in

Harus Tempuh 2 Jam di Lautan, Seorang Bidan Bantu Persalinan Ibu Hamil di Atas Perahu

Persalinan merupakan momen di mana seorang ibu berjuang antara hidup dan mati demi menghantarkan buah hatinya ke dunia dengan selamat. Dalam momen ini, seorang ibu biasanya dibantu oleh dokter maupun bidan. Peran mereka sangatlah penting, karena keselamatan ibu dan bayi, selain atas takdir Sang Pencipta juga bergantung pada mereka. Sebab itulah, dokter atau bidan dituntut untuk selalu cekatan dan paham situasi.

Seperti aksi bidan heroik yang sempat viral beberapa saat lalu. Dalam video tersebut diperlihatkan perjuangan seorang bidan yang membantu proses persalinan di tempat yang tidak biasa. Aksinya kemudian menuai pujian dari netizen. Seperti apa selengkapnya?

Video bidan bantu persalinan di atas perahu saat di tengah laut

Sudah menjadi tugas seorang bidan untuk selalu sigap dalam membantu proses persalinan. Ini terbukti nyata dari sebuah video yang belakangan sempat viral. Seorang bidan diketahui melakukan proses persalinan di atas perahu yang tengah mengarungi lautan. Ia tidak terlihat panik dan tenang ketika menyelesaikan tugasnya.

@sabrimasir

perjuangan nakes bidan @awantipangas dan @tania_ahmad #fyp #fypシ #bidan #nakes #midwife #kesehatan #pejuang #vidioviral #viral #kemenkesri

♬ Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti – Anneth

Diketahui bidan sigap ini bernama Awanti Pangas. Ia dan rekan sedang membawa seorang ibu hamil beresiko tinggi menuju Rumah Sakit Umum Daerah Banggai. Namun, belum sampai daratan, sang ibu mengalami kontraksi hebat dan harus melahirkan. Beruntung, bidan Awanti dan rekan mampu menyelamatkan ibu dan bayinya.

Kronologi aksi heroik bidan bertugas di tengah lautan

Pada video yang viral di berbagai media sosial, disebutkan bahwa bidan ini bernama Awanti Pangas A.Md.Keb. Ia merupakan salah satu tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Lantibung Banggai Laut. Tak banyak informasi yang menyebut tentang bidan Awanti, namun saat kejadian heroik ini terekam, ia sedang bersama seorang rekan lain yang diketahui bernama Antania Ahmad.

Video Tiktok bidan Awanti [Sumber gambar]
Pada Media Sulawesi, Antania menceritakan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada Rabu, 22 Juli 2021 sekitar pukul 16:30 WITA. Pasien yang merupakan ibu hamil usia tua ini memiliki resiko tinggi, sehingga dirujuk ke Rumah Sakit Umum Banggai. Namun perjalanan yang ditempuh harus melalui lautan dengan waktu perjalanan kurang lebih dua jam. Di tengah perjalanan, sang ibu mengalami kontraksi dan harus ditolong dengan peralatan medis seadanya. Setelah lahir, perahu pun putar balik dan kembali ke Puskesmas Lantibung.

Aksi bidan Awanti tuai pujian dari netizen

Video viral ini banyak ditemukan di Instagram, Twitter, dan juga Tiktok. Salah satunya diunggah oleh akun @kamerapengawas di Instagram. Video di akun ini sudah dilihat oleh banyak orang dengan kolom komentar yang penuh dengan pujian. Meski ada juga yang menyinggung soal hal lain, seperti sosok bapak-bapak di dalam video.

Komentar netizen mengenai video bidan Awanti [Sumber gambar]

Seperti akun @ifnumiggerclashers yang menyebut bahwa bidan seperti bidan Awanti ini semestinya mendapatkan gaji yang besar karena berjasa untuk rakyat. Ada juga netizen-netizen lain yang salah fokus dan berkomentar tentang sosok bapak-bapak di belakang bidan Awanti. Mereka mempertanyakan mengapa si bapak ini berkali-kali menoleh dan melihat proses persalinan. Mungkin si bapak ini suaminya ya? Hehe.

BACA JUGA: Sedih! Karena Keterbatasan Ekonomi, Ibu Ini Melahirkan di Gerobak dan Bayinya Dirawat di Tepi Jalan

Di tengah kabar-kabar duka yang menyelimuti beberapa waktu belakangan ini, kisah bidan Awanti sedikit menghangatkan hati. Beruntung sang ibu dan bayi laki-laki tersebut berhasil diselamatkan karena kesigapannya. Semoga di luar sana ada banyak juga sosok tenaga kesehatan seperti bidan Awanti.

Written by Alenka

Lord Adi, Petani Cabai Sumatra Barat yang Selalu Naik Tahta Berkat Bakat Unik di MasterChef

Setelah Sempat Menanti 14 Tahun untuk Menikah, Ini 10 Potret Bahagia Raja dan Ratu Bhutan