in

Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!

Facebook, media sosial dengan jumlah pemakai yang mencapai angka fantastis dari seluruh belahan dunia. Sebab di facebook, hampir semua hal yang dibutuhkan user selalu difasilitasi. Termasuk juga hiburan untuk mengusir rasa lelah dan bosan. Salah satu hiburan yang seringkali muncul dalam berbagai jenis adalah kuis lucu.

Kuis-kuis lucu di facebook biasanya menampilkan hal-hal personal seperti siapa artis yang mirip dengan kita, kapan kita akan menikah, kita cocok tinggal di daerah mana dan sebagainya. Meski semua orang tahu apa yang ditampilkan kuis hanya sekedar untuk iseng dan lucu-lucuan, siapa sangka kuis macam ini menyimpan bahaya yang banyak tidak disadari netizen. Yuk, intip bahayanya sebelum terlambat.

Mengirim Data Pribadi pada Pihak Tak Dikenal

Ilustrasi login dengan Facebook yang membuat data pribadi terkirim [screenshoot]
Saat mengikuti kuis yang disediakan oleh nametest.com,pentintip.us, result.com dan lain sebagainya, tentu kamu diminta login menggunakan Facebook. Tidak hanya itu, situs-situs penyedia kuis juga meminta izin untuk menggunakan informasi pribadi yang kamu cantumkan di Facebook. Ketika kamu menyetujui, artinya situs tersebut otomatis menyimpan informasi pribadi milikmu. Karenanya, sebelum memutuskan menyetujui apa yang disyaratkan aplikasi tersebut, pastikan untuk membaca dengan detail ketentuan yang tertera. Jangan karena asal klik atau pencet, data pribadimu bisa seenaknya digunakan pihak-pihak tidak bertanggung jawab lho ya.

Data Pribadi Kita Berpotensi Diperjualbelikan

Ilustrasi penyalahgunaan data [image: source]
Daripada melakukan survei yang belum tentu menarik perhatian masyarakat, indikasi marketer mengumpulkan data orang-orang dari kuis Facebook terbilang lebih mudah. Kalau sudah begitu, ada dugaan data kita diperjualbelikan untuk kebutuhan strategi pemasaran atau keputusan bisnis. Jika diingat-ingat sebagian kuis memang kadang menanyakan warna favorit, makanan, atau minuman favorit, dan informasi lain tentang diri kamu. Nah, tentu perusahaan yang perlu data semacam itu akan tertarik membeli informasi tersebut untuk keperluan bisnis. Jika itu bisnis putih, kalau ternyata bisnis hitam yang membuat bahaya diri kita lantas bagaimana, hayo?

Beresiko Ditipu Atau Dikelabui Pihak Tertentu

Ilustrasi ditipu [image: source]
Berbagai lembaga telah meminta pengguna facebook untuk berhati-hati dengan kuis lucu. Salah satunya adalah organisasi Better Business Bureau (BBB) yang menekankan agar konsumen berhati-hati dengan kuis bermodus tes kecerdasan. Sebab umumnya, konten seperti itu dirancang khusus untuk menggali informasi pribadi setiap orang dan disimpan oleh pengelola yang tidak jelas dengan maksud tertentu. Menurut pakar anti-virus Alfons Tanjujaya,  kuis lucu mengarahkan pembukanya ke web iklan adware dan menguntungkan si perancang yang mendapat uang dari iklan yang dipasang.

Jika Terjadi Sesuatu, Tidak Ada Yang Bertanggung Jawab Sebab Situs Penyedia Layanan Tidak Memiliki Identitas Jelas

Tidak ada orang yang bertanggung jawab pada data pribadi kita [image: source]
Banyak keganjilan pada situs penyedia kuis lucu yang banyak bertebaran. Apa tujuan mereka membuat aplikasi semacam itu? Siapa orang di baliknya? Dan bagaimana user bisa mengajukan keluhan jika terjadi sesuatu yang merugikan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak pernah dijawab sebab layanan situs web tidak memiliki asal-usul atau identitas yang jelas. Dan rasanya juga tidak mungkin jika sebatas iseng mengingat banyaknya ragam kuis-kuis yang ada.

Secara Tidak Langsung Mengundang Korban Baru dengan Memainkan Kuis Ini

Tautan yang mengajak orang lain turut mencoba kuis [screenshoot facebook]
Saat kamu mengikuti kuis-kuis lucu biasanya juga membagikannya di dinding facebook. Dindingmu akan terpampang gambar menarik dan tulisan menggoda orang lain untuk ikut mengklik kuis dan berpartisipasi. Maka secara tidak langsung dan tanpa kamu sadari, kamu turut mengundang korban lain untuk diambil data-data pribadinya. Dan juga, kamu ikut berperan menebar sesuatu berpotensi membahayakan.

Berpotensi Membuat Orang Lain Illfeel

Ilustrasi saling illfeel [image: source]
Di luar bahaya terkait data pribadi yang terkirim ke pihak tidak jelas, ada hal lain yang membuat image baikmu bisa saja terancam. Ya, kadang informasi yang ditampilkan kuis terkesan memaksakan. Meski terlihat lucu, tapi bisa saja orang lain illfeel kepadamu gara-gara hal itu. Yang lebih penting, mengikuti kuis-kuis itu kadang menghabiskan waktu namun tidak ada manfaat yang berarti.

Deretan hal berbahaya di atas bisa mengancam kemerdekaan privasi kamu. Karenanya, jangan hanya karena ingin lucu-lucuan atau iseng-iseng malah kamu menghadapi resiko berbahaya ya. Mending gunakan waktu untuk membaca berita, bermain game tanpa membagi informasi pribadi, atau lakukan hal lain yang membuatmu bahagia sekaligus merasa aman.

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Merasakan Sensasi Jaringan 4G Ngebut Ala Smartfren Lewat Serunya Acara #Amazingfren

Inilah Asal-Usul Bambu Runcing yang Pernah Bikin Penjajah Bermimpi Buruk