in

Sidney Reilly, Si ‘James Bond’ Asli yang Ternyata Doyan Berbuat Kriminal

James Bond

James Bond adalah salah satu karakter fiksi yang sangat terkenal di dunia ini. Ian Fleming yang mengarang novelnya mampu membuat James Bond ini menjadi hidup dan akhirnya dibuatkan film hingga puluhan kali. Setidaknya sajak tahun 1962, sudah ada sekitar 24 film dengan pemain yang berubah-ubah. Dari Sean Connery, Tomothy Dalton, hingga Daniel Craig.

Inspirasi tokoh James Bond yang ditulis oleh Ian Fleming ternyata berasal dari salah satu agen hebat bernama Sidney Reilly. Setelah membaca biografi dari agen inilah, Ian Fleming mulai membuat petualangan hebat dari James Bond yang membuat banyak orang jadi ketagihan dan menjadi penggemar garis keras.

Oh ya, tokoh Sidney Reilly yang digunakan sebagai tokoh James Bonds ini ternyata tidak sepenuhnya orang baik. Dia juga dikenal sebagai seorang pelaku kriminal yang mengerikan. Berikut kisah tentang si James Bond asli.

1. Merencanakan Kudeta Terhadap Uni Soviet

Sebagai seorang agen papan atas, pekerjaan dari seorang Sidney bukanlah menangkap penjahat atau sejenisnya. Dia dengan anggota agen MI6 melakukan penyusupan di kawasan Latvia. Di sana, dia memengaruhi petinggi yang akan melakukan revolusi untuk melakukan kudeta. Dia mengatakan kalau dalam usaha ini pemimpin Uni Soviet tidak akan dibunuh namun diarak di tengah kota.

Kudeta Uni Soviet [image source]
Kudeta Uni Soviet [image source]
Apa yang dilakukan oleh Sidney ini ternyata diendus oleh pimpinan dari Uni Soviet. Dengan kekuatan penuh, dia menangkap anggota agen MI6 yang salah satunya adalah Sidney. Dalam penangkapan dengan tuduhan agenda kudeta berdarah ini, Sidney berhasil meloloskan diri sementara beberapa temannya ditangkap.

2. Melakukan Perampokan dan Terbang ke Inggris

Tidak ada yang tahu seperti apa awal kehidupan dari seorang Sidney Reilly. Semua cerita yang dikatakan kemungkinan besar bohong. Namun, beberapa sejarawan meyakini kalau dia adalah pemuda yang tumbuh dan besar di kawasan Ukraina yang selalu diperlakukan buruk oleh Uni Soviet dari dahulu hingga sekarang setelah menjadi negara yang berdaulat.

Sindey Reilly [image source]
Sindey Reilly [image source]
Sebelum menjalani karier agen rahasia di Inggris, Sidney Reilly pernah melakukan aksi perampokan di Paris. Menyergap dan menusuk seorang anggota demontran yang memiliki cukup banyak uang. Dengan uang itu, dia melakukan perjalanan ke Inggris untuk memulai karier yang membuatnya dijuluki Ace of Spies.

3. Membunuh Orang Kaya dan Menikahi Istrinya

Yang paling terkenal dari seorang James Bond adalah kemampuannya dalam menarik lawan jenis. Dengan kemampuannya ini, dia mampu membuat Margaret Thomas yang beristri orang kaya, Hugh Thomas jadi istrinya. Yang dia lakukan adalah dengan meracuni pria ini di sebuah hotel dan membuat kematiannya ini seperti hal wajar yang disebabkan oleh penyakit.

Margaret Thomas [image source]
Margaret Thomas [image source]
Saat kematian dari seorang Hugh Thomas terjadi, dokter T.W. Andrew berada di tempat. Dokter yang mendapatkan sertifikasi dari pemerintah ini seperti terkesan membantu Sidney Rilley sehingga pembunuhannya tidak diketahui. Dia mengatakan kalau orang kaya itu meninggal karena penyakit biasa. Setelah jasad dikubur dan autopsi tidak dilakukan, Sidney Roley dan janda dari Hugh Thomas menikah dan mendapat banyak harta.

4. Menjadi Agen Ganda dan Berkhianat

Sidney Rilley adalah seorang agen ganda, atau tepatnya agen triple yang bekerja untuk tiga negara sekaligus. Demi mendapatkan keuntungan dari negara, dia melakukan apa saja termasuk memberikan info-info penting agar pemasukan terus didapatkannya. Dia pernah menjadi agen dari Inggris, Jepang, dan Rusia dalam sekali waktu.

Jasad dari Sidney [image source]
Jasad dari Sidney [image source]
Pada tahun 1925 dia masuk ke Rusia untuk melakukan pekerjaan kotor. Mirisnya, dia malah dijebak oleh pemerintah Rusia yang berpura-pura jadi pemberontak. Dia dijebloskan di penjara untuk diadili. Saat dirinya terbukti salah, si James Bond ini masih memberikan penawaran akan memberi tahu rencana dari Inggris. Sayangnya dia dieksekusi mati karena Rusia atau Uni Soviet tidak percaya dengan apa yang dia katakan.

Inilah kisah tentang Sidney Reilly yang merupakan inspirasi pembuatan James Bond. Ternyata agen yang katanya hebat ini juga penuh skandal ya. Benar-benar tidak terduga.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Desa Unik yang Hanya Bisa Kamu Temui di Indonesia

Hoia Baciu, Hutan Paling Seram di Dunia yang Sering Dianggap Segitiga Bermuda Versi Darat