in

Tak Selamanya Aman, Begini Potensi Bahaya yang Bisa Ditimbulkan oleh Wajan Anti-lengket

Untuk kebutuhan memasak sehari-hari, hampir semua ibu rumah tangga menggunakan wajan anti-lengket. Wajan ini bisa membantu kegiatan memasak lebih menyenangkan, pun saat dicuci tidak perlu keluar banyak tenaga. Bahkan, karena teknologi anti-lengketnya ini, menggoreng telur tanpa minyak pun bisa bagus dan tidak meninggalkan bekas.

Namun, ternyata di balik teknologi anti-lengketnya, sempat beredar kabar bahwa wajan ini bisa membahayakan kesehatan. Apakah benar begitu? Agar tidak salah kaprah, mari kita simak ulasan di bawah ini!

Panci wajan anti-lengket yang kita kenal selama ini

Kebanyakan wajan anti-lengket yang dimaksud di sini adalah teflon. Namun, sebelum kita masuk ke akibat dan bahaya teflon ini mari kita luruskan dulu beberapa fakta. Teflon bukanlah nama jenis panci atau wajan dengan gagang seperti yang selama ini orang yakini.

Panci anti-lengket [sumber gambar]
Melainkan paten terhadap bahan pelapis yang digunakan pada berbagai alat industrial dan komersial, memberikan kelebihan anti lengket, mudah dibersihkan, dan tahan lama, melansir Hipwee.com. Keberadaan teflon ini sendiri sudah ada sejak tahun 1960-an, dengan bahan kimia utama polytetrafluoroethylene atau biasa disingkat dengan PTFE.

Tidak semua panci anti-lengket berbahan teflon ya

Nah, panci anti-lengket ini sendiri banyak sekali jenisnya loh. Mungkin yang paling kita kenal memang yang berbahan utama teflon (PTFE). Sekarang, banyak sekali panci anti-lengket yang mungkin lebih ramah daripada panci teflon, seperti yang berbahan pelapis keramik.

Teflon Vs Wajan Keramik [sumber gambar]

Panci anti-lengket yang bahannya keramik ini disebut jauh lebih aman jika mau dibanding dengan yang berbahan PTFE. Hmmm, kalau dari segi harga sih jelas lebih mahal ya, karena kualitas produknya juga semakin bagus.

Gas yang dihasilkan teflon saat dipanaskan

Nah, yang membuat banyak orang berpendapat bahwa teflon berbahaya adalah gas yang ia hasilkan saat dipanaskan dalam jangka waktu yang lama dan juga berlebihan (panasnya). Dilansir dari hellosehat.com, pada suhu di atas 300 derajat Celcius, lapisan teflon pada peralatan masak anti-lengket mulai rusak, sehingga ia melepaskan bahan kimia beracun ke udara.

Teflon anti-lengket [sumber gambar]
Menghirup asap ini dapat menyebabkan demam asap polimer, juga dikenal sebagai flu Teflon. Asap yang dihasilkan oleh Teflon panas ini bahkan bisa membunuh hewan seperti burung. Pada manusia, dalam kasus yang serius, menghirup gas teflon bisa menyebabkan kerusakan paru-paru.

Partikel yang terkelupas bisa berbahaya kalau terkonsumsi

Coba deh perhatikan teflon yang kamu punya, pasti ada goresan dan sudah mengelupas jika ia terlalu sering dipakai. Nah, bagian yang mengelupas ini bisa membahayakan kesehatan kalau sering masuk dalam makanan dan terkonsumsi.

Partikel dalam teflon [sumber gambar]
Dalam anti-lengket wajan ini, ada senyawa kimia lagi yang disebut dengan PFOA (perfluorooctanoic acid). PFOA ini berisiko memicu tumor dan bersifat karsinogenik. Jadi, pandai-pandailah dalam memilih jenis panci anti-lengket. Kalau bisa sih membeli yang ada sertifikatnya, mahal enggak apa demi kesehatanmu, guys.

BACA JUGA: 5 Makanan Ini Tak Boleh Dibekukan Kembali Setelah Cair, Bisa Membahayakan Kesehatanmu

Tapi, enggak usah terlalu parno ya. Kalau memang kamu masih memakai panci anti-lengket yang berbahan teflon, maka kamu bisa akali dengan memasak menggunakan api kecil, pilihlah makanan yang mudah matang, usahakan dapurmu punya ventilasi (agar udara keluar), serta gosok dengan pelan saat membersihkannya. Kalau bisa sih membeli yang mahal enggak masalah, apalagi kalau punya sertifikat.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Perbandingan Jet Tempur T-50 dan Su-35 Rusia yang Katanya Akan Dibeli oleh Indonesia

16 Tahun Berlalu, Inilah Kabar Terkini Pemeran Sinetron DAN yang Dulu Jadi Favorit Warganet