in

Memalukan! 4 Kelakuan Miris Warga Indonesia Ini Jadi Sorotan Media Asing

Disorot media asing memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kita. Apalagi kalau medianya ternama, wah nama kita bisa viral dalam waktu sekejap. Tapi itu hanya berlaku untuk kelakuan baik atau prestasi membanggakan. Beda halnya jika yang disorot adalah kelakuan buruk. Tentunya kita akan malu dan malas untuk beraktivitas di media sosial.

Sayangnya, Indonesia lagi mengalami hal itu nih sekarang. Ini berhubungan dengan MRT yang sudah melakukan uji coba sejak beberapa hari lalu. Namun, negara kita tidak mengalami hal buruk tersebut sekali saja. Melainkan sudah banyak peristiwa memalukan yang sudah disoroti oleh media ternama di seluruh dunia.

Kelakuan buruk penumpang MRT yang disoroti media Jepang

Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta sudah melakukan uji coba sejak beberapa hari lalu. Hal ini pun akhirnya membuat masyarakat Jakarta tertarik untuk mencobanya. Namun, entah apa yang beberapa warga ini pikirkan. Banyak di antara mereka yang melakukan hal kurang pantas di dalam MRT. Seperti emak-emak bergelantungan di pegangan MRT, tidak mengantri dan menginjak tempat duduk.

Kelakuan di MRT [Sumber Gambar]
Ternyata, peristiwa ini pun tak luput dari sorotan media ternama di Jepang yaitu Asahi.com. Mungkin Sahabat Boombastis heran mengapa Jepang berani mengambil berita dari kelakuan buruk para penumpang MRT ini. Nah, dilansir dari laman brilio.net, Jepang ternyata mempunyai andil besar dalam membantu proyek MRT, baik berupa pendanaan dan training tenaga ahli. Jadi, saat peresmian MRT, wartawan Jepang turut hadir dan melihat semua kondisi yang ada di sana tanpa terkecuali.

Bocah perokok berat yang disorot beberapa media besar di dunia

Mungkin para pembaca masih ingat dengan bocah perokok berat yang bernama Dihan asal Garut. Yup, anak kecil yang terkenal 2012 silam, kini sudah tidak menjadi perokok lagi karena telah melakukan terapi. Ini semua berkat Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang berinisiatif untuk membantu orangtua Dihan yang kesusahan menghentikan kebiasaan merokok buah hatinya tersebut.

Dihan, bocah mantan perokok [Sumber Gambar]

Tapi, apa kalian tahu kalau kebiasaan Dihan yang terdahulu mendapat sorotan dari banyak pihak? Bukan Indonesia saja, namun juga media asing yang sangat ternama di penjuru dunia. Seperti Mirror, Dailystar dan Metro. Media-media ini sangat tertarik dengan kehidupan Dihan yang sudah merokok sejak umur tiga tahun. Pasalnya, menurut mereka baru kali ini ada anak di bawah lima tahun berani menghisap tembakau yang notabene bisa merusak kesehatannya sewaktu-waktu.

Aksi tak sopan suporter bola yang diunggah di akun twitter media asing

Di tahun 2018 lalu, ada tindakan kurang pantas yang dilakukan oleh salah seorang suporter Persib Bandung. Berawal dari seorang pesepakbola bernama Jonathan Bauman mencetak gol. Kemudian ada salah satu Bobotoh (sebutan suporter Persib Bandung) langsung masuk ke lapangan.

Aksi Bobotoh [Sumber Gambar]
Dengan percaya dirinya, Bobotoh tersebut menghampiri kiper PS Tira dan langsung mengacungkan jari tengahnya. Dari sini, akun twitter media asing @WSCsupporters pun menyoroti kejadian tersebut. Bahkan, media bernama asli When Sunday Comes ini mengunggah dengan jelas apa yang dilakukan oleh Bobotoh tadi kepada kiper PS Tira. Duh, memalukan sekali sih..

Warga Indonesia yang berselfie ria di lokasi bencana tsunami

Bencana tsunami yang menimpa Banten beberapa waktu lalu memang masih belum bisa terlupakan dari benak kita semua. Tentu saja, bencana tersebut seperti terjadi secara tiba-tiba. Sehingga memakan banyak korban dan beberapa di antaranya adalah orang-orang ternama di Indonesia. Namun, bukan itu yang menarik perhatian. Melainkan banyaknya orang-orang yang rela jauh-jauh datang ke lokasi bencana untuk berfoto.

Berselfie di lokasi bencana [Sumber Gambar]
Kalau hanya sekedar ingin menyaksikan dan mengabadikan tempat yang telah rusak disapu tsunami sih tak masalah. Tapi yang jadi masalah adalah mereka melakukan selfie ria dengan latar lokasi bencana tsunami dengan wajah tersenyum. Kejadian ini pun menarik media asing yaitu The Guardian untuk mengulas peristiwa tersebut. Parahnya, di judul artikelnya dituliskan bahwa orang Indonesia berfoto dengan latar lokasi bencana hanya untuk mendapatkan banyak like di media sosial.

BACA JUGA : Setuju atau Enggak? 5 Tindakan Memalukan Ini Perlu Diberi Sanksi Sosial

Disorot media asing memang membanggakan. Tapi kalau yang diulas adalah berita tentang kelakuan buruk, ya pastinya malu lah. Dari sini kita sudah belajar, kalau sebelum melakukan apapun perlu dipikir terlebih dulu. Apalagi di tempat umum yang pasti akan ada banyak orang dari mana pun. Jadi, tetaplah berhati-hati jika ingin melakukan perbuatan apapun ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Dikenal Sebagai Daun Mistis, Kelor Ternyata Diekspor Sampai ke Luar Negeri

Meski Tidak Cetak Gol, 4 Penjaga Gawang Ini Diam-diam Punya Harga Selangit