in

Pasar Legi Dilalap Si Jago Merah, Begini Cara Hindari Terjadinya Korsleting Listrik

Di tanggal 29 Oktober 2018 kemarin, Pasar Legi yang berada di Solo mengalami kebakaran hebat. Semua pedagang yang berjualan di sana saling bergotong royong untuk memadamkan api. Baik dengan menggunakan air dan juga alat pemadam kebakaran yang sudah tersedia di sana. Namun, api tak kunjung mati dan akhirnya meminta bantuan ke petugas pemadam kebakaran setempat.

Beberapa jam kemudian, api baru bisa dipadamkan. Subagiyo selaku Kepala Dinas Perdagangan Surakarta menyatakan kalau api sulit dipadamkan lantaran sudah menjalar ke mana-mana. Ia kemudian menyebutkan kalau api berasal dari korsleting listrik yang ada di lantai dua Pasar Legi. Nah, masalah korsleting listrik ini bisa mengancam siapa saja, baik yang berada di rumah ataupun gedung besar. Jadi, untuk menghindarinya, kita bisa praktekkan cara-cara di bawah ini.

Hindari menumpuk steker secara berlebihan

Fenomena menumpuk steker sudah enggak asing lagi di kehidupan kita. Biasanya alat penyambung ke listrik ini digunakan menumpuk pada saat mengisi baterai ponsel dan juga laptop. Namun, perbuatan seperti ini sebenarnya haram untuk kita lakukan Sahabat Boombastis.

Jangan menumpuk steker [Sumber Gambar]
Sebab, steker yang menumpuk terlalu banyak bisa menimbulkan panas berlebih. Apalagi kalau steker yang digunakan kualitasnya kurang bagus, wah alat tersebut akan mudah panas dan berpotensi untuk menimbulkan korsleting listrik.

Segera mengganti kabel yang kulitnya terkelupas

Banyak dari kita menganggap remeh kulit kabel yang sudah mengelupas. Pada umumnya, orang-orang membiarkan kabel terbuka karena masih bisa digunakan. Ya memang sih kabel masih berfungsi dengan baik, tapi itu bisa berbahaya bagi kita.

Mengganti kulit kabel yang sudha terkelupas [Sumber Gambar]
Kondisi kabel yang terbuka akan membuat konduktor di dalamnya lebih peka terhadap panas. Kalau tiba-tiba tak sengaja ada api di sekitar kabel, kemungkinan besar bisa menyulut api. Jadi, kalau ada kabel yang kulitnya terkelupas, segera diganti ya. Jangan cuma diisolasi saja lho.

Meletakkan steker di tempat yang semestinya

Sering kali orang-orang meletakkan steker di tempat yang sembarangan. Misalnya di dekat wastafel, di sekitar bath up dan lain sebagainya. Padahal jika steker ditempatkan di area yang sering terciprat air, alat penghubung ke listrik tersebut bisa memicu terjadinya kebakaran.

Tidak meletakkan steker di sembarang tempat [Sumber Gambar]
Nah, jadi bagi Sahabat Boombastis yang masih meletakkan steker di tempat-tempat tersebut, lebih baik segera dipindahkan deh. Ingat, air tidak hanya memicu kerusakan steker, tapi juga dapat menimbulkan korsleting listrik.

Itulah tadi cara menghindari korsleting listrik yang terjadi di rumah atau bangunan lain. Cukup sepele, namun berbahaya jika diabaikan begitu saja. Sehingga mulai sekarang, yuk terapkan cara-cara di atas untuk menghindari terjadinya kebakaran. Dan jangan lupa untuk sebarkan artikel ini kepada kerabat terdekatmu yakk..

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Suara Tangis Hingga Penampakan, Ini 5 Kengerian yang Tersisa dari Tragedi Bintaro

Gak Hanya Berprestasi, Inilah 4 Menteri yang juga Super Tajir di Kabinet Saat Ini