in

Jangan Panik! 3 Cara Ini Bisa Atasi Jok Motormu yang Terkunci

Kesulitan membuka jok motor memang merupakan suatu hal yang sungguh menyebalkan. Ya bagaimana tidak Sahabat Boombastis, fenomena ini bisa menyusahkan kita sebagai pengendara. Apalagi kalau posisi tangki bensin berada di bawah jok, wah bisa bikin pusing. Auto berjalan berdampingan dengan motor sampai rumah.

Kalau sudah begini, kita harus cari tahu dulu nih mengapa jok motor susahh sekali untuk dibuka. Biasanya ini terjadi lantaran rumah kunci sudah mengalami karatan. Jadi lubang tersebut sudah enggak sinkron lagi dengan si kunci. Nah, terus apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya?

Pinjam kunci sepeda motor lain yang mereknya sama

Pinjam kunci motor lain [Sumber Gambar]
Metode mudah pertama yaitu dengan meminjam kunci sepeda motor lain. Eits tapi motornya harus yang mereknya sama ya. Kalau tidak sama ya dijamin tidak akan terbuka sampai doraemon berubah jadi langsing. Nah, setelah kalian mendapatkan pinjaman, coba buka dengan kunci tersebut. Jika jok motor tetap tidak bisa terbuka, maka memang lubang kunci sudah mengalami kerusakan tuh.

Melumasi rumah kunci dengan cairan tertentu

Melumasi lubang kunci [Sumber Gambar]
Cara selanjutnya yang bisa Sahabat Boombastis lakukan adalah dengan melumasi rumah kunci.Tapi, untuk melumasinya harus menggunakan cairan tertentu ya. Contohnya seperti WD-40. Pelumas ini direkomendasikan karena bisa merontokkan karat yang ada di lubang kunci tersebut. Caranya cukup lumasi saja lubang kunci dan biarkan beberapa menit. Jika sudah, coba masukkan kuncinya ke dalam lubang secara perlahan. Kemudian putar kunci ke kanan dan ke kiri untuk membukanya.

Kalau dua cara di atas tak berhasil, coba metode satu ini

Bongkar body motor [Sumber Gambar]
Apa Sahabat Boombastis sudah mencoba keduanya dan belum berhasil? Ya itu derita kalian. Eh maaf-maaf, bukan begitu maksudnya. Cara terakhir yang bisa kalian lakukan hanyalah dengan membongkar body motor belakang. Jika sudah terbuka, maka bagian dalam lubang kunci sebaiknya disemprotkan menggunakan cairan WD-40 yang sudah dijelaskan sebelumnya. Ini dilakukan supaya rumah kunci tidak macet lagi.

Itulah tadi cara-cara untuk mengatasi jok motor yang sulit untuk dibuka. Nah, tapi sebelum mengakhiri artikel ini, Sahabat Boombastis perlu tahu nih apa penyebab dari jok yang susah dibuka. Selain rumah kunci sudah berkarat, penyebab selanjutnya bisa jadi lantaran lubang tersebut berdebu. Jadi untuk mencegahnya ya dengan memberikan pelumas WD-40 tadi secara rutin. Tapi dengan catatan, jangan terlalu banyak ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Bukannya Lari, Mas-mas Ini Tantang Pocong dengan Ketapel

Mengapa Trailer Film Dilan 1991 Rilis Tanggal 17 Januari?