in

Pencurian Motor Merajalela, Intip Cara Ini Supaya Kendaraanmu Aman dari Incaran Maling

Dari dulu sampai sekarang, motor adalah salah satu benda incaran nomor satu para pencuri. Meski butuh keterampilan dan waktu yang cukup banyak, namun itu tak pernah menyurutkan para maling untuk melakukan aksinya. Buktinya, banyak orang yang tak kapok melakukan aksi jahatnya tersebut walaupun risikonya bakal dihajar massa.

Kalau sudah seperti itu, kalian yang mempunyai kendaraan roda dua tersebut kudu waspada lagi. Pasalnya, kejahatan bisa terjadi di mana dan kapan saja. Bahkan, motor kalian juga bisa diembat oleh para pencuri meski ditinggal di parkiran selama lima menit saja. Bagi maling yang sudah profesional, lima menit bagaikan satu tahun bagi mereka. Jadi, untuk memperkecil risiko motor kalian dicuri, bisa gunakan trik-trik di bawah ini.

Sisipkan benda ini di motor, maling langsung taubat seketika

Beberapa waktu lalu, ada orang yang menceritakan pengalamannya tentang gagalnya maling mencuri motornya. Cerita ini diunggah oleh akun Facebook yang bernama Raden Ka’Sandra Rks. Ia mengatakan kalau hanya dengan benda seharga Rp3 ribu, motornya bisa selamat dari incaran maling.

Pasang baut [Sumber Gambar]
Barang yang dimaksud adalah baut. Yap, benda sepele itu ternyata bisa selamatkan kendaraan roda dua tersebut hanya dengan cara dipasangkan pada lubang piringan rem cakramnya. Hal ini bisa terpikirkan olehnya lantaran pelaku curanmor jarang sekali membawa kunci pas. Alhasil, ia melakukan ini supaya motornya tidak berpindah tangan.

Kunci stang dengan model ini, para maling langsung mengurungkan niatnya

Kemudian, cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah mengubah arah kunci stang. Lazimnya, para pengendara motor mengunci stangnya ke kiri dikarenakan sudah menjadi kebiasaan. Selain itu, mengunci stang dengan arah seperti itu sudah merupakan arahan dari pabrik.

Kunci stang ke arah kanan [Sumber Gambar]

Padahal, sebenarnya yang lebih aman adalah mengunci stang ke arah kanan. Sebab, menurut Andi Budiman, Kepala Mekanik Honda Cengkareng, jika arah kunci stang ke kiri bisa memberikan peluang motor untuk dicuri karena ruang gerak membobol lebih bebas. Sedangkan, jika arah kunci stang ke arah kanan, maka si maling membutuhkan waktu lebih lama untuk membobol sehingga bisa memperkecil risiko pencurian.

Standar motormu begini, pelaku curanmor bakal berkeringat duluan

Selanjutnya adalah memarkirkan motor dengan standar tengah. Memang sih agak merepotkan, namun ini cukup ampuh Sahabat Boombastis. Alasannya karena standar tengah akan membuat maling lebih memilih motor lain untuk dicuri. Ya apalagi kalau bukan repotnya mengambil motor dengan standar seperti itu.

Gunakan standar tengah [Sumber Gambar]
Ia butuh tenaga lebih dan waktu yang lama untuk mencuri kendaraan roda dua dengan mode parkir semacam itu. Jadi, usahakan kalian memarkir motor menggunakan standar tengah meski hanya beberapa menit saja. Pasalnya, seperti yang sudah dijelaskan tadi kalau pencuri hanya butuh waktu satu menit untuk menggasak motor incarannya.

Cara-cara di atas bisa kalian lakukan ketika hendak memarkirkan motor di mana pun. Sehingga, para pencuri akan berpikir ulang untuk menggasak motor kalian. Namun, kita tidak akan pernah tahu teknik baru apa lagi yang digunakan para maling tersebut. Oleh karena itu, untuk lebih amannya, asuransikan motor kalian. Dengan begitu, kerugian kehilangan motor bisa tergantikan. Bukannya mendoakan agar motor hilang, akan tetapi untuk berjaga-jaga saja.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengenal Ras Melayu Kokos yang Berjuang Demi Pengakuan Sebagai Warga Asli Australia

Meski Timnya Selalu Terpuruk, Pemain Asia Ini Selalu Sukses Meledak di Piala Dunia