in

Tisu Bekas sampai Celana Dalam, 6 Benda Biasa Ini Dijual dengan Harga Miliaran Rupiah

Jika mendengar harga miliaran rupiah, tentu yang tersirat dalam benak kita adalah sebuah permata, emas mewah, atau barang-barang kuno berharga. Tapi, tahukah kalian bahwa barang yang menurut kita murahan, justru bisa menjadi sesuatu yang berharga dan bernilai tinggi?

Yap, siapa sangka bahwa sebuah tisu atau bahkan celana dalam dihargai dengan nilai fantastis, yakni miliaran rupiah. Jadi, apa sebenarnya yang membuat barang-barang biasa dan terkesan murahan itu menjadi barang mewah?

Tisu bekas air mata Messi

Lionel Messi saat melakukan koferensi pers di Stadion Camp Nou Barcelona pada 8 Agustus 2021 [sumber gambar]
Berapa harga termahal dari tisu yang kalian beli? Rp10 ribu, Rp20 ribu? Bagaimana jika ada orang yang membandrol tisu dengan harga mencapai Rp15 miliar? Dilansir dari laman Kompas, seorang penjual mengekalim bahwa tisu seharga Rp15 miliar tersebut milik Lionel Messi, yang digunakan untuk mengelap air matanya saat melakukan pidato perpisahan dari Barcelona. Ia menjual tisu tersebut di situs jual beli popular dengan harga 1 juta dollar AS.

Celana dalam produk keturunan samurai

Sebuah celana dalam bernama “The Only Panties Like This in The World” di situs belanja online Tagboat di Jepang. Nggak tanggung-tanggung, dalaman ini dibanderol setara dengan harga Rp11 miliar. Tak ada yang mewah, hanya sebuah kain sutra tanpa aksen permata. Celana dalam tersebut bukan dijual oleh seorang desainer handal, melainkan seorang seniman bernama Samurai Masa.

Foto celana dalam yang diunggah di situs online Tagboat [sumber gambar]

Masa mengungkap jika seorang titisan samurai di zaman sekarang tak perlu lagi menggunakan sebilah pedang, tetapi sebuah celana dalam. Ada alasan khusus bagi Samurai Masa menjual celana dalam dengan harga fantastis. Hal tersebut dilakukan untuk mengkritik sistem kapitalisme yang sedang berkembang di masyarakat.

Tokek seharga 10 miliar

Sebuah akun instagram @ndorobei sempat mengunggah video transaksi jual beli tokek berwarna putih dengan ukuran lebih dari 45 cm. Dalam video tersebut, terdengar ucapan si perekam mengucapkan bahwa transaksi tersebut terjadi pada tanggal 9 Maret 2021, di mana sejumlah uang senilai Rp10 miliar sudah dibayarkan secara tunai untuk membeli tokek putih milik Mamik dari Magelang.

Seorang pria dengan tokek di tangannya melakukan transaksi jual beli [sumber gambar]
Hartomi, sang pembeli, tentunya tak membeli tokek tanpa alasan meski ia tahu tokek memiliki harga ratusan juta hingga miliaran rupiah. Pasalnya, masyarakat pun percaya jika tokek menjadi obat penyembuh HIV/AIDS dan kanker. Namun, ada pula netizen yang menyangka jika video yang dibuat hanyalah settingan semata.

Ikan arwana putih yang langka

Ikan arwana putih yang semakin sulit ditemukan [sumber gambar]
Ikan arwana putih, atau tepatnya berwarna silver, merupakan hasil mutasi genetis yang sangat langka ditemukan di pasaran. Ikan ini juga terancam punah dan sangat sulit dikembangbiakkan. Selain karena ancaman kepunahan, arwana putih dipercaya sebagai ikan naga dalam budaya Asia. Arti dari ikan naga adalah membawa keberuntungan dan kesuksesan bagi yang memelihara. Inilah yang menyebabkan harga beli ikan arwana putih melambung mencpai US$ 430 ribu atau sekitar Rp5 miliar.

Tanaman hias popular dunia

Sudah bukan hal baru jika pegiat tanaman akan berlomba-lomba mendapatkan tanaman hias yang jarang ditemukan dan populer. Nah, beberapa tanaman di dunia ternyata memiliki harga yang fantastis loh. Sanseviere Kirkii Silver Blue atau lidah mertua dibanderol dengan harga sekitar Rp10 juta per daunnya. Tanaman ini disebut sebagai obat diabetes hingga kanker ganas.

Salah satu Bonsai seharga 1 miliar yag dipamerkan di Surabaya [sumber gambar]
Pada tahun 2009 lalu, tanaman kamboja Jepang atau Adenium, pernah ditawar sebesar Rp500 juta. Pecinta bonsai pun pasti paham bahwa tanaman unik ini bisa dijual dengan harga Rp1 miliar karena perawatannya yang agak sulit. Anggrek Shenzhen Nongke yang dibeli dengan harga Rp2,6 miliar pada 2005 karena termasuk tanaman yang sangat langka dan hanya ada di laboratorium Agricultural Research Corporation Shenzhen Nongke.

Nomor HP cantik di China

Di China, sebuah nomor HP terjual dengan harga 2,25 juta Yuan atau sekitar Rp4,7 miliar. Nomor tersebut memiliki angka 8 sejumlah lima buah. Warga China percaya bahwa angka 8 memiliki makna keberkahan yang berlimpah. Sementara bagi masyarakat Tionghoa, angka 8 berarti kesejahteraan hidup.

Ilustrasi nomor hp cantik [sumber gambar]
Nomor tersebut rupanya dijual denga proses lelang online, yang diselenggarakan pada 16 Agustus 2020 lalu. Nomor tersebut diketahui milik seorang terdakwa yang dilelang oleh pengadilan. Pada tahun 2017, nomor handphone di China juga pernah terjual dengan harga 3,91 juta Yuan atau setara Rp83 miliar.

BACA JUGA: 5 Barang Super Mahal yang Bahkan Orang Kaya Tak Sanggup Membelinya

Harga yang fantastis untuk barang yang kita anggap murah ya. Terlepas dari segala alasan tingginya harga, tentu hanya beberapa orang saja yang berani menggelontorkan dana  sedemikian banyak.

Written by Dessy Humairoh

Ratu Narkoba Meirika Franola, Tetap Bisnis Narkoba di Penjara sampai Divonis Mati Dua Kali

Viral, Aktor FTV Ganteng Ini Banting Setir jadi Penjual Seblak Kaki Lima