in

5 Desa Unik yang Hanya Bisa Kamu Temui di Indonesia

Desa unik

Sebagai tempat wisata, Indonesia ini bisa dibilang sebagai negara yang lengkap banget. Di sini kita bisa mendapatkan segala macam hal. Tak terbatas alam saja, tapi juga tempat-tempat unik. Termasuk salah satunya adalah desa-desa luar biasa yang akan jadi bahasan kita setelah ini.

Ya, berbicara soal desa unik, Indonesia memang memiliki banyak tempat seperti ini. Masing-masing desa ini biasanya memiliki ciri khas, entah nama, bangunan, sampai hal-hal nyeleneh yang lain. Uniknya lagi, beberapa desa ini juga jadi satu-satunya di dunia.

Lalu, desa-desa unik seperti apa saja sih yang ada di Indonesia? Simak ulasannya berikut.

1. Desa Kasuran dengan Kebiasaan Tidur Aneh Penduduknya

Kalau Anda kebetulan lewat di sekitar Sleman, Yogyakarta, tak ada salahnya untuk mampir ke dusun ini. Dusun Kasuran berada di Desa Margodadi, Kecamatan Sayegan, Sleman, Yogyakarta. Sepintas mungkin tak ada yang aneh dari desa ini, namun kalau Anda masuk ke rumah penduduk setempat, Anda akan langsung menemukan keunikan tersebut.

Desa Kasuran [Image Source]
Desa Kasuran [Image Source]
Anda tidak akan menemukan kasur di desa ini, karena penduduk setempat tidak pernah tidur menggunakannya. Tradisi unik itu sudah dijalani turun-temurun di sana, sehingga penduduk lebih suka tidur beralaskan tikar atau dipan saja. Waduh, kalau menginap di desa ini, Anda harus siap-siap bawa alas tidur sendiri.

2. Desa Kepiting dengan Penduduknya yang Unik

Banyak orang yang tertipu dengan desa ini. Lantaran namanya kepiting, maka orang-orang pun langsung mengasumsikannya dengan sentra kepiting atau semacamnya. Padahal desa kepiting bukanlah seperti itu. Ya, nama kepiting yang disematkan di desa ini tak lain lantaran kelainan unik yang dimiliki oleh banyak penduduknya. Ya, beberapa dari mereka memiliki tangan yang berbentuk seperti capit kepiting.

Desa Kepiting [Image Source]
Desa Kepiting [Image Source]

Diketahui, kondisi ini disebabkan lantaran asupan gizi yang kurang baik sejak masih berada di dalam kandungan. Sehingga anak-anak yang lahir di desa tersebut banyak yang mengalami kelainan unik itu. Maklum saja, penduduk Desa Kepiting sebagian besar memang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan yang mungkin pendapatannya tidak seberapa. Penduduk desa lain juga sering menyebut dusun itu sebagai Kampung Manusia Kepiting.

3. Desa Teletubbies yang Bangunan Rumahnya Unik

Desa Teletubbies menjadi salah satu ikon wisata yang banyak dikunjungi di Yogyakarta. Objek wisata ini bisa Anda temukan di Dusun Ngelepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Ini merupakan sebuah dusun yang berada di antara jalur Prambanan–Piyungan.

Desa Teletubbies [Image Source]
Desa Teletubbies [Image Source]
Desa unik ini memiliki tampilan yang sangat tidak biasa, karena rumah-rumah penduduknya dibuat menyerupai rumah Teletubbies. Banyak pula yang menjulukinya sebagai Kompleks Rumah Dome. Rumah berbentuk dome itu sengaja dibangun untuk warga Desa Ngelepen pasca gempa besar yang melanda Yogyakarta pada tahun 2006 silam.

4. Desa Keterbelakangan Mental di Ponorogo

Dari nama di atas mungkin sudah ketahuan ya sesuatu berbeda yang bisa dijumpai di desa ini. Ya, hal tersebut tak lain adalah fenomena tidak biasa tentang penduduknya yang mengalami keterbelakangan mental. Desa ini sebenarnya ada tiga, masing-masing bernama Patihan, Pandak, dan Sidoharjo. Kesemuanya ada di Ponorogo.

Desa di Ponorogo [Image Source]
Desa di Ponorogo [Image Source]
Kondisi itu diperkirakan sudah terjadi sejak tahun 1970-an. Penyebabnya sendiri sejauh ini diketahui adalah karena kondisi desa tersebut yang gersang dan kering. Sehingga hal ini pun memengaruhi kehidupan orang-orang sana. Ya, gara-gara tanah kering dan tandus, penduduk tidak bisa bercocok tanam sehingga asupan gizi mereka pun tidak terjaga.

5. Desa yang Selalu Hujan

Desa Kwatisore sering dijuluki sebagai Kampung Hujan. Ini karena setiap sore, desa tersebut sering diguyur hujan, meskipun saat itu sedang musim kemarau. Keunikan tersebut membuat desa ini banyak didatangi wisatawan, terutama bagi yang penasaran dan ingin membuktikan sendiri kabar tersebut.

Desa hujan [Image Source]
Desa hujan [Image Source]
Anda bisa menemukan desa ini di area Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Menariknya, penduduk setempat ternyata juga memiliki hobi yang cukup unik, yakni menjadikan rusa dan buaya sebagai hewan peliharaan. Rumah-rumah warga juga terlihat indah dengan hiasan tanaman anggrek khas Papua yang diambil langsung dari dalam hutan.

Inilah desa-desa unik yang mungkin hanya bisa ditemui di Indonesia. Beberapa mungkin agak memiriskan hati, namun yang lainnya bisa dibilang sebagai tujuan wisata yang direkomendasikan. Seperti inilah Indonesia, surga dari sejuta tempat unik di dunia.

Written by dwiandika

Leave a Reply

4 Daerah di Indonesia yang Terkenal dengan Kesaktian Para Dukunnya

Sidney Reilly, Si ‘James Bond’ Asli yang Ternyata Doyan Berbuat Kriminal