in

Mengenal Dave Jephcott, Si Londo Kampung Asal Australia yang Medok Banget Bahasa Jawanya

Tak banyak orang asing di Indonesia yang bisa menguasai bahasa lokal yang menjadi komunikasi sehari-hari. Dalam hal ini adalah bahasa Jawa yang biasa digunakan oleh masyarakat Jawa Timur. Namun berbeda dengan pria yang satu ini. Terlahir sebagai orang Australia, David Andrew Jephcott sangat fasih berbahasa Jawa dengan akses Suroboyoan.

Menariknya, kemampuan tersebut tak didapatkannya begitu saja secara instan. Selain telah tinggal lama di Indonesia, Dave dan keluarganya telah lama berbaur dengan para tetangga sekitarnya yang mayoritas menggunakan bahasa Jawa sebagai komunikasi sehari-hari. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan berikut.

Tinggal lama di Surabaya Indonesia sejak kecil

Dilahirkan dari pasangan Heather Jephcott dan Hume Jephcott, David Andrew Jephcott sedari kecil telah akrab dengan lingkungan Indonesia. Dilansir dari laman jpnn.com, ia berada di negara tetangga Australia itu sejak berumur 2 tahun. Di sana ia tumbuh dan besar di Kota Surabaya, Jawa Timur. Alhasil, lingkungan yang ia tinggali pada saat itu membuat dirinya merasa terbaur menjadi satu dengan masyarakat sekitar. Bisa dibilang, disinilah awal mula Dave menguasai Bahasa Jawa.

Fasih berbahasa jawa karena berbaur dengan masyarakat sekitar

Lingkungan dan pergaulan sehari-hari masyarakat Surabaya yang kental dengan Bahasa Jawa, membuat Dave ikut merasakan “atmosfer” tersebut. Laman jpnn.com menuliskan, ia mulai memahami Bahasa Jawa karena seluruh kawan sepermainannya menggunakannya sebagai komunikasi sehari-hari. Dalam pergaulan di tengah keluarganya sendiri, kedua orang tuanya jarang menggunakan Bahasa Indonesia. Pun saat Dave mengikuti homeschooling, komunikasi yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Mencoba dunia YouTube dengan konten-konten berbahasa Jawa

Awal dirinya bersentuhan dengan dunia YouTube bermula dari ide sang teman yang bernama Ilung. Laman jpnn.com menuliskan, Dave yang pada saat itu tengah berada di Cafe, mendapat usulan dari Ilung untuk menyanyikan lagu dalam Bahasa Jawa. Dari situlah, ia mencoba unggahan pertamanya di Youtube pada 2016 silam. Setelah membuat sebuah video, Dave tertarik untuk menekuni aktivitas tersebut sembari mengeksplorasi kemampuannya mengolah konten. Saat itu, ia berpikir bahwa channel yang menayangkan video berbahasa Jawa masih belum banyak beredar.

Sukses dikenal sebagai Youtuber dengan nama Londokampung

Dikenal sebagai Youtuber sukses di Indonesia [sumber gambar]
Berbekal wajah khas bule dan logat Jawa khas Suroboyoan, Dave sukses menjadi seorang Youtuber dengan konten-konten yang unik dan menghibur. Dalam tayangan video pada akun YouTube miliknya yang bernama LondoKampung, terlihat berbagai video yang berhasil dibuat oleh Dave dan timnya, seperti traveling ke kota-kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah, kuliner, bahkan prank. Nama Londokampung yang ia gunakan, berasal dari julukan “Londo” pada dirinya yang merupakan orang asing (bule) dan tinggal di perkampungan di Surabaya. Pada saat penulis mengakses akun YouTube miliknya, (27/02/19), Dave lewat Londokampung berhasil meraih 1,611,928 subscribers dan mengumpulkan 132,150,800 views.

BACA JUGA: Mengenal Daan Goppel, Bule yang Cinta Mati dengan Indonesia Sampai-Sampai Jadi Tukang Becak

Bangga rasanya melihat orang asing seperti Dave di atas, yang mau mengangkat kearifan lokal seperti bahasa Jawa agar dikenal masyarakat. Hal ini sekaligus menjadi sebuah pelajaran buat kita semua, untuk lebih mencintai warisan leluhur yang kita miliki pada saat ini. Entah itu bahasa, kesenian hingga adat budayanya. Jika Dave bangga dengan bahasa daerah yang ia digunakan, kita pun jangan malu ngomong dengan dialek lokal khas masing-masing.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Polisi Hingga Tentara, Beginilah Garangnya Skuad Timnas U-22 yang Berisi Para Pemain Hebat

Syahrini-Reino Sah Sebagai Suami-Istri, Netizen Heboh Bikin Tagar #SyahriniReinoSatuAtap