in

Ada Rambut di Makananmu? Cepat Buang atau Akan Terkena Masalah Kesehatan

Kejadian yang paling menyebalkan ketika kita sedang lapar-laparnya adalah adanya rambut di makanan. Hmm.. kalau sudah begitu, rasanya tidak ada nafsu makan lagi. Kita tidak pernah tahu si pemilik rambut sudah keramas atau belum. Jika sudah sih tak masalah, tapi kalau belum mah bakal banyak kuman yang menempel pada makanan kita itu.

Biasanya, jika sudah menemukan rambut pada makanan, ada dua tipe orang nih. Tipe pertama adalah langsung membuang rambutnya dan melanjutkan makan. Kemudian untuk yang kedua yakni tidak mau makan dan memilih yang baru saja. Yap, dari dua tipe orang ini, yang benar adalah kedua. Sebab, rambut ternyata membahayakan jika sudah menempel pada makanan atau tidak sengaja tertelan.

Menyebabkan diare pada si penelan rambut

Sebabkan diare [Sumber Gambar]
Menurut Maria Colavincenzo, seorang dermatolog di Northewestern University, rambut ditakutkan mengandung bakteri staphylococcus. Nah, jika bakteri tersebut sudah ada di dalam perut, maka bisa mengganggu pencernaan yang dapat mengakibatkan si penelan rambut menderita diare. Memang peristiwa ini sangat jarang terjadi, namun kemungkinan dapat dialami bagi orang-orang yang kondisi perutnya sedang tidak baik Sahabat Boombastis.

Bisa dianggap sebagai keracunan makanan

Dianggap sebagai keracunan makanan [Sumber Gambar]
Lalu, pendapat lain juga dikemukakan ahli makanan dan kesehatan yang dipublikasikan di Times of India. Di sana disebutkan, kalau rambut manusia dikategorikan sebagai kontaminan mikrobiologi karena dapat menyebabkan pertumbuhan mikroorganisme pada makanan yang telah dimasak. Ini dikarenakan faktor organik seperti minyak, keringat, pewarna atau sampo yang menempel pada rambut. Sehingga menyebabkan munculnya zat patogen di dalam makanan ketika dibiarkan dalam waktu yang lama. Kalau zat patogen tertelan, maka kalian bisa dianggap seperti keracunan makanan. Namun itu bisa terjadi jika zat patogen yang masuk ke pencernaan dalam jumlah banyak.

Dapat merusak sistem internal tubuh

Merusak sistem internal tubuh [Sumber Gambar]
Jika menurut Institut Sains Nasional, Teknologi dan Studi Pembangunan, New Delhi, rambut manusia itu mengandung beberapa bahan kimia beracun. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau itu berasal dari faktor organik. Jadi, jika rambut ini tidak sengaja tertelan oleh manusia, maka bisa merugikan tubuh. Misalnya saja seperti merusak sistem internal tubuh manusia. Tapi, perlu diingat kalau kerusakan sistem internal tersebut terjadi jika rambut yang tertelan lebih dari dua helai.

Tak hanya menjijikkan, ternyata rambut pada makanan juga membahayakan bagi tubuh. Mungkin terlihat remeh, namun lebih baik untuk tidak mengabaikannya. Namun Sahabat Boombastis perlu tahu, kalau akibat-akibat di atas bisa terjadi jika rambut yang tertelan dalam jumlah banyak. Jika hanya satu atau dua helai, itu tak masalah bagi kesehatan. Tapi, jika kalian menemukan rambut di makanan, lebih baik untuk membuangnya. Atau bisa juga mengganti makanan dengan yang baru kalau kalian mau lebih higienis.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Bikin Gagal Fokus, Beginilah Transformasi Via Vallen Menjadi ‘Gadis Tribune’ Sepak Bola

Lucu-Lucu Ngeri, 10 Larangan Buang Sampah Ini Bakalan Membuat Siapapun Patuh