in

Jangan Panik! Inilah Cara Ampuh untuk Mengatasi Smartphone yang Cepat Panas

Untuk kalian para pengguna smartphone, pasti sering melihat ponsel pintar mengalami suhu panas. Biasanya, itu disebabkan kita sudah terlalu lama menggunakan smartphone. Atau bisa juga karena kita memakai smartphone pada saat ia sedang diisi baterai. Mungkin ini adalah hal yang biasa nih bagi kita-kita, tapi suhu panas pada smartphone ternyata bisa berakibat fatal lho Sahabat Boom (Saboom). Misalnya aja ponsel pintar bisa meledak secara tiba-tiba.

Pasti kita enggak mau kan hal ini terjadi? Selain membahayakan bagi diri sendiri, hal tersebut bisa membuat kita merogoh kocek lebih dalam lagi. Maunya berhemat, malah jadi rugi besar. Nah, oleh karena itu kali ini Boombastis.com akan mengulas tentang bagaimana cara untuk mengatasi smartphone kita yang suhunya panas. Apa sajakah itu?

Menyimpan ponsel di tempat yang benar

Harus menyimpan ponsel di tempat yang benar [Sumber Gambar]
Hal yang satu ini sering sekali nih diabaikan oleh para pengguna ponsel pintar. Ya, apalagi kalau bukan tentang cara menyimpan handphone yang tepat. Biasanya para pemakai smartphone sering kali meletakkan ponselnya di sembarang tempat, misalnya di area yang panas. Padahal, menaruh smartphone di tempat yang panas bisa memicu suhu tinggi terhadap handphone. Nah, kalau sudah seperti itu, maka komponen pada handphone akan gampang rusak. Jadi, jangan diabaikan ya Saboom untuk tempat pemilihan ponsel yang benar.

Membersihkan android dari debu

Harus rajin membersihkan ponsel dari debu [Sumber Gambar]

Mungkin beberapa dari kalian belum tahu kalau debu bisa menyebabkan suhu panas yang berlebihan pada smartphone. Ya, benda kecil ini ternyata bisa mengakibatkan overheat pada handphone jika menempel di lubang-lubang kecil yang terdapat di body smartphone. Kalau debu sudah menempel terlalu lama pada komponen smartphone, maka suhu panas yang berasal dari dalam handphone akan lebih susah untuk keluar. Oleh karena itu, sebagai pengguna ponsel pintar, kita harus menjaga kebersihan dari handphone kita Saboom. Jangan biarkan debu menempel sedikitpun pada smartphone kesayangan kita.

Jangan salah pakai kabel charge

Jangan salah gunakan charger [Sumber Gambar]
Ada lagi nih Saboom untuk mencegah suhu panas supaya tidak terjadi di smartphone. Caranya adalah dengan memakai kabel charge yang benar. Maksudnya yaitu jangan pernah mengisi baterai ponsel pintar pada saat dengan kabel charge KW atau USB. Lantaran, kalau memakai kabel yang tidak asli, ponsel bisa mengalami konsleting sehingga menyebabkan suhu panas berlebihan lho. Nah, parahnya lagi kalau kabel charger KW terus menerus digunakan, smartphone bisa saja meledak dengan tiba-tiba.

Mengurangi multitasking

Kurangi multitasking di handphone [Sumber Gambar]
Hampir semua smartphone kini diciptakan dengan teknologi multitasking. Ya, itu difungsikan supaya pengguna ponsel pintar bisa melakukan dua hal sekaligus tanpa harus buka tutup aplikasi. Memang sih fitur tersebut lebih memudahkan manusia untuk menggunakannya, tapi kalau dipakai multitasking terus menerus, ponsel cenderung lebih cepat panas Saboom. Ini disebabkan ponsel harus bekerja lebih keras lagi ketika ia kudu menyelesaikan dua pekerjaan sekaligus. Jadi, untuk kalian yang suka sekali melakukan multitasking di smartphone, harus dikurangi ya. Supaya ponsel pintar suhunya normal dan tidak cepat panas.

Hapus file sampah

Harus rajin menghapus file sampah [Sumber Gambar]
Jangan pernah sepelekan file sampah yang ada di ponsel pintar. Sebab, selain membuat memori menjadi lebih penuh, data sampah tersebut ternyata juga bisa mengakibatkan ponsel cepat panas Saboom. Data-data yang tidak terpakai itu akan berpengaruh langsung kepada CPU dan RAM, sehingga memancing suhu panas pada ponsel. Untuk itu, kalian yang mengaku sayang kepada ponsel pintar harus lebih rutin nih untuk menghapus file-file sampah tersebut. Minimal satu kali dalam sehari ya menghapusnya, karena data sampah itu akan terus bertambah ketika kita membuka satu aplikasi saja. Kalau ingin lebih mudah untuk menghapusnya, bisa kok dengan bantuan aplikasi Clean Master.

Itulah lima cara mudah untuk mengusir suhu panas pada ponsel pintar. Sehingga kalian tidak perlu khawatir lagi dengan smartphone yang tiba-tiba panas. Dijamin dengan kelima cara tersebut, ponsel kalian akan tetap dalam suhu yang normal. Selamat mencoba ya Saboom, semoga artikel ini bermanfaat..

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Punya Senjata Nuklir, Namun Inilah 5 Senjata Korut ‘Usang’ Korut Bukti Alusistanya Masih Udik

Digadang-gadang Jadi Bintang Masa Depan, Beginilah Nasib Mengejutkan Okto Maniani Sekarang