in

Ini 6 Bukti yang Menjadikan Jokowi sebagai Presiden Indonesia Kebanggaan Korea Selatan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menjadi perbincangan hangat para netizen. Khususnya para fans K-Pop, berkat kunjungannya ke Korea Selatan pada Minggu (9/9).  Tak hanya menarik perhatian masyarakat Indonesia, netizen Korea Selatan juga antusias menyambut Presiden Jokowi datang ke negaranya.

Hal ini dibuktikan dari komentar-komentar yang tersebar di media sosial. Mulai dari tweet Presiden Korea Selatan, Moon Jae In, hingga unggahan para member boy band Super Junior. Dalam kesempatan kali ini, Boombastis.com akan merangkum 6 bukti Presiden Jokowi sangat berpengaruh bagi masyarakat Korea Selatan.

Presiden Moon Jae In ngetweet dengan bahasa Indonesia

Satu tahun yang lalu, Presiden Moon Jae In telah lebih dulu bertandang ke Indonesia untuk membahas hubungan diplomasi Indonesia dan Korea Selatan. Tentu, ia disambut dengan hangat oleh masyarakat Indonesia. Ketika jalan-jalan di mall pun banyak orang yang meliriknya bak idol K-Pop.

Tweet Presiden Moon Jae In [sumber gambar]
Kali ini, ketika Jokowi membalas kedatangan Presiden Moon Jae In, hubungan mereka pun masih terlihat hangat seperti setahun yang lalu. Dilansir dari akun twitter pribadinya (@moonriver365), Presiden Moon Jae In menulis cuitan dengan bahasa Indonesia, meski kata “Indonesia”-nya sendiri salah ketik.

Semua member Super Junior mengunggah foto bareng Presiden Jokowi

Seperti yang telah diulas Boombastis.com, Super Junior merupakan boy band Korea Selatan pertama yang menyebarkan hallyu wave atau demam K-Pop kepada masyarakat Indonesia. Di Korea Selatan sendiri, pengaruh Super Junior juga tak kalah dengan boy band baru seperti BTS atau EXO. Bisa dibilang, seperti legenda, lah.

Instagram Member Super Junior [sumber gambar]

Ketika Presiden Jokowi berkunjung ke Seoul, Korea Selatan kemarin, Super Junior juga ikut menyambut kedatangannya. Tak hanya foto-foto saja, Super Junior juga memberikan Presiden Jokowi album edisi terbatas bertanda tangan 7 anggotanya. Sebagai bonus bagi para ELF Indonesia, 7 anggota Super Junior mengunggah foto mereka bersama Presiden Jokowi.

Diundang untuk mengisi kuliah tamu di salah satu kampus top Korea Selatan

Tak hanya berurusan dengan Presiden Moon Jae In saja, Jokowi memiliki banyak agenda di Korea Selatan. Salah satunya menjadi dosen tamu di Hankuk University of Foreign Studies, di Seoul. Hankuk University merupakan salah satu kampus impian bagi pelajar Korea Selatan.

Jokowi jadi dosen tamu di Hankuk University [sumber gambar]
Dilansir dari akun twitter @jokowi, ia menuliskan selain dirinya, pernah berdiri Presiden Barrack Obama, Mikhail Gorbachev, serta Sekjen PBB, Ban Ki Moon di atas podium tersebut. Tak hanya Jokowi saja yang bangga, bahkan ketika turun dari podium seraya mengenakan jaket khas mahasiswa dengan lambang Hankuk University dan bendera merah putih di sisi lainnya, banyak mahasiswa yang mengajaknya selfie.

Netizen Korea Selatan ingin pergi ke Indonesia gara-gara aksi Jokowi naik motor

Dalam opening ceremony Asian Games 2018 lalu, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan aksi Jokowi naik motor di sebuah video pendek. Hal ini membuat mereka geger lantaran Jokowi menggunakan stuntman yang jelas-jelas halal dalam dunia perfilman. Tak sangka, ternyata netizen Korea Selatan juga geger.

Komentar netizen Korsel aksi Jokowi naik motor [sumber gambar]
Berbeda dengan netizen Indonesia, netizen Korea Selatan justru terkejut sekaligus bangga dengan aksi Jokowi naik motor. Mereka menyebut aksi tersebut sangat berani sekaligus baru bagi mereka. Netizen Korea Selatan pun sampai ada yang berkeinginan mengunjungi Indonesia gara-gara aksi Jokowi, loh.

Gara-gara teh Tong Tji netizen Korea dibuat terharu

Kembali ke November 2017, ketika Presiden Moon Jae In berkunjung ke Indonesia dan dijamu Jokowi berkeliling Bogor, netizen Korea Selatan pun tak luput dari hal ini. Update yang diberikan akun twitter @TheBlueHouseKR membuat mereka selalu tahu apa yang sedang dikerjakan sang Presiden di Indonesia.

Komentar netizen Korsel ketika Moon Jae In ke Indonesia [sumber gambar]
Kala itu, Presiden Jokowi terlihat membawa Presiden Moon Jae In berkeliling pusat perbelanjaan di Bogor dan berhenti di salah satu kedai teh. Keduanya tampak akrab dengan bersama-sama menyeruput teh dari sedotan masing-masing. Tak hanya membuat netizen Indonesia heboh, netizen Korea Selatan pun begitu. Mereka menyebut sambutan Presiden Jokowi sangat ramah dan hangat.

Presiden Jokowi disebut mirip artis Korea Selatan!

Biasanya, kerjaan para fans K-Pop untuk membuat artis Indonesia mirip dengan idolanya di negeri ginseng. Namun, kali ini berbeda, berkat performanya di video pendek opening ceremony Asian Games 2018 lalu, Presiden Jokowi disebut netizen Korea Selatan mirip dengan artis, seperti yang ditulis oleh indosport.com.

Jokowi x Yoo Hee Yeol [sumber gambar]
Berbekal menjadi trending topic di Korea Selatan, netizen di sana mengakses gambar Presiden Jokowi dan menyebutnya mirip dengan Yoo Hee Yeol, CEO agensi rekaman, serta DJ radio. Mereka bahkan menyandingkan foto Presiden Jokowi dan Yoo Hee Yeol, loh. Netizen Korea Selatan menyebut Presiden Jokowi sangat mirip Yoo Hee Yeol ketika sedang tertawa.

Meskipun tidak menjadi Jokowi, sebagai masyarakat Indonesia rasa bangga kita membuncah, ya, melihat sang Presiden dipuji negara lain. Hal ini otomatis membuat kita memiliki akses mudah ketika bertandang ke Korea Selatan. Saat ditanya “dari mana?” dan menjawab Indonesia, pasti masyarakat Korea Selatan sontak menjawab “oh, yang Presidennya naik motor itu, ya?”—yang berarti mereka sangat familiar dengan tanah air kita tercinta. Daebak, Presiden Jokowi!

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Viral Pengantin Wanita Keluar dengan Jebol Tembok, Begini Loh Kisah Sebenarnya

Penipuan Online Merajalela di Mana-mana, 3 Hal Ini Bisa Jadi ‘Obat Mujarabnya’