in

Dimarahi CCTV Lalu Lintas, Pengendara Motor yang Injak Zebra Cross Langsung Mundur Teratur

Lalu lintas di Indonesia tidak pernah lepas dari kelakuan nyeleneh para pengguna jalan. Hal itu pasti membuat semua orang geram karenanya. Salah satunya adalah para pengendara motor atau mobil berhenti di zebra cross pada saat lampu merah. Padahal, seperti yang kita tahu kalau zebra cross adalah tempat orang untuk menyeberang jalan.

Seperti yang terjadi di Bandung beberapa waktu lalu. Ada banyak pengendara motor yang berhenti di zebra cross pada saat lampu merah. Seketika itu, petugas yang melihatnya dari kamera cctv, langsung memarahi mereka yang menginjak zebra cross. Akhirnya, dengan wajah panik, mereka semua langsung mundur teratur supaya tidak ditegur lebih lanjut oleh pihak kepolisian.

https://www.instagram.com/p/Biwf1gLlPAq/?taken-by=bandungnet

Nah, memang sebenarnya hal satu ini wajib sekali ditindaklanjuti. Jangan pernah untuk didiamkan saja karena bisa merugikan orang lain. Zebra cross kan berfungsi untuk penyeberangan jalan. Nah, kalau itu diinjak oleh para pengendara, orang yang jalan kaki harus lewat sebelah mana. Jangan mentang-mentang kalian berada di jalan, jadi bisa seenaknya saja menginjak zebra cross yang jelas-jelas bukan hak dari pengemudi kendaraan.

Kalau kita melihat beberapa pengendara seperti itu di jalan, pasti masih belum ada tindakan dari polisi lalu lintas. Padahal sebenarnya, perbuatan tersebut sudah ada peraturan tertulis lho di undang-undang. Aturannya berada pada pasal 106 ayat 2 yang berbunyi para pengendara harus mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda. Ditambah dengan ayat 4 yaitu setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib mematuhi ketentuan, rambu lalu lintas, marka jalan dan lain sebagainya.

Berhenti di zebra cross [Sumber Gambar]
Kemudian pada pasal 284 tercantum kalau setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor tidak mengutamakan keselamatan pejalan kaki atau pesepeda dapat dipidana kurungan paling lama dua bulan atau denda maksimal Rp500ribu. Sebenarnya, aturan tersebut sudah cukup bagus kalau benar-benar diterapkan. Paling tidak, itu bisa membuat para pengendara kapok dan pasti tidak akan berani untuk mengulanginya lagi.

Belajar dari kejadian di atas, seharusnya para pengendara sudah mulai sadar akan kesalahannya selama ini. Jadi, mulai sekarang yuk deh menghormati para pejalan kaki, karena mereka punya hak untuk menyeberang menggunakan fasilitas tersebut. Jangan pernah untuk berhenti tepat di zebra cross karena itu bukan hak dari para pengendara.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Fitnah Racun Sampai Sepi Order, Ini Cerita Driver Go-Jek yang Menderita Gara-gara Kasus Bom

Semakin Canggih, Waspadai 5 Modus ISIS Dalam Merekrut Warga Indonesia untuk Jadi Pelaku Bom