Belakangan nama Anji seperti tak habis-habis dibicarakan. Sejak mengkritik foto jenazah Covid-19, sepertinya apapun yang dilontarkan setelahnya oleh mantan pentolan grup band Drive ini bagai bara api yang bikin publik gaduh. Layaknya yang terjadi pada Jerinx SID beberapa waktu lalu.

Anji pun panen cibiran dan kritikan. Bahkan potongan videonya bersama Ariel baru-baru ini diunggah ulang oleh warganet, seolah ingin menyindir Anji agar tidak berbicara di luar kapasitasnya. Nampaknya, cukup menarik untuk membahas sepak terjang kedua musisi yang sudah malang melintang dan punya kharisma di hati masing-masing penggemarnya ini.

Sama-sama besar dengan nama band, Anji akhirnya pilih solo karir

Ariel dengan Peter Pan (kiri), Anji dan Drive (kanan) [Sumber Gambar]
Ariel dan Anji sama-sama bernaung dalam grup band mereka, Peter Pan dan Drive. Sobat Boombastis pasti kenal banget dengan lagu-lagu mereka yang booming dari speaker warnet, layar kaca, soundtrack sinetron, hingga panggung musik. Ariel akhirnya hengkang dari Peter Pan bersama beberapa rekannya, membentuk Noah dengan musik yang lebih matang dan bening di kuping. Sementara Anji, meninggalkan Drive dan memilih solo karir. Alih-alih meredup, keduanya sama-sama makin populer di era milenial ini.

Punya masalah asmara masing-masing yang sempat disorot publik

Ariel punya banyak cerita dengan wanita yang lalu lalang dalam hidupnya. Sebut saja Sarah Amalia, Luna Maya hingga Sophia Latjuba. Meski sempat berlabuh ke pelaminan dengan Sarah Amalia, tak lama kemudian mereka berpisah. Ariel kembali bertualang cinta dengan kisah yang putus nyambung. Hingga saat ini, ayah satu anak ini masih betah sendiri dan tak terikat komitmen pernikahan.

Soal asmara, Ariel dan Anji punya pilihan masing-masing [Sumber Gambar: Instagram/arielnoah, duniamanji]
Asmara Anji pun tak kalah rumit dari Ariel. Nama Sheila Marcia, Rini Wulandari hingga Wina Natalia mewarnai petualangan cintanya. Dari Sheila Marcia, Anji memiliki seorang putri yang sangat disayanginya. Pelantun lagu ‘Dia’ ini juga memilih untuk berkomitmen dalam rumah tangga bersama Wina Natalia dan dikaruniai lagi 2 orang anak.

Sama-sama rasakan kerasnya hujatan publik

Jika ada sandungan paling berat sepanjang karir Ariel Noah, adalah skandal videonya bersama beberapa wanita. Untuk itu, ia harus menghadapi proses persidangan dan penahanan yang cukup panjang. Banyak yang mengira popularitas Ariel akan buyar setelah itu semua. Nyatanya, kini ia sudah lebih hati-hati dalam bertindak, bersikap dan bicara, serta kembali bersinar bersama karya-karya Noah.

Ariel jalani persidangan (kiri), Ariel kembali berkibar dengan Noah (kanan) [Sumber Gambar: Instagram/arielnoah]
Anji pun pernah berada di titik terendah. Salah satunya ketika di tahun 2010, publik geger dengan pengakuan bahwa anak yang dikandung Sheila Marcia adalah darah dagingnya juga. Mengaku sempat dicap tidak bertanggung jawab oleh banyak pihak, Anji memenuhi konsekwensi dari perbuatannya, hingga detik ini. Malah perjalanannya sebagai seorang ayah terbilang unik dan mengesankan

Hubungan keluarga yang unik dengan masa lalu dan masa kini Anji [Sumber Gambar: Instagram/duniamanji]
Bagaimana ia berusaha menjadi ayah yang baik bagi Leticia (putrinya bersama Sheila Marcia), menjadi ayah dari kedua darah dagingnya bersama Wina Natalia, serta bagi kedua anak dari sang istri dan pernikahannya terdahulu. Pahit manis fatherhood yang ia alami, sering dibagikan menjadi inspirasi keren di channel Youtube maupun Instagram.

Berkecimpung di Youtube, Anji lebih interaktif dibanding Ariel

Seperti kita ketahui, semakin banyak netizen yang memiliki channel Youtube sendiri saat ini. Termasuk di antaranya artis dan musisi seperti Ariel dan Anji. Namun untuk urusan konten Youtube, agaknya Anji lebih banyak variasi dan interaksi dibandingkan dengan pentolan band Noah itu.

Ariel Noah lebih santai dalam mengisi konten di channel Youtubenya [Sumber Gambar: Instagram/arielnoah]
Jika Ariel mengisi channel Youtubenya dengan dokumentasi harian, sesekali hobi motor dan action figure, serta sesekali karya musiknya. Anji cenderung membangun channelnya dengan lebih konseptual, seperti rekannya, Deddy Corbuzier. Misalnya di Channel Dunia Manji, ia berbagi podcast atau mengundang nara sumber, membahas tentang isu sosial dan musik. Ada kalanya di channel yang sama, Anji membuka corong klarifikasi atas konflik yang terngah dibicarakan publik. Sedangkan di Channel Keluarga Kece, Anji berbagi serba-serbi mengenai keluarganya yang juga tak kalah menarik.

Anji aktif membuat konten di channel Youtubenya dengan lebih konseptual [Sumber Gambar: Instagram dan Youtube/Dunia Manji]
Namun, belakangan ini salah satu konten di Dunia Manji tersebut yang sempat ramai dibahas warganet, karena dianggap mengundang nara sumber yang tidak kompeten untuk membicarakan Covid-19, Hadi Pranoto. Di mana hal ini dikhawatirkan misleading atau salah kaprah. Oleh karena itu potongan video Anji dan Ariel yang diunggah Juni lalu, diungkit kembai ke permukaan, di mana dalam video itu, Ariel ditanya Anji kenapa dirinya tidak lebih speak-up.

Ariel mengaku bahwa dirinya malas untuk bicara di depan publik, karena konsekwensi dan impactnya besar jika ia tidak benar-benar kompeten menyampaikan sesuatu hal. Selain itu, perlu memperhatikan siapa yang jadi lawan bicara atau menanggapi apa yang ia sampaikan. Oleh karenanya, Ariel memilih menghindari buang energi atas resiko aneh-aneh seperti asumsi dan pembelokan bahasan ke mana-mana.

BACA JUGA: Komentari Foto Jenazah COVID-19 hingga Hadi Pranoto, Kontroversi Anji Ini jadi Sorotan

Sudah menjadi resiko sebagai figur publik, bahwa apa yang disampaikan bisa jadi bumerang buat image sendiri. Namun hal ini juga sesuatu yang umum terjadi. Ada saatnya, pandangan sosok berpengaruh tak sejalan sehingga menimbulkan kegaduhan sosial. Tapi pada waktunya pula, opini dan respon publik berbalik, mengembalikan nama serta predikat sang artis di atas angin.