Semenjak diumumkan tentang dua orang Depok yang terkena Corona, gelombang kepanikan melanda sejumlah daerah di negara ini. Mulai dari borong masker dan hand sanitizer hingga stoknya kering, sampai soal warga yang sikat habis sembako di minimarket. Kepanikan ini memang seolah lazim mengingat Corona sudah terbukti menewaskan ribuan orang.

Corona memang menyeramkan, namun bukan berarti virus ini sama sekali tidak bisa disikat. Di balik gegap kepanikan yang ada, ternyata banyak cerita-cerita mereka yang sembuh dari virus berlabel COVID-19 ini. Bahkan menurut kabar, Vietnam mengumumkan bahwa semua pasien Corona di negara ini berhasil sembuh. Jika negara yang berbatasan langsung dengan Cina ini bisa, tentu Indonesia pun demikian juga.

Semua pasien Corona di Vietnam sembuh

Vietnam termasuk negara yang kena imbas dari sebaran Corona, meskipun jumlahnya tidak banyak. Dilansir dari Jawapos.com, di negara ini setidaknya ada 16 orang yang terinfeksi. Namun hal yang bikin lega dan positif adalah semua pasien ini berhasil disembuhkan. Bahkan waktunya sendiri tidak begitu lama, kurang lebih hanya sekitar 15 hari.

Semua pasien Corona di Vietnam sembuh [Sumber Gambar]
Kasus Corona di Vietnam sendiri diawali dari dua warga negara Cina yang berada di Ho Chi Minh, kemudian perlahan menyebabkan belasan lainnya tertular. Menurut WHO respon cepat pemerintah begitu penting untuk menangani Corona, dan nampaknya Vietnam adalah salah contohnya. Untuk sementara negara ini terbebas Vietnam, bahkan Wakil Perdana Menterinya mengatakan jika mereka telah memenangkan perang putaran pertama melawan Corona.

Diam-diam 50 persen pasien Corona di Cina sembuh

Cina khususnya di Wuhan, bisa dibilang sebagai kandang dari virus Corona mengingat dari sinilah si wabah menyebar. Makanya tak heran jika dalam setiap waktunya terdapat peningkatan jumlah pasien yang terpapar Corona. Namun belakangan dilaporkan jika kasus COVID-19 di negara ini turun drastis. Tentu ini adalah sebuah kabar yang membahagiakan.

50 persen pasien Corona Cina sembuh [Sumber Gambar]
Menurut data terakhir, setidaknya ada sekitar 80 ribu orang di Cina yang terdampak Corona, namun sekitar 47 ribu orang dinyatakan sembuh. Artinya ada lebih dari 50 persen warga yang terbebas Corona. Fenomena ini menyebabkan para dokter dan suster di sana bisa santai sejenak, karena kesibukan di rumah sakit yang dibangun dadakan itu mulai berkurang. Bahkan menurut kepala RS sementara di Wuhan, tempat tersebut bakal ditutup sebentar lagi karena jumlah pasien yang berangsur-angsur pulang.

Dua orang ABK WNI juga berhasil sembuh

Netizen Indonesia sempat sesumbar bahwa Corona takut dengan kerokan dan jamu herbal. Namun anggapan ini sirna begitu ada kabar soal WNI ABK di kapal Diamond Princess yang tertular. Kabar ini memang mengejutkan karena Corona di kapal tersebut menjangkiti begitu banyak orang. Update terbaru dari kasus ini adalah dua WNI ABK kapal yang berhasil sembuh.

Dua orang ABK WNI sembuh dari Corona [Sumber Gambar]
Menurut pihak dari Kemenkes RI setidaknya ada sembilan orang yang terkena, namun dua berhasil sembuh. Kesemuanya ini mendapatkan perawatan di Jepang. Kemudian untuk dua WNI yang berhasil sembuh tadi akan ikut pulang ke Indonesia karena sudah bebas Corona. Ini tentu jadi bukti positif bagi masyarakat Indonesia kalau virus yang sudah bikin ribuan orang meninggal ini bisa disembuhkan.

BACA JUGA: Corona Masuk Indonesia, 3 Produk Ini Diincar Sampai Ludes di Pasaran dan Netizen Gregetan!

Reaksi panik ketika terjadi sesuatu memang wajar, namun jangan sampai hal tersebut membuat kita menutup mata akan hal-hal baik seperti berita-berita di atas. Corona memang sudah mematikan ribuan orang, namun penyakit ini nyatanya bisa sekali disembuhkan. Jadi, tak perlu panik berlebihan bahkan borong semua masker yang ada. Cukup jaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi serta cuci tangan dengan sabun, dan yang tak kalah penting adalah peran pemerintah. Di Vietnam semua pasien Corona sembuh, maka kita juga bisa melakukannya.