in

Banyak Dikatakan, Ternyata Inilah Fakta dari Teori ‘Belum 5 Detik’ Saat Makanan Jatuh

Bagi kalian yang lahir tahun 90an pasti tidak asing dengan teori “belum 5 detik”. Ya, hal ini bermula dari sebuah iklan pembersih lantai dan akhirnya kata-kata tersebut menancap di ingatan kita semua. Sampai kini, teori tersebut masih digunakan oleh semua orang untuk mengambil makanan yang sudah terjatuh di lantai ataupun meja.

Mungkin kalau kita pikir-pikir, teori tersebut benar juga. Alasannya karena makanan tersebut enggak akan langsung kotor sedemikian rupa kalau waktunya sebentar saja. Kebanyakan dari kita, mengambil makanan tersebut tidak sampai menghabiskan waktu sedetik. Sehingga banyak dari kita yang menganggap kalau teori yang berasal dari iklan itu benar adanya.

Makanan jatuh di lantai [Sumber Gambar]
Akan tetapi, teori yang sudah terlanjur mendarahdaging ini ternyata sangat salah besar. Dilansir dari tahupedia.com, bahwa berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kalau 5 detik adalah waktu yang lama untuk berpindahnya bakteri dari lantai ke makanan. Jadi, bakteri akan berpindah ketika makanan kalian jatuh saat itu juga. Setelah 5 detik, maka makanan kalian sudah menjadi sarang dari bakteri sebanyak 800 sampai 1500. Nah, sekarang bisa dibayangkan kalau kalian baru mengambilnya setelah 5 detik? Yang ada kalian bukan mengonsumsi makanan, tapi bakteri.

Memang sih, lantai yang dijatuhi oleh makanan kalian terlihat bersih. Namun, kita tidak akan pernah tahu bagaimana keadaan sebenarnya. Karena lantai pasti telah diinjak oleh kaki, sandal maupun sepatu yang tidak terjamin kebersihannya. Menurut penelitian, alas kaki seperti sandal atau sepatu 90% banyak mengandung bakteri Escherichia Coli. Bakteri tersebut bisa mengakibatkan demam dan diare jika sudah masuk ke dalam tubuh kita.

Bakteri diakibatkan dari injakan sandal [Sumber Gambar]
Kalau sudah seperti itu, apa kalian masih mau coba-coba untuk membiarkan makanan jatuh selama 5 detik? Sepertinya kalian harus membuah jauh teori ini dari kehidupan kalian. Lantaran sudah dijelaskan tadi kalau makanan yang jatuh dalam waktu sedetik saja, bakteri sudah berani mengerumuninya. Malahan akan ada beribu-ribu bakteri jika dibiarkan sampai 5 detik. Sehingga mulai sekarang jangan pernah deh untuk mengambil makanan yang sudah terjatuh di lantai. Hal yang harus kalian lakukan adalah mengambilnya dan kemudian dibuang ke tempat sampah.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Ngetem Lama Sampai Kelebihan Penumpang, Ini Kebiasaan Angkot yang Hanya di Indonesia

Mewahnya Bikin Ternganga, Beginilah Jadinya Kalau Pangeran Arab Menikah