in

Rincian Biaya Pacaran VS Taarufan Beredar di Dunia Maya, Kata Netizen “Itu Mengada-Ada”

Memang yang namanya menikah adalah impian semua orang. Namun demikian kadang untuk sampai pada tahap itu perlu melalui banyak kendala. Salah satunya adalah biaya luar biasa mahal yang kadang membuat para pejuang cinta jadi patah semangat. Akan tetapi, namanya demi cinta, semahal apapun bakal dijabani.

Masih soal pernikahan, beberapa waktu yang lalu postingan mengenai biaya pacaran vs taarufan sebelum menikah menjadi perbincangan para netizen. Alih-alih setuju, postingan tersebut malah dianggap mengada-ada dan menimbulkan banyak pertanyaaan. Lalu kenapa postingan dengan tujuan baik itu malah dipertanyakan kebenarannya? Simak ulasan berikut.

Beredar postingan mengenai biaya pasaran vs Taarufan

Sempat menjadi bahan omongan di media sosial tentang sebuah postingan salah satu fanpage mengenai perbandingan biaya pacaran dengan ta’arufan. Ya, berdasarkan postingan tersebut, diketahui kalau rupanya biaya pacaran jauh berbeda dengan taarufan.

biaya taaurfan [image source]
Oleh sebab itu, melalui postingan tersebut, pemilik fanpage mengajak para netizen untuk memikirkan kembali agar lebih memilih yang lebih murah saja, toh kembali lagi tujuannya kan buat cepat menikah. Meskipun mempunyai tujuan yang baik, rupanya banyak netizen yang tidak setuju dengan postingan tersebut karena dianggap mengada-ada karena banyak kejanggalan di dalamnya. Lalu apa saja yang membuat netizen jadi pada geram ya?

Perhitungan yang dianggap ngawur oleh netizen

Satu hal yang sebenarnya jadi kontroversi adalah perhitungan yang dianggap ngawur oleh netizen. Bayangkan saja, rupanya ada paket pernikahan yang hanya 10 juta di zaman sekarang ini. Memang bisa asalkan nikah massal, model resepsi out door, tidak ikut pihak ketiga sehingga memangkas biaya, dan lain-lain. Pasalnya zaman sekarang ini, terutama daerah kota, paket nikah minimal adalah 20 juta, hal inilah yang membuat netizen jadi bertanya-tanya tentang kebenaran dari postingan yang satu ini.

Proses Ta’aruf [image source]

Belum lagi harga rumah kontrakan yang hanya 600 ribuan jadi sebuah tanda tanya besar. Apakah  memang itu harga cicilannya tiap bulan?  atau kedua mempelai ini hanya ngekos di rumah kontakan itu, masih belum jelas sampai sekarang.

Komentar netizen soal postingan biaya pacaran vs taarufan

Seperti yang diketahui, postingan mengenai biaya pacaran vs taarufan ini memang mengundang banyak respons dari netizen. Kebanyakan dari mereka memang memprotesnya lantaran hitungan yang sangat tidak realistis. Bahkan banyak dari mereka mengeluarkan terstimoni kalau zaman sekarang gak ada biaya pernikahan macam seperti itu, kecuali zaman orde baru.

chat netizen

Meskipun begitu, juga banyak dari mereka yang juga mengapresiasi pembuat postingan ini lantaran ingin mengajak para netizen untuk lebih taarufan ketimbang pacaran karena dinilai lebih halal. Semua kembali pada masing-masing sih mau pilih yang mana.

Nikah murah 10 juta apa masih mungkin?

Kembali lagi masalah nikah super murah sebelumnya, kira-kira mungkin tidak sih dengan biaya hanya 10 juta? Kalau zaman sekarang, paket premium macam begitu bisa dibilang hampir tidak ada, namun bisa saja kita mengakalinya dengan mengkonsep pernikahan sendiri tanpa ikut pihak ketiga. Mulai dari dekorasi, penyewaan, rias pengantin dan lain-lain, pilih yang paling murah. Atau kalau tidak, juga bisa ikut nikah massal untuk meringankan banyaknya pengeluaran.

nikah dan adat

Sejatinya memang nikah itu murah, hanya modal mas kawin dan beberapa syarat agama yang lainnya. Akan tetapi yang bikin mahal itu gengsinya serta beberapa adat yang memang mewajibkan mas kawin yang luar biasa banyak. Namun tidak bisa disalahkan juga sih, soalnya namanya budaya pasti ada latar belakangnya kenapa begitu.

Terlepas dari semua itu, sebenarnya inti dari postingan tersebut adalah mengajak untuk segera menghalalkan calon pasangan, meskipun perhitungannya banyak di protes netizen. Paling tidak postingan tersebut menyadarkan kita agar serius dalam menghalakan si calon, agar tidak merasa di PHP terus, ketimbang nantinya jatuh ke tangan orang lain.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Ini Nih 6 Tips Aman Biar Nggak Ketipu Ketika Beli Handphone Berlabel ‘Batam’

Inilah 4 Darah Indonesia di Lapangan Eropa yang Sangat Cinta Mati dengan Bumi Pertiwi