in

Bura, Pahlawan Indonesia Kebal Bacok yang Bikin Belanda Frustasi Parah

Siasat busuk Belanda untuk melenyapkan Bura

Kehabisan akal untuk menangkap Bura, akhirnya penjajah melakukan siasat licik. Mereka menyandera ibu Bura untuk mengungkapkan kelemahan dari sosok pahlawan tangguh itu agar dapat dibinasakan. Tidak sampai di situ, bahkan Belanda menyewa beberapa mata-mata pribumi untuk mendekat pada Bura dan akhirnya menghianatinya demi uang.

Belanda dendam pada Bura [sumber gambar]
Lantaran tidak punya pilihan lain, akhirnya Bura menyerahkan diri dan mengungkapkan kelemahannya agar ibunya masih bisa selamat. Tak pandang bulu, Bura langsung ditangkap oleh Belanda dan dijatuhkan hukuman. Sangat keji, Balanda membakar hidup-hidup Bura hingga menjadi abu. Beruntung, meskipun Bura telah tiada, namun semangatnya masih ada, sehingga para pejuang yang lain waktu itu bisa mempertahankan kembali kemerdekaan Indonesia.

Wasiat Bura bukti kalau ia adalah seorang pahlawan sejati

Sebelum menyerahkan diri kepada Belanda, Bura sempat memberikan wejangan pada keturunannya. Ia berpesan agar anak cucunya tidak meminta hak ‘gelar pahlawan’ pada pemerintah. Bura ingin agar perjuangannya murni biar Allah SWT yang menilai saja, masalah rezeki pasti akan jalannya sendiri.

Makam Bura selalu ramai [sumber gambar]
Namun demikian, penduduk setempat yang tahu perjuangan besar Bura akhirnya membangun sebuah monumen tugu sebagai penghargaan sekaligus tempat untuk mendoakannya. Tugu itu sendiri dibangun di tempat ia dibakar hidup-hidup. Pada hari pahlawan, biasanya banyak orang yang datang ke sana untuk mendoakan sosok pahlawan Bura.

BACA JUGA: Kisah Mohammad Sjafei, Pendiri Sekolah Rakyat yang Melawan Belanda Lewat Pendidikan

Bura menjadi simbol pahlawan sejati di negeri ini. Tak mengharapkan imbalan apapun, hanya ridha Allah semata dan rasa cinta kepada tanah air. Masih belum terlambat, mari sama-sama kita bangun negeri ini agar perjuangan Bura dan pahlawan yang lain tidak sia-sia

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Pilkada Sebentar Lagi, Ini Lonjakan Mengkhawatirkan Pandemi Covid-19 di Indonesia

Google Hingga Barbie, Inilah 4 Sekte Baru dengan Sesembahan yang Unik