ dalam tubuhnya yang menjuntai ke bawah.

Hantu Penanggal [sumber gambar]
Organ-organ tersebut berkelap-kelip seperti kunang-kunang ketika Penganggal terbang di malam hari. Orang-orang di Negeri Jiran percaya bahwa Penanggal merupakan wanita yang punya ilmu hitam. Ia adalah bidan, yang dulunya bersekutu dengan iblis untuk mendapatkan ilmu gaib. Namun, dengan syarat dirinya harus memakan daging selama 40 hari berturut. Karena melanggar, akhirnya dirinya dikutuk menjadi seperti itu.

Hantu Krasue di Thailand

Kalau kalian sering nonton film horror Thailand, maka pasti takut banget kan? Ternyata enggak hanya horror di dalam dunia perfilm-an saja, di dunia nyata, Thailand punya banyak hantu ikonik yang bisa bikin bulu kuduk merinding, salah satunya adalah Krasue. Krasue ini merupakan perempuan dengan bagian tubuh yang terburai. Krasue akan mencari dan memakan wanita hamil atau bayi yang baru lahir kemudian menyeka mulutnya dengan pakaian yang dijemur di luar, seperti dilansir dari kumparan.com.

Hantu kuyang di Thailand [sumber gambar]
Menurut kepercayaan, Krasue itu perwujudan seorang wanita cantik yang dibakar hingga mati. Krasue juga dikutuk agar selalu lapar akan darah dan daging manusia. Penduduk setempat percaya kalau Krasue akan hidup sebagai manusia normal pada siang hari, dan hanya berubah pada malam hari saja.

Hantu Ap di Kamboja

Ya, namanya juga masih berada dalam satu kawasan di Asia Tenggara, jadi enggak heran sih kalau setan saja kita berbagi bersama. Kalau Indonesia ada Kuyang, Kamboja enggak mau kalah dengan mendatangkan Ap. Dilansir dari misteraladin.com, menurut cerita, Ap punya wajah cantik. Ia adalah perempuan yang mempraktikkan sihir hitam dan dihukum jadi setan.

Hantu Ap [sumber gambar]
Kita bisa ngusir Ap dengan menggantung anggur berduri di luar rumah karena Ap dipercaya bakal tersangkut di duri dan nggak sempet masuk ke rumah. Yang mengerikan adalah, Ap ini bisa mengajak manusia normal menjadi seperti dirinya. Mereka biasanya akan mencari mangsa dengan menawari minuman dan ciuman. Jadi, harap hati-hati perempuan cantik yang menawarimu dua hal di atas.

BACA JUGA: Bikin Heboh Warga, Hantu Kuyang Ternyata Tak Hanya Ada di Kalimantan Saja Loh

Namanya saja sama-sama masih ada di wilayah Asia Tenggara, wajar saja kalau setan pun kita berbagi. Meski begitu, ada pula yang enggak percaya bahwa Kuyang ini benar-benar ada.