in

5 Bintang Jasa di Dalam dan Luar Negeri Ini Jadi Bukti Hebatnya Jenderal TNI Djoko Santoso

Mantan Panglima TNI periode 2007-2010 Jenderal (Purn) Djoko Santoso dikabarkan telah meninggal dunia pada Minggu (10/5/2020), setelah sebelumnya sempat menjalani operasi di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) usai mengalami pendarahan di otak. Untuk menghormati dirinya, seluruh jajaran TNI di Indonesia mengibarkan bendera setengah tiang sejak 10 hingga 17 Mei 2020.

Sebagai mantan orang nomor satu di tubuh TNI, Djoko Santoso memiliki sederet penghargaan bergengsi selama karirnya di dunia militer. Salah satunya adalah penghargaan berupa bintang jasa yang berhasil diraihnya. Baik dari dalam maupun luar negeri. Apa saja, simak ulasan Boombastis berikut ini.

Bintang Kartika Eka Paksi Utama

Bintang Kartika Eka Paksi Utama [sumber gambar]
Bintang jasa yang dikeluarkan oleh TNI Angkatan Darat ini diberikan kepada anggota korpsnya, yang memiliki jasa besar di bidang militer. Mereka yang dianugerahi medali ini, telah menunjukkan kemampuannya sebagai prajurit TNI, menjalankan kebijaksanaan ketentaraan, dan jasa-jasa luar biasa yang melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

Satyalancana Seroja atas jasa-jasa di konflik Timor-Timur

Medali Satyalancana Seroja [sumber gambar]
Semasa aktif sebagai perwira TNI, Djoko Santoso sempat ditugaskan dalam beberapa misi militer seperti Operasi Seroja pada 1976, 1981, dan 1988. Atas jasanya itu, ia dianugerahi Satyalancana Seroja. Secara umum, tanda jasa tersebut diberikan kepada mereka yang ikut memberikan sumbangsihnya dalam menjaga keamanan NKRI berupa penanggulangan kelompok pengacau keamanan di Timor- Timur.

Bintang Mahaputera Adipradana

Bintang Mahaputera Adipradana [sumber gambar]
Pada saat peringatan HUT ke-66 TNI tahun 2011, Mantan Panglima TNI Jendral (Purn) Djoko Santoso dianugerahi tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adi Pradana oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Penghargaan ini diberikan pada mereka yang berjasa secara luar biasa di bidang militer, dan merupakan Tanda Kehormatan tertinggi setelah Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia.

Pingat Jasa Gemilang dari militer Singapura

Pingat Jasa Gemilang militer Singapura [sumber gambar]
Jenderal TNI Djoko Santoso juga pernah dianugerahi tanda jasa dari militer Singapura, yakni Pingat Jasa Gemilang. Bukan sembarang penghargaan, lencana tersebut diberikan kepada anggota Angkatan Bersenjata Singapura yang memiliki kinerja luar biasa, maupun prajurit negara asing yang berhasil meningkatkan hubungan baik dengan militer negeri Singa tersebut.

Pahlawan Gagah Angkatan Tentera Malaysia

Lencana Pahlawan Gagah Angkatan Tentera Malaysia [sumber gambar]
Hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dan Malaysia juga membuahkan sejumlah penghargaan antar kedua belah pihak. Salah satunya adalah Jenderal TNI Djoko Susanto yang menerima tanda jasa berupa Pahlawan Gagah Angkatan Tentera (PGAT). Selain dianugerahkan kepada Pahlawan Angkatan Bersenjata Malaysia (DKAT) di matra Darat, Laut, dan Udara, penghargaan tersebut juga diberikan kepada Panglima Militer negara asing.

BACA JUGA: 5 Penghargaan Level Dunia Bu Susi Ini Bikin Bungkam DPR yang Dulu Pernah Menghinanya

Berpulangnya Jenderal (Purn) Djoko Santoso membuat banyak orang-orang terdekatnya merasa kehilangan. Salah satunya adalah Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sebagai rekan sesama militer, Prabowo menilai , Djoko Santoso merupakan sosok yang memiliki integritas tinggi dan tipe prajurit sejati. Selamat jalan Jenderal.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

4 Fakta Ayah Angkat Syahrini dan Kemunculannya yang Bikin Heboh Publik

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari ini, 13 Mei 2020