in

Edward Mordrake, Kisah Manusia dengan Dua Wajah dalam Satu Kepala

cover
cover

Mungkin saat mendengar kalimat ‘manusia berwajah dua’, yang kamu fikirkan itu hanyalah sebuah peribahasa. Peribahasa itu sendiri memiliki makna yakni, seseorang yang memiliki dua kepribadian yang sangat berbeda.

Tapi tahukah kamu, konon pada abad ke-19 peribahasa tersebut pernah terjadi pada seorang pria. Tapi pria tersebut bukanlah seorang manusia yang memiliki dua kepribadian yang berbeda, tapi dia benar-benar memiliki dua wajah di kepalanya. Berikut kisahnya :

1.  Edward Mordrake, Manusia yang Mempunyai Dua wajah

Pria tersebut bernama Edward Mordrake, seorang pewaris bangsawan dari Inggris pada abad ke-19. Entah sejak lahir atau setelah ia dewasa, Edward mengalami keanehan atau cacat medis, yakni memiliki dua wajah yang berbeda dalam satu kepala.

Edward Mordrake, Manusia dengan Dua Wajahh
Edward Mordrake, Manusia dengan Dua Wajah [imagesource]
Wajah kedua Edward berada di balik wajah pertamanya. Posisinya menghadap ke belakang, jadi antara wajah pertama dan wajah kedua saling bertolak belakang. Sangat aneh dan sedikit menakutkan saat melihatnya, pasalnya kedua wajahnya mempunyai paras yang jauh berbeda.

2. Paras Keduanya Sangat Berbeda

Pada wajah pertamanya, Edward Mordrake digambarkan sebagai sosok pria yang sangat tampan dan juga menawan. Selalu ada senyum yang ramah tergores di wajah pertamanya itu. Tapi hal yang justru sebaliknya terjadi pada wajah keduanya.

Wajah yang Asli Menghadap ke Kiri
Wajah yang Asli Menghadap ke Kiri [imagesource]
Wajah keduanya itu menampilkan sosok yang cenderung pendiam dan selalu memberikan senyuman jahat serta ganas kepada siapapun yang melihatnya. Tetapi wajah keduanya ini tidak dapat mengeluarkan suara dan juga tidak butuh makan.

3. Sempat Stress Kemudian Bunuh Diri

Meski wajah kedua tidak pernah berbicara, namun konon katanya Edward wajah kedua itu sering membisikkan bahasa setan kepada Edward. Sempat meminta dokter untuk melakukan operasi pengangkatan wajah keduanya, namun sayang dokter tidak ada yang berani melakukannya.

Wajah Kedua Tampak Jahat dan Ganas
Wajah Kedua Tampak Jahat dan Ganas [imagesource]
Edward pun akhirnya stres, belum lagi bisikan yang ia terima hampir setiap malam. Ia pun akhirnya mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Ada dua versi cerita mengenai bunuh dirinya ini. Versi pertama mengatakan Edward meminum racun sedangkan versi kedua mengatakan ia menembakkan pistol ke mata wajah keduanya.

4. Belum Ada yang Pernah Berhasil Membuktikan Kisahnya

Berhubung saat jaman dahulu belum ada teknologi yang bisa mengabadikan penggambaran diri Edward dalam sebuah foto, cerita ini masih diragukan akan kebenarannya. Kisahnya tersebar hanya lewat cerita yang disampaikan secara lisan saja.

The Boy of Bengal, Bayi dengan kepala dua
The Boy of Bengal, Bayi dengan kepala dua [imagesource]
Tapi kemudian hari, muncul dua buah kasus yang bisa membuat kisah ini benar adanya. Kasus tersebut adalah ‘The Boy of Bengal’ seorang bayi di daerah Bengala yang terlahir dengan dua buah kepala dan ‘Chang Tzu Ping’ yakni seorang bayi yang juga terlahir dengan dua wajah namun bentuk mulut dan lidahnya tidak sempurna.

Dua kasus tersebut bisa menunjukkan bahwa kisah Edward Mordrake kemungkinan benar terjadi. Hanya kisah yang kita tahu saat ini mungkin adalah hasil  para pendongeng yang menceritakannya dengan menambah-nambahkan atau mengurang-ngurangi. Kalau readers sendiri, percaya gak nih dengan kisah Edward Mordrake? 🙂

Written by Rahma Muliani

Leave a Reply

5 Hal Biasa ini Ternyata Haram Hukumnya di Rusia

4 Alasan Persib Bandung Patut Kantongi Piala Presiden 2015