in

Jangan Bangga Smartphonemu Sudah Rooting, Ternyata Punya Dampak yang Buruk!

Bagi yang suka ngoprek alias otak atik android pasti tidak asing dengan kata rooting. Untuk mereka pecinta oprek, rooting menjadi hal pertama yang dilakukan ketika membeli smartphone baru. Biasanya, orang yang belum tahu menahu tentang rooting ketika mendengar kelebihannya kemungkinan besar akan menerapkannya pada smartphone kesayangan.

Memang sih, rooting bisa membuat smartphone kita menjadi lebih kece lagi. Ya bagaimana tidak, dengan rooting kita bisa mengubah tampilan ponsel pintar sesuka hati. Mulai dari tulisan pada saat booting yang dapat diganti dengan salam ataupun nama kita. Selain itu, kita juga bisa menghapus aplikasi bawaan dari bawaan ponsel pintar. Akan tetapi, meski kelebihannya banyak, ada kelemahan juga di baliknya. Contohnya seperti di bawah ini.

Bahaya virus bisa membayangi smartphone kalian

Pertama, dampak buruk dari rooting adalah smartphone menjadi rentan terkena bahaya. Bukan bahaya kecelakaan, tapi rawan terkena virus ataupun hacker. Ini dikarenakan jika kalian melakukan rooting, maka secara otomatis ponsel pintar memperbolehkan untuk dimasuki oleh sistem luar yang tidak diketahui jelas bagaimana keamanannya.

Rawan terkena virus [Sumber Gambar]
Nah. hal ini bisa membuat virus dengan mudahnya masuk ke smartphone kalian. Begitu juga dengan hacker, mereka dapat dengan leluasa memasuki sistem dan mengambil semua informasi penting yang ada pada ponsel pintar.

Error pun akan lebih sering terjadi

Kemudian smartphone kalian juga akan lebih rawan mengalami bug alias error. Yap, ini sering terjadi pada orang-orang yang telah me-root ponsel pintarnya. Hal ini tentu bisa terjadi lantaran aplikasi yang diinstal belum tentu cocok dengan OS pada ponsel pintar.

Banyak aplikasi yang error [Sumber Gambar]
Jika sudah seperti itu, aplikasi tidak akan berjalan dengan sempurna. Lalu, kemungkinan kinerja dari ponsel akan ikut menurun. Jadi apa kalian masih ingin menerapkan rooting pada ponsel pintar kesayangan?

Smartphone akan cepat menghembuskan napas terakhir

Selain dua di atas, ada risiko lain yang akan kalian terima. Adalah umur smartphone menjadi lebih pendek daripada yang seharusnya lho Sahabat Boombastis. Sebab, dengan rooting, berarti kita memaksakan smartphone bekerja di luar kemampuannya.

Ponsel pintar bisa mati total [Sumber Gambar]
Sehingga, ponsel pintar tidak akan bekerja dengan semestinya dan menjadikannya lemah. Memang sih ponsel kita akan menjadi lebih keren dan berbeda dari yang lain. Tapi kalau membuatnya tidak awet, apa kalian tetap nekat melakukan hal tersebut?

Ponsel pintar tidak bisa masuk ke menu utama

Jika kalian menganggap proses rooting akan selalu berjalan baik-baik saja, itu belum tentu benar Sahabat Boombastis. Kemampuan masing-masing ponsel pintarlah yang menentukannya. Sehingga rooting bisa kapan saja gagal jika dilakukan dengan tidak berhati-hati atau baru pertama kali melakukan. Jika gagal, akan ada dampak buruk yang bisa kalian terima.

Smartphone jadi bootloop [Sumber Gambar]
Pertama, ponsel pintar kalian akan mengalami bootloop atau tidak masuk ke menu utama. Kedua, smartphone bisa saja menghembuskan napas terakhir alias mati total. Untuk mengatasi dua dampak di atas, kalian dapat membawanya ke tukang servis supaya dilakukan flash ulang. Cukup merepotkan dan kudu merelakan uang terbuang sia-sia demi ponsel agar bisa menyala kembali.

Harganya jadi lebih murah dibanding di pasaran

Melakukan rooting pada ponsel pintar ternyata berdampak pada penjualan lho. Ketika kalian me-root smartphone dan ingin menjualnya, siap-siap untuk mengelus dada deh. Harga ponsel akan jauh lebih murah dibandingkan di pasaran. Memang dalam segi fisik tidak ada kerusakan, namun untuk perangkat lunaknya tak bisa diterima oleh si penjual smartphone.

Harga jadi lebih murah [Sumber Gambar]
Ya karena ponsel yang di-root dianggap sudah mengubah pengaturan pada perangkat lunak dan bukan bawaan dari smartphone aslinya. Jadi jangan kaget kalau smartphone kalian akan dibeli dengan harga yang jauh di bawah pasaran.

Rooting memang memiliki dampak positif bagi smartphone kalian. Namun kerugian-kerugian di atas tak dapat dihindari Sahabat Boombastis. Sehingga, alangkah lebih baiknya kalau kalian tidak perlu menerapkan rooting pada smartphone. Tapi, jika kalian tetap ingin me-root ponsel pintar ya tidak apa. Namun sebaiknya jika ingin melakukannya harus tanya ke orang yang berpengalaman dan juga melihat referensi di internet. Dengan begitu, proses rooting akan berjalan lancar dan juga aman.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengintip Geliat Warga Palestina Saat Ikut Merayakan Kemerdekaan Indonesia Ke-73

Momen Horor Presiden Sukarno yang Nyaris Meregang Nyawa Saat Laksanakan Shalat Idul Adha