2019 adalah tahun yang paling dinanti banyak orang, terutama mereka yang berkepentingan untuk negeri ini. Setelah pemilu usai dan menyisakan drama, kali ini rakyat disajikan dengan wajah-wajah mereka yang menang. Khususnya para wakil kita, anggota DPR. 1 Oktober kemarin adalah tanggal bersejarah untuk mereka karena akhirnya status pemenangnya disahkan.

Sebanyak 575 orang terpilih disumpah dan berhak jadi perpanjangan tangan rakyat. Tapi, karena nama lembaga ini sering dikaitkan dengan stigma, maka tentu saja ada suara-suara tidak menyenangkan. Entah itu soal anggota barunya macam Mulan Jameela, sampai sang ibu ketua baru DPR Puan Maharani yang masih jadi obrolan sampai tulisan ini dibikin.

Dan tentu nggak cuma itu, ada beberapa fakta lain soal DPR baru ini yang akan membuat kepalamu geleng-geleng dan mulutmu menganga. Simak ulasan menariknya berikut.

Hampir separuh anggota DPR terpilih adalah sultan

Kursi panas DPR nampaknya nggak hanya jadi tujuan orang-orang yang ingin memperbaiki nasib saja, nasib negara maksudnya. Tapi juga jadi incaran sosok yang sebenarnya sudah tajir mampus duluan. Faktanya, berdasarkan penelusuran, ternyata hampir separuh anggota DPR terpilih angkatan 2019 adalah pengusaha tajir. Atau sekitar 262 orang dari 575 alias 45,5 persen.

Banyak sultan di DPR [Sumber Gambar]
Beberapa nama anggota DPR baru macam Andre Rosidae dari Gerindra, Aria Bima dari PDIP, sampai Bambang Soesatyo dari Golkar, tercacat berafiliasi dengan banyak perusahaan. Entah milik sendiri atau menjabat posisi penting. Sebenarnya jumlah 45,5 persen ini turun dari periode sebelumnya, yang menurut Indonesia Corruption Watch jumlahnya sampai 53 persen. Pertanyaan penting dari fakta ini adalah? Kira-kira apa tujuan mereka yang sudah kaya ini? Mudah-mudahan untuk kepentingan rakyat ya bukan malah untuk memperlancar bisnisnya sendiri.

Begitu banyak artis yang membanjiri Senayan

Artis juga merupakan fenomena yang paling disoroti kalau ada momen pergantian anggota DPR seperti sekarang. Alasannya tentu saja soal kapabilitas mereka yang seringkali diragukan. Biasanya nyanyi apa bisa bikin undang-undang? Bisa nge-mc di tivi apa sanggup jadi perpanjangan suara rakyat? Dan sebagainya.

Mulan Jameela tembus DPR [Sumber Gambar]
Di angkatan 2019 ini sendiri setidaknya ada 14 nama seleb yang berhasil dapat kursi. Ada nama-nama yang sebelumnya pernah jadi anggota DPR, semacam Desy Ratnasari, Primus, Eko Patrio, sampai Rieke Diah Pitaloka. Kemudian ada juga wajah baru mulai dari Tommy Kurniawan, Krisdayanti, hingga Farhan. Nah, ada juga nama baru yang sempat bikin geger lantaran disebut netizen sebagai ‘Perekor’ alias perebut kursi orang. Yup, siapa lagi kalau bukan Mulan Jameela. DPR mesti bangga karena punya anggota berlabel makhluk Tuhan paling seksi.

Ketua DPR baru dan kata netizen

Ketua DPR yang baru dilantik juga jadi obrolan yang bergaung di masyarakat, terutama netizen. Eh, tahu kan siapa beliau? Benar, ia adalah Puan Maharani, putri dari Megawati Soekarno Putri, alias cucu Pak Karno, alias mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Panjang sekali aliasnya? Iya, biar kamu tahu kalau sosok satu ini juga mantul alias mantap betul.

Puan Maharani jadi ketua DPR RI [Sumber Gambar]
Walaupun punya track record yang nggak kalah hebat dari tokoh-tokoh lain, termasuk silsilah keluarganya, netizen rupanya meragukan sosok Ibu Puan ini. Alasan utamanya tak lain adalah anggapan tentang beliau yang minim prestasi. FYI, sebenarnya tokoh PDI satu ini banyak capaiannya lho. Bukan cuma gantikan Jokowi ngasih trofi saat Arema menang Piala Presiden kemarin. Sudah ada ulasan khusus dari boombastis mengenai hal tersebut di sini.

Pengeluaran gila-gilaan partai dan calon terpilih

Nggak hanya tentang siapa-siapa yang naik jadi DPR, informasi soal berapa biaya yang keluar untuk hal ini juga jadi informasi yang patut diketahui. Kalau menurutmu, kira-kira berapa banyak uang yang harus dikeluarkan partai dan calon terpilih sampai akhirnya bisa duduk nyender di kursi DPR? Jawabannya bukan belasan milyar lagi tapi sudah ratusan.

Biaya besar jadi anggota DPR [Sumber Gambar]
Dikutip dari Tempo, rata-rata partai dan calon legislatif terpilih mengeluarkan lebih dari 50 milyar. Tercatat yang paling ngirit adalah PPP yang keluar sekitar 76 milyar. Sedangkan yang paling banyak keluar duit adalah PDIP dengan 345 milyar. Dari sini jadi masuk akal ya kenapa hampir separuh anggota DPR isinya pengusaha semua.

BACA JUGA: Dilantik Jadi Ketua DPR, Inilah Prestasi Puan Maharani yang Terpilih Jadi Wakil Rakyat

Apa pun yang terjadi soal fenomena DPR ini, keinginan kita semua tentu sama. Menjadikan DPR ini harapan dan tumpuan bagi kemaslahatan rakyat. Selamat bagi para anggota DPR baru, di tangan Anda sekalian segala harapan rakyat diperjuangkan. Semoga suara kami adalah suara kalian, dan nestapa kami nestapa kalian juga. Jangan lupa PR RUU nya dikerjakan setelah ini ya, jangan pas mau bubar baru dikebut hehe.