in

Ketumbar Dioplos dengan Bahan Kimia, Begini Ciri-cirinya yang Patut Diperhatikan

Siapa yang menyangka kalau ketumbar ternyata juga jadi sasaran kejahatan oleh para pedagang culas. Seperti peristiwa yang terjadi di Serang, Banten beberapa waktu lalu. Kepolisian menggerebek gudang yang dimiliki si pedagang. Isinya ada ketumbar yang sudah lama beserta bahan-bahan kimia berupa H202 atau hidrogen peroksida.

Si pelaku ternyata merendam ketumbar di bahan kimia tadi selama 15 menit. Ini ia lakukan demi mendapatkan ketumbar yang bersih dan putih. Jika bahan dapur tersebut warnanya putih, kemungkinan besar akan laku untuk dijual. Nah, ciri-ciri dari ketumbarnya bisa dilihat di bawah ini.

Warna adalah hal pertama yang jadi ciri utama

Warnanya terlihat perbedaannya [Sumber Gambar]
Ciri pertama yang paling mudah terlihat mata adalah dari warnanya. Jika ketumbar asli biasanya memiliki warna agak kekuningan atau mendekati coklat. Nah, hal ini tidak akan kita temukan pada ketumbar abal-abal Sahabat Boombastis. Bahan dapur yang palsu akan mempunyai warna yang lebih cerah yaitu coklat terang. Ini dikarenakan bahan kimia yang dicampurkan bisa memutihkan fisik dari si ketumbar. Ya semacam body lotion begitu lah..

Baunya juga jangan lupa juga untuk diperhatikan

Tidak memiliki bau [Sumber Gambar]

Kemudian ciri selanjutnya kita bisa ketahui dari aromanya. Yap, kalian tahu sendiri kalau bumbu dapur satu ini mempunyai bau yang sangat khas. Adalah baunya yang menyengat dan juga ada pedas-pedasnya. Jika yang palsu, ketumbar tidak mengeluarkan aroma apapun Sahabat Boombastis. Sehingga dari ciri satu ini kalian bisa tahu apa ketumbar yang sudah dibeli itu asli atau polesan dari pedagang culas.

Ketahanan ketumbar juga ikut menjadi ciri-ciri apakah itu asli atau palsu

Ketumbar palsu tidak mudah pecah [Sumber Gambar]
Untuk ciri berikutnya adalah ketahanan dari ketumbarnya. Ketumbar asli itu sangat mudah pecah Sahabat Boombastis. Beda dengan bumbu dapur yang palsu karena setelah direndam dengan bahan kimia, ketumbar memiliki pertahanan kuat alias tak mudah pecah. Butuh tekanan yang agak kuat supaya ketumbar bisa hancur lebur menjadi butiran debu. Oleh karena itu, kalau kalian tidak yakin dengan ketumbar yang sudah dibeli, bisa dicoba nih untuk menekannya lebih keras. Tapi dengan syarat kalau ketumbarnya sudah dibeli ya, jangan yang masih terpampang di toko atau pasar.

Waktu busuknya juga sangat berbeda antara yang asli dengan palsu

Ketumbar palsu lebih lama membusuk [Sumber Gambar]
Dilansir dari merdeka.com, jika ketumbar asli sangat mudah untuk busuk. Apalagi wadahnya tidak tertutup rapat dan lama tak digunakan untuk memasak. Jadi ketumbar lebih mudah busuk dalam jangka waktu paling lama yaitu sebulan. Nah, hal ini tidak akan kita temukan pada ketumbar palsu. Kalau itu abal-abal, tidak mudah busuk meski tak disimpan dalam wadah rapat atau tak terpakai lama. Bahkan, ia akan tahan lebih dari satu bulan lamanya.

Yap, itu tadi adalah ciri-ciri dari ketumbar palsu. Oleh karena itu, sebelum membeli bumbu dapur tersebut sebaiknya diperiksa terlebih dahulu. Cek dulu dari warna dan aromanya karena hanya itu yang bisa kita lakukan jika masih belum membelinya. Jangan malas untuk memeriksanya ya karena kalau ketumbar berbahan kimia dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Pelican Crossing Mulai Dibangun di Jakarta, Inilah Perbedaan dengan Jalur Penyeberangan Biasa

Meski Membahayakan, 4 Challenge Ngawur Ini Pernah Viral di Indonesia