in

Penipuan Online Merajalela di Mana-mana, 3 Hal Ini Bisa Jadi ‘Obat Mujarabnya’

Belanja online banyak diminati oleh orang-orang di Indonesia. Selain karena pemesanannya yang mudah, harga miring juga jadi salah satu faktor pemicunya. Pada akhirnya, banyak orang-orang kreatif yang memanfaatkan hal ini dengan cara membuka toko berbasis online.

Nah, berdasarkan iprice.co.id, banyak toko online di Indonesia yang mendapatkan ranking tertinggi karena jumlah visitor bejibun banyaknya. Banyak visitor yang tertarik dengan toko online ini dikarenakan suatu alasan. Misalnya harga murah atau kualitas barang yang tinggi. Namun, apa ranking tersebut menjamin kalau toko-toko online terkenal tersebut benar-benar terpercaya? Hmm.. jawabannya tidak Sahabat Boombastis. Sebab, banyak penipuan yang terjadi di toko-toko online terkenal tersebut lho. Maka dari itu, supaya kita tidak ikut tertipu, simak ulasan Boombastis.com berikut ini.

Dengan menggunakan situs dari kemkominfo

Beberapa waktu lalu, akun twitter @ACStyles30 memberikan info yang sangat bagus. Di statusnya, ia mengunggah salah satu chat-nya dengan pedagang toko online. Di sana, ia menegaskan jika sebelum mengirim uang kepada penjual online, lebih baik periksa dulu rekeningnya ke situs milik kemkominfo bernama www.cekrekening.id. Dari postingannya tersebut, Cepi Aditiya mendapatkan 17ribu retweet, 25ribu like dan juga 118 komentar.

Situs cek rekening [Sumber Gambar]
Nah, situs milik kemkominfo tersebut memiliki dua fitur nih Sahabat Boombastis. Ada fitur periksa dan juga laporkan rekening. Kalau fitur periksa, kalian cukup memilih bank dan mengisikan nomor rekeningnya . Sedangkan fitur laporkan ini digunakan bagi kalian yang sudah menjadi korban penipuan. Di sana, kalian tinggal mengisi bank, nomor rekening, nama pemilik, memilih kategori misalnya investasi bodong atau penipuan online, lalu menceritakan kronologi yang disertai pengunggahan bukti seperti chat.

Ada juga situs lain yang mirip dengan di atas

Sama halnya dengan cekrekening.id, ada juga situs lain yang serupa lho Sahabat Boombastis. Adalah www.kredibel.co.id. Situs yang dibuat oleh Yudhistira Bayu Wryatsongko tersebut ternyata sudah dibuat sejak Bulan Maret tahun 2016 lalu. Namun sayangnya, masih belum banyak mendapat perhatian dari banyak pihak sehingga jarang diketahui orang.

Situs kredibel [Sumber Gambar]
Tapi, seiring berjalannya waktu, situs pencegah penipuan online ini semakin dikenal. Nah, untuk kalian yang takut tertipu pada saat transaksi online, bisa kok menggunakan situs tersebut. Website ini sudah terverifikasi sehingga bisa dipercaya keamanannya. Cara menggunakannya juga tak jauh beda dengan cekrekening.id, jadi mudah untuk dimengerti para pemula.

Untuk melaporkan secara langsung, bisa lewat alamat web satu ini

Selain dua di atas, ada lagi situs resmi yang bisa kalian gunakan. Yaitu lapor.go.id. Dari situs yang sudah dirilis sejak tahun 2013 silam ini, kita bisa melaporkan segala macam bentuk penipuan online. Sebab, dari alamat web tersebut, kita bisa berkomunikasi secara langsung dengan beragam instansi terkait sesuai dengan permasalahan.

Situs LAPOR [Sumber Gambar]
Hebatnya lagi, layanan aspirasi masyarakat ini juga dapat digunakan untuk melaporkan berbagai tindak kejahatan lain. Selain itu, kita juga bisa melakukan pelaporan melalui SMS ke 1708 kalau tidak ada koneksi internet. Cukup mudah bukan?

Mulai sekarang, kita tak perlu lagi untuk khawatir berbelanja secara online Sahabat Boombastis. Dengan ketiga situs di atas, kita bisa mencegah terjadinya penipuan online. Maka dari itu, perlu diingat, kalau kita sebaiknya lebih berhati-hati lagi dalam memilih toko online. Meskipun ia sudah tergabung dalam e-commerce yang terkenal, tapi kita tidak akan pernah tahu apakah penjual itu dapat dipercaya atau hanya berniat untuk menipu saja. Yuk jadi pembeli yang cerdas, jangan mudah tergiur dengan harga murah dan lebih berhati-hati dalam memilih toko online.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Ini 6 Bukti yang Menjadikan Jokowi sebagai Presiden Indonesia Kebanggaan Korea Selatan

Jose Mujica, Presiden Termiskin Di Dunia yang Bisa Jadi Panutan Pejabat Indonesia