Virus Corona sejak Desember lalu sudah menjadi momok bagi banyak orang di berbagai negara. Pasalnya, meski mematikan, tak banyak reaksi serius yang ditunjukkan oleh orang-orang yang sudah terinfeksi. Mereka bisa saja hanya flu, radang tenggorokan, demam, tanpa mengalami gejala serius lain. Setelah lebih sari satu bulan virus menyebar di berbagai negara, dua orang WNI dinyatakan positif terkena infeksi corona. Hal ini bahkan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Karena hal inilah, banyak rakyat yang bingung dan panik, takut mereka juga akan tertular. Namun, sebelum mengambil tindakan yang salah, pahami dulu deh panduan bagaimana caranya agar kamu selalu bisa safe dan terhindar dari bahaya virus corona. Tak usah muluk-muluk, lakukan cara sederhana berikut ini saja!

Selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun

Cuci tangan dengan sabun [sumber gambar]
Cuci tangan dengan sabun memang sekilas merupakan kegiatan yang ringan, namun cukup susah untuk dilakukan loh. Nah, untuk saat ini, saat sedang santer-santernya berita tentang penyebaran virus corona, mencuci tangan dengan sabun adalah hal yang wajib kamu lakukan, Sahabat Boombastis. Perintah ini langsung dikeluarkan oleh WHO. Kapan waktunya kamu harus mencuci tangan? Kamu bisa mencuci tangan setelah dari toilet, sebelum dan sesudah makan, setelah merawat orang sakit (terutama yang muntah dan diare), setelah memegang binatang, setelah membersihkan popok, dan setelah buang sampah.

Gunakan selalu hand-sanitizer dan produk yang mengandung alkohol

Gunakan hand-sanitizer [sumber gambar]
Nah, selain cuci tangan, kamu juga bisa memakai hand-sanitizer dan juga tisu yang punya kandungan alkoholnya. Mengapa? Karena, dengan alkohol dan produk yang mengandung antiseptic ini, kuman yang mungkin ada di tangan akan bisa bersih (secara kuman tak terlihat oleh mata), guys. Yang paling mudah dan simple sih memang memakai hand-sanitizer, namun jika tak ada bisa diganti dengan tissue yang ada kandungan alkoholnya.

Hindari menyentuh bagian wajah

Jangan sentuh bagian wajah [sumber gambar]
Tangan adalah bagian tubuh yang paling bersentuhan dengan sekitar. Tentu, kita tak bisa menjamin kalau apa yang kita pegang adalah benda yang bersih kan? Oleh karena itulah sebelum mencuci tangan dengan bersih, kamu tak perlu menyentuh bagian wajah, terutama area hidung, mata, dan juga mulut. Penyebaran virus akan sangat cepat kalau ditularkan dari tangan. Kalau masih saja dilakukan, hal inilah yang akan mengakibatkan kamu rentan sakit.

Tutup mulut saat bersin atau batuk

Tutup mulut dengan siku saat bersin [sumber gambar]
Nah, anjuran lain dari WHO adalah memastikan bahwa kamu menutup mulut dan hidung saat sedang bersin dan batuk. Menutupinya jangan dengan menggunakan tangan ya, tetapi dengan tissue dan juga siku. Mengapa? Karena menutup mulut atau hidung dengan menggunakan tangan akan berisiko memindahkan virus dari tubuh ke tangan. Setelah itu, pastikan kalau kamu langsung membuang tisu yang digunakan ke dalam tempat sampah.

Jangan bersentuhan dengan orang yang terkena gejala demam atau flu

Jangan bersentuhan dengan orang demam [sumber gambar]
Corona virus ini punya gejala umum yang sering dirasakan oleh kita, seperti demam, batuk dan pilek, kelelahan, pusing, hingga diare. Jika kamu sedang berada di lingkungan orang terdekat yang mengalami beberapa gejala di atas, meski mereka belum tentu terkena virus, lebih baik sih menghindar terlebih dahulu. Cara ini akan membuatmu lebih aman dan tidak ikut terinfeksi juga.

Untuk yang sakit, gunakan masker dan periksalah ke dokter

Pakai masker kalau sakit [sumber gambar]
Nah, selanjutnya, apakah butuh memakai masker? Berdasar pada pernyataan para ahli, virus corona ini tak menyebar melalui udara, tetapi melalui cairan seperti ludah, ingus, dan juga air mata. Oleh karena itu, masker sebaiknya digunakan oleh mereka yang sakit (menderita demam, batuk, dan flu). Orang yang sehat tidak memakai masker tak apa, asalkan rajin melakukan beberapa tips yang sudah disebutkan di atas. Lantas, mengapa di Cina, Korea dan beberapa negara lain dianjurkan mengenakan masker? Hal tersebut karena penyebaran yang sudah sangat massive dan menelan banyak korban jiwa.

BACA JUGA: Mengenal Ilmuwan Asal Mesir yang Menjadi Penemu Pertama Virus Corona di Arab Saudi

Yuk, lindungi diri kita dari virus corona sedini mungkin. Jangan lupa untuk menyebarkan beberapa tips di atas kepada teman, keluarga, kerabat, serta orang-orang terdekat yang kita kenal. Jangan lupa memastikan bahwa tangan kamu selalu bersih ya, kalau batuk atau bersin, maka tutuplah dengan tissue atau siku. Stay safe everyone!!