in

5 Barang Tak Biasa yang Jadi Ekspor Andalan Korea Utara

Lantaran berbagai alasan, Korea Utara menjadi salah satu negara yang tidak diprioritaskan di dalam hal apa pun. Lebih-lebih soal ekonomi. Sudah lama negaranya si Kim Jong Un ini dikucilkan oleh dunia. Salah satunya lewat aksi embargo yang dilakukan negara-negara barat. Kenapa hal ini dilakukan tentu ada alasannya, namun yang paling utama adalah masalah ideologi serta kepemilikan senjata semacam nuklir dan sebagainya.

Baca Juga : 10 Fakta Tentang Korea Utara Yang Bikin Kamu Tercengang

Dari fakta tersebut kita mungkin bertanya-tanya, dari mana sumber pendapatan negara ini? Ya, meskipun dikucilkan sedemikian rupa di kancah perekonomian dunia, ternyata Korea Utara punya aktivitas perdaganganan internasional berbentuk ekspor yang cukup menguntungkan. Uniknya, barang-barang yang dikirim ke luar negeri bukanlah yang mainstream alias unik dan nyleneh.

Nah, kira-kira barang-barang apa saja sih yang sering diekspor Korea Utara yang katanya tidak biasa itu? Berikut ulasannya.

1. Misil Balistik

Sempat disinggung di bagian pembuka, salah alasan kenapa Korea Utara dimusuhi banyak negara di dunia adalah gara-gara kepemilikan senjata berat. Meskipun demikian, hal tersebut justru menguntungkan di sisi yang lain. Ya, siapa sangka jika ini jadi salah satu komoditi ekspor paling menghasilkan. Misil balistik adalah salah satu andalan mereka di pasar dunia. Setidaknya, tiap tahunnya Korut menghasilkan sekitar $ 10 juta dari penjualan misil ini.

Penjualan mMisil balistik jadi salah satu pemasukan terbesar Korea Utara [Image Source]
Penjualan mMisil balistik jadi salah satu pemasukan terbesar Korea Utara [Image Source]
Pelanggannya sendiri rata-rata adalah negara-negara rawan konflik, misalnya saja Pakistan dan Iran yang konon adalah pelanggan setia Korea Utara. Karena persenjataan berat adalah pendapatan yang tergolong besar, maka Korut pun tidak henti-hentinya untuk memproduksi benda mematikan yang punya daya hancur luar biasa ini. Namun, Korea Utara tak selamanya bisa mengandalkan persenjataan ini. Ketika perang sudah tidak lagi dibutuhkan, tentu deretan misil balistik mereka akan kadaluarsa dalam artian tidak lagi digunakan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Pasukan Asing yang Pernah Berhadapan dengan TNI

7 Pasukan Tentara yang Mengirim Anak-Anak ke Medan Perang!