in

Sedang Menjadi Tren Make-Up Kekinian, Begini Fakta Terkait Freckles atau Kulit Berbintik Coklat

Freckles sendiri sebenarnya bukan tren make-up, tetapi bintik-bintik hitam yang ada pada wajah, biasanya di bagian hidung dan pipi. Belakangan ini, make-up freckles sedang digandrungi oleh para selebritis Indonesia. Sebut saja Tasya Kamila yang dengan percaya diri berdandan freckles saat foto prewed-nya. Selain Tasya, artis cantik Velove Vexia, Chelsea Islan, serta Ayu Dewi juga tak mau ketinggalan.

Dengan dandanan ini, freckles menunjukkan bahwa cantik tidak melulu memiliki wajah mulus dan bebas noda. Role model yang membuat ia menjadi tren make-up adalah Meghan Markle, di mana saat menikah dengan Pangeran Harry ia tampak tak menutupi bintik alami di wajahnya. Nah, karena sedang booming dan digemari, Boombastis akan membahas fakta seputar freckles yang mungkin belum Sahabat Boom ketahui.

Freckles didapat karena faktor genetik

Freckles make up Meghan Markle [Sumber gambar]
Meskipun tidak ada anak yang lahir dengan bintik hitam di wajah mereka, freckles bisa timbul karena faktor gentik yang mengatur warna rambut dan kulit yang disebut gen MC1R. Bagi mereka yang orangtuanya memiliki freckles, maka bisa dipastikan sang anak juga akan punya kulit yang sama. Freckles bisa dilihat jelas pada orang yang memiliki kulit putih dan pucat, rambut pirang serta mata terang (hijau, biru, abu-abu). Pemilik kulit eksotis seperti Indonesia akan sangat jarang sekali memiliki freckles.

Bintik hitam tersebut bisa terus bertambah

Anak dengan wajah freckles [Sumber gambar]

Jika punya riwayat genetik, freckles akan terlihat saat anak memasuki usia 2 tahunan. Bintik ini bisa bertambah karena faktor eksternal, jika terus terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang dan intensitas yang sering, apalagi tanpa menggunakan pelindung sinar UV. selain itu, penggunaan obat hormonal juga bisa memicu freckles.

Keberadaan freckles tidak membahayakan

Freckles bisa ditutupi dengan make-up [Sumber gambar]
Ada sebagian orang yang salah mengartikan freckles sebagai penyakit berbahaya atau gejala dari kanker. Sebenarnya freckles bukanlah hal yang berbahaya yang harus ditakuti. Berbeda lagi jika ia sudah muncul dalam jumlah yang sangat banyak, mungkin kamu bisa berkonsultasi langsung dengan pakar dokter kulit. Karena ada orang yang rentan terhadap sinar UV sehingga bisa saja berakibat melanoma. Yang unik dari freckles adalah, ia menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Bila tinggal di negara empat musim, ketika musim panas, freckles akan sangat terlihat, sebaliknya saat musim dingin ia akan tersamarkan.

Apakah freckles bisa dihilangkan?

Perempuan dengan wajah freckles [Sumber gambar]
Selain tak berbahaya, frickles bisa dihilangkan, entah itu melalui perawatan intensive atau metode penyamaran make-up. Bagi si pemilik freckles genetik, selain rutin menggunakan tabir surya, sebisa mungkin hindari matahari jam 10 siang hingga 4 sore. Metode perawatan seperti bleaching, cryosurgery, laser maupun melakukan chemical peeling juga sangat membantu, hanya saja harus konsultasi dengan ahlinya.

Jadi, di samping tren, bintik hitam alami ini tidak berbahaya dan bisa dihilangkan dengan berbagai metode. Namun, jika ditemukan dalam jumlah banyak di bagian tubuh tertentu, jangan takut untuk berkonsultasi dengan dokter, Karena bisa jadi hal tersebut memicu melanoma, apalagi untuk ukuran orang Indonesia yang memiliki kulit sawo matang.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Dari Pujian Hingga Cacian, 4 Ragam Penyambutan Tim ‘Gagal’ Piala Dunia 2018

WhatsApp Rawan Terkena Penyadapan, Beginilah Cara untuk Menghindarinya