in

7 Akibat Tidak Cuci Motor Setelah Terkena Hujan, Bisa Bikin Kendaraanmu Rusak Seketika

Musim hujan yang terus mendera beberapa hari ini, membuat orang yang mempunyai kendaraan sangat malas untuk mencuci transportasi pribadinya tersebut. Khususnya sih orang yang memiliki kendaraan sepeda motor. Mereka menganggap kalau mencuci motor pada saat musim hujan itu terasa percuma. Ya, apalagi alasannya kalau bukan karena motor akan kotor lagi jika terkena air hujan.

Kalau dipikir-pikir sih benar juga ya. Kenapa motor harus dicuci kalau nantinya akan kena air hujan lagi. Tapi, sebenarnya pemikiran itu salah besar lho. Karena ternyata banyak efek samping yang enggak baik untuk motor. Apa sajakah itu? Yuk deh kita lihat.

1. Kampas rem akan bermasalah

Kampas rem akan bermasalah [Sumber Gambar]
Motor yang terkena hujan, tidak hanya berdampak pada fisiknya aja tapi juga beberapa komponennya. Salah satunya adalah kampas rem. Komponen tersebut akan menimbun kotoran setelah terkena air hujan. Kalau kotoran tersebut tidak segera dibersihkan, akan menimbulkan suara decitan ketika roda motor berputar. Selain itu ada hal lain lagi nih yaitu rem bisa cepat mengalami yang namanya keausan. Hal tersebut bisa terjadi lantaran kotoran bisa menggores piringan cakram. Hmm.. pasti kalian enggak mau kan ini terjadi dengan motor kalian?

2. Mesin tidak akan bisa melepaskan panas secara normal

Mesin motor bisa overheat [Sumber Gambar]
Dampak kedua yang akan diterima kalau enggak segera mencuci motor setelah hujan adalah mesin tidak akan bisa melepaskan panas secara normal. Kenapa begitu? Sebab, kotoran yang dibuat oleh air hujan menempel di beberapa bagian motor. Kemudian, performa mesin juga akan mengalami penurunan lho Sahabat Boom kalau kotoran sudah mengendap di radiator. Nah, kalau sudah begitu bisa-bisa motor menjadi overheat atau panas yang berlebihan.

3. Suspensi motor akan mengalami kerusakan

Suspensi akan menimbulkan suara decitan [Sumber Gambar]
Komponen lainnya yang akan terkena dampak buruk adalah suspensi motor. Jika suspensi tidak segera dibersihkan dari percikan air hujan, bisa-bisa akan terjadi yang namanya suara decitan yang sangat tidak enak untuk didengarkan. Hal tersebut bisa terjadi lantaran pelumas biasanya akan turut larut bersama air hujan. Sehingga sebisa mungkin, motor harus dilap terlebih dahulu kalau tidak memungkinkan mencuci pada saat itu.

4. Komponen yang dilindungi karet seal juga akan berdampak buruk

Bisa membuat oli bocor [Sumber Gambar]
Pada motor, banyak komponen yang dilindungi oleh karet seal. Nah, bagian-bagian tersebut rawan sekali rusak jika sudah terkena air hujan. Apalagi karet seal yang ada pada tromol atau pelek, efeknya bisa membuat karat pada bearing atau bantalan. Karat tersebut jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan kerusakan. Sementara itu, karet seal pada sokbreker akan mudah bocor dan mengakibatkan oli semakin berkurang. Jika oli sudah berkurang, maka sistem pengendalian kemudi tidak senyaman biasanya.

5. Tutup busi tidak akan berfungsi seperti biasanya

Tutup busi bisa rusak [Sumber Gambar]
Tutup busi mempunyai kegunaan yang sangat penting untuk motor. Enggak hanya sekedar sebagai penyambung kabel dari koil ke busi atau berfungsi untuk penutup aja. Komponen ini memiliki fungsi untuk menghilangkan kebocoran arus antar sambungan busi dan menjaga resistansi internal yang tinggi supaya bisa dihindari, sehingga performa mesin tidak akan terpengaruh. Jadi, bisa dibayangkan kalau tutup busi terkena air, maka fungsi kelistrikan akan terhambat dan dapat menyebabkan motor mogok.

6. Rantai motor bakal terkena imbasnya juga

Rantai motor bisa kehabisan pelumas [Sumber Gambar]
Motor yang memiliki rantai, bakal terkena imbasnya juga nih. Air hujan bisa membuat pelumas pada rantai ikut larut dengannya, sehingga menimbulkan suara yang cukup mengganggu. Selain itu eantai juga bisa mengalami karatan yang akan susah sekali untuk dibersihkan. Oleh karena itu, wajib banget untuk membersihkan rantai motor dari air hujan. Kalau enggak cepat untuk dibersihkan, kotoran akan menumpuk dan suara terus mengganggu telingamu.

7. Komponen logam mengalami karatan

Komponen logam pada motor berkarat [Sumber Gambar]
Motor mempunyai komponen yang terbuat dari logam di dalamnya. Sehingga, jika komponen telah dibasahi air hujan maka akan mengalami yang namanya karatan. Karat tersebut akan semakin susah hilang kalau tidak dibersihkan dengan segera. Lalu, motor juga semakin berpotensi rusak lho Sahabat Boom apabila terkena air hujan dan sinar matahari secara bergantian dengan durasi waktu yang lama.

Nah, dengan adanya ulasan di atas diharapkan para pengendara sepeda motor tidak malas lagi untuk mencuci motornya setelah hujan. Jangan suka memakai saja, tapi tidak mau merawatnya. Jadi, mulai sekarang harus rajin untuk mencuci motor setelah terkena hujan. Kalau tidak memungkinkan mencuci saat itu juga, ya cukup dilap dengan kain bersih aja terlebih dahulu. Supaya tidak ada air hujan yang menempel pada motor kesayangan kalian.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Greget! Dulu Diremehkan, Mantan OB Ini Hasilkan 20 Juta Rupiah Dari Pekerjaan Barunya

Sempat Tolak Bermain dengan Timnas, Begini Nasib Para Darah Indonesia Sekarang