in

7 Benda Mistis Penyimpan Roh Paling Unik Dalam Sejarah!

Beberapa orang memasangkan kalung atau cincin di tubuh anaknya yang masih kecil. Kalung itu biasanya berisi sebuah doa-doa atau mungkin sesuatu yang tak tampak. Kita lebih suka menyebutnya dengan jimat. Benda yang dipercaya mampu memberikan perlindungan dari serangan makhluk gaib atau niat buruk orang lain.

Baca Juga : 8 Perayaan Pemuja Satan dari Seluruh Dunia!

Di belahan bumi lain di dunia ini, praktik jimat atau benda yang diisi oleh roh ternyata banyak sekali. Beberapa bahkan memiliki fungsi yang sangat mengerikan hingga membuat manusia jadi sial. Langsung saja, inilah tujuh benda penyimpan roh paling unik dalam sejarah umat manusia!

1. Tsantsa

Tsantsa adalah sebuah wadah penyimpan roh yang memiliki bentuk seperti kepala manusia. Namun dibuat agak lebih kecil lengkap dengan rambut, hidung hingga mulutnya. Tsantsa dibuat oleh suku di Afrika Selatan yang bernama Shuar dan Jivaro. Mereka akan mengukir kayu lalu dipulas dengan warna alami dari batu bercampur tumbuhan.

Tsantsa [image source]
Tsantsa [image source]
Suku Jivaro biasanya mengisi benda yang mirip gantungan kunci ini dengan roh yang berkeliaran di alam bebas. Roh ini sendiri ada dua macam, pertama bernama arutam atau roh baik dan kedua bernama roh muisak yang dikenal sebagai roh jahat. Muisak kerap merasuki manusia hingga ia berbuat buruk, untuk itu perlu diambil dan dimasukkan ke dalam Tsantsa agar tidak membuat banyak seklai kerusakan di luar sana.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Bocah Jenius yang Punya Pekerjaan Lebih Keren dari Kamu

5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan