in

Dikenal Sebagai Daun Mistis, Kelor Ternyata Diekspor Sampai ke Luar Negeri

Siapa yang tak kenal dengan daun kelor? Tumbuhan berdaun kecil ini hidup di berbagai wilayah Indonesia sebagai pohon tropis. Kelor ini sebenarnya berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan, jadi bukan asli tumbuhan Indonesia. Namun, di negara kita sendiri ia kerapkali dijadikan lauk dan dianggap punya sisi mistis.

Tak hanya itu, daun yang kerapkali dijadikan sebagai kata pepatah ini juga laris manis di luar negeri. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat melepas sejumlah produk pertanian yang berasal dari dari Jawa Timur. Ya, daun dan buah tumbuhan ini sudah memasuki pasar internasional ternyata, kok bisa ya?

Kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Bermanfaat sembuhkan berbagai penyakit [Sumber gambar]
Tentu ada alasan mengapa daun kelor laris di pasar Internasional. Sejauh ini, beberapa negara yang berada di benua Asia, seperti Taiwan dan Korea Selatan berebut mengimpor daun dan biji tumbuhan ini ke negara mereka karena manfaatnya yang sangat berguna untuk kesehatan. Berdasarkan penelitan dan ulasan yang pernah dibahas oleh Boombastis.com sebelumnya, kelor memang punya sejuta manfaat, di antaranya bisa dipercaya mampu mencegah penyakit jantung, anti kanker, mengatasi diabetes. Tak heran jika kemudian para ilmuwan menyematkan gelar ‘ajaib’ pada tumbuhan berdaun kecil ini.

Produk unggulan di Jawa Timur

Jawa Timur punya potensi pertanian kelor terbaik [Sumber gambar]

Melansir detik.com, berdasarkan laporan dari Khofifah Indar Parawansa, sejak tahun 2017 pohon kelor sudah berkontribusi terhadap ekonomi Indonesia. Sementara data selama 1 Januari hingga 15 Maret 2019, Jawa Timur telah mengekspor sekitar 50,885 ton daun kelor ke berbagai negara Asia. Adapun daerah yang disebut sebagai pemasok terbanyak meliputi Pauruan, Pamekasan hingga Kabupaten Madura. Kelor ini dijual dengan harga 2,8 Dollar AS atau sekitar Rp. 39.200/kg, daun-daun tersebut diekspor dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Nantinya, mereka akan diolah untuk menjadi obat herbal alami yang bisa atasi berbagai macam penyakit.

Kelor yang dianggap sebagai daun mistis

Bisa melunturkan susuk [Sumber gambar]
Jika di Indonesia, daun kelor sudah terkenal sejak zaman dahulu kala. Hanya saja, daun kecil ini mendapat predikat ‘ajaib’ karena sisi lainnya selain sebagai sayur. Saat seseorang yang punya susuk meninggal dunia, sedangkan susuknya masih belum dikeluarkan, maka daun kelor bisa membantu proses pengeluaran susuk hanya dengan memukulkan batang atau daun pada tempat yang ditanami susuk. Selain itu, kelor juga bisa mengusir jin dan melunturkan ilmu kebal yang dimiliki oleh seseorang.

BACA JUGA: Nggak Selebar Ungkapannya, Daun Kelor Punya Sejuta Manfaat yang Bisa Selamatkan Nyawamu

Tak disangka bukan jika kelor yang selama ini lebih sering dikaitkan dengan dunia mistis malah disulap menjadi obat di negara lain. Semua tak lain karena kandungan zat alami yang ada di dalamnya. Kamu mungkin bisa mencoba sendiri di rumah. Tenang, tidak akan membahayakan karena Badan Kesehatan Dunia (WHO) saja sudah mengumumkan jika tumbuhan ini layak konsumsi kok.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Kisah Hacker SMP Asal Tangerang yang Sukses Bobol Ketatnya Situs NASA di Amerika Serikat

Memalukan! 4 Kelakuan Miris Warga Indonesia Ini Jadi Sorotan Media Asing