in

Jangan Biarkan Helm Kotor Terlalu Lama! Dampak Buruk Ini akan Datang Menghantui

Helm adalah benda paling penting yang selalu kita bawa saat berkendara motor. Tapi di samping itu kita juga sering lupa dengan kebersihannya. Bahkan saking lamanya tak dicuci, bagian dalam helm menimbulkan bau tak sedap yang bikin kita puyeng saat menggunakannya.

Memang sih kita memakainya hanya sebentar. Namun perlu diingat kalau menggunakan helm yang tidak bersih bisa berdampak buruk lho bagi pemakainya. Enggak percaya? Coba simak ulasan dari Boombastis.com berikut ini.

Semakin banyak jerawat menempel di wajah

Hayo, siapa yang wajahnya suka jerawatan? Hmm.. mungkin itu bukan dari faktor makanan lho gengs. Bisa jadi jerawat muncul lantaran helm yang sering dipakai tidak terjaga kebersihannya. Hal ini dikatakan oleh Dokter Spesialis Kulit bernama Irene.

Menimbulkan jerawat [Sumber Gambar]
Kepada viva.com, ia menuturkan jika helm yang jarang dibersihkan, kotorannya tidak menempel di kepala saja, tapi juga pada bagian wajah. Apalagi kalau helm kotor digunakan setiap hari, kulit wajah kemungkinan besar akan terkena jerawat.

Rambut indahmu akan mudah rontok

Dampak lain yang akan terjadi kalau memakai helm kotor adalah rambut mudah rontok. Menurut pengelola Jambi Helmet Gallery, Suherman, kerontokan ini bermula dari kondisi kepala kita sendiri. Kondisi rambut yang sering berkeringat dan terkena debu akan membuat helm jadi kotor. Dan akhirnya semua kotoran itu bergabung jadi satu lalu menyerang kesehatan rambut.

Terjadi kerontokan rambut [Sumber Gambar]

Jadi, bayangkan saja jika kulit kepala kita setiap hari harus bergesekan dengan kondisi helm yang lembab bin kotor. Pastilah rambut menjadi tidak sehat dan akhirnya rontok dengan sendirinya.

Menyebabkan kulit kepala terserang infeksi

Kulit kepala kalian pernah gatal atau berdarah? Mungkin saja biang keladinya adalah helm yang tak pernah dibersihkan. Kotoran-kotoran yang menumpuk jadi satu lama kelamaan akan merusak kondisi kulit kepala kalian.

Menimbulkan infeksi [Sumber Gambar]
Awalnya sih memang hanya ketombe, tapi jika kulit kepala kalian sangat sensitif, bisa saja memunculkan bakteri Staphylococcus Epidermidis. Dari bakteri inilah yang dapat menyebabkan infeksi membandel seperti ketombe menempel di kulit kepala. Bahkan tak jarang, ketika ketombe ini dicabut akan menimbulkan luka pada kulit kepala.

BACA JUGA : Keringkan Helm yang Basah Terkena Hujan Bukan Dengan Dijemur, Cara Ini yang Paling Benar

Itulah efek dari helm yang tidak pernah dibersihkan. Cukup menyeramkan ya? Tapi kalian jangan khawatir karena dampak tersebut tidak akan terjadi jika rajin membersihkan helm. Cukup bersihkan helm sebulan sekali saja agar tidak merusak bagian busa.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Menembus Batas, Ini Deretan Rumah Sakit Apung yang Berikan Bantuan Pulau-pulau Terpencil

Selalu Tampil Kinclong, Ternyata Segini Harga Produk Make Up Nagita Slavina Sehari-hari