in

6 Hal yang Boleh dan Terlarang Dilakukan Pilot Saat Mengudara, Salah Satunya Adalah Tidur

Ketika naik pesawat, transportasi ini tentu berbeda dengan naik angkutan lain. Ada banyak aturan tak tertulis yang harus dipatuhi, mulai dari sang pilot, para crew, serta semua penumpang. Dari semuanya, yang paling berperan dalam kesuksesan penerbangan adalah sang pengendali alias pilotnya.

Mungkin, setiap kali naik ke pesawat kamu tak pernah melihat sang pilot, aturan serta hal apa saja yang mereka lakukan di ruang kokpit. Nah, kali ini, Boombastis akan mengupas habis apa saja yang boleh dan terlarang untuk dilakukan para pilot selama pesawat sedang mengudara. Cekidot!

Makanan pilot harus berbeda satu sama lain

Makanan pilot dan Co-pilot harus berbeda [Sumber gambar]
Dalam dunia penerbangan, satu rute penerbangan biasanya ada dua pilot berbeda yang menjadi cadangan. Uniknya, dalam menu makanan, keduanya harus menyantap jenis hidangan berbeda. Hal ini dilakukan untuk memastikan satu pilot tetap berada dalam keadaan aman seandainya salah satu makanan tersebut terkontaminasi zat yang mungkin bisa menyebabkan sang pilot sakit.

Boleh tidur selama penerbangan, serius?

Pilot boleh tidur saat penerbangan [Sumber gambar]
Untuk kamu yang belum mengetahui, selama proses penerbangan, pilot diperbolehkan tidur. Lalu, siapa yang mengendalikan pesawat? Seperti yang kita ketahui kalau satu rute ada pilot cadangan yang bisa menggantikan mengendalikan pesawat. Hanya saja tidur di sini juga masih terikat aturan, sang pilot tidak boleh dibiarkan tidur sampai tahap deep sleep alias terlelap. Hal tersebut lagi-lagi karena lelap bisa mengurangi kewaspadaan serta reaksi pilot saat bangun tidur.

Sterile cockpit rule, saat di mana pilot tak boleh mengobrol

Pilot mengobrol selama penerbangan [Sumber gambar]
Pada tahun 1974, sebuah kecelakaan pesawat terjadi di Amerika karena pilotnya membicarakan sesuatu yang tak berkaitan dengan penerbangan. Sejak saat itu sterile cockpit rule, di mana pilot tak boleh mengobrol dalam beberapa keadaan. Hal ini berlaku ketika pesawat telah melewati ketinggian 10 ribu kaki, serta memasuki 10 kaki menuju proses pendaratan (landing).

Tak boleh memakai ponsel selama penerbangan

Larangan pilot memakai gadget pribadi [Sumber gambar]
Aturan yang satu ini rasanya bukan hanya berlaku untuk pilot saja, tapi bagi seluruh penumpang dan crew yang ada di pesawat. Jika kamu mencari di instagram dengan hastag #pilotsofinstagram, pastinya ada banyak sekali gambar-gambar pemandangan menakjubkan yang merupakan hasil jepretan selama penerbangan. Sayangnya, tindakan tersebut masuk dalam kategori illegal. Segala jenis gadget pribadi tidak diperbolehkan untuk sang pilot. Alat ini baru boleh digunakan dalam keadaan terdesak dan pengecualian tertentu.

Media yang boleh dibaca hanya koran

Boleh membaca koran [Sumber gambar]
Berjam-jam dalam penerbangan –apalagi jarak jauh- pastinya merupakan hal membosankan. Namun, itulah konsekuensi pekejaan. Aturan ini sebenarnya bergantung pada tiap-tiap maskapai. Ada maskapai yang membolehkan para pilotnya membaca artikel pendek di koran dengan alasan hal tersebut tak terlalu menyita perhatian pilot. Di sisi lain, beberapa maskapai melarang keras pilotnya melakukan segala hal yang tidak berkaitan dengan tugas mereka.

Bagaimana cara kerja pilot jika penerbangan memakan waktu lama?

Yang dilakukan pilot saat penerbangan jarak jauh [Sumber gambar]
Keselamatan semua penumpang berada di tangan pengendali pesawat bukan? Seorang pilot haruslah tanggap dan tangkas dalam bekerja. Jika penerbangan memakan waktu yang lama, maka harus pintar-pintar pilotnya memilih rute yang aman, sesuai dengan jumlah volume bahan bakar yang ada. Selain itu, mereka juga harus berani menghadapi segala jenis cuaca, seburuk apapun itu. Segala jenis sistem yang ada di pesawat tidak boleh luput dari pantauan, demi keselamatan semua penumpang.

Menjadi seorang pilot itu adalah hal yang sangat complicated dan membutuhkan tanggung jawab yang tidak main-main. Ya, bagaimana tidak jika di tangan mereka ada ratusan nyawa yang harus diantar ke tujuan yang sudah ditentukan. Jadi, jangan pernah mengira kalau sang pilot hanya santai-santai saja di ruang kokpit ya!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Jadi Tradisi di Indonesia, Inilah Akibat Jika Menggoyangkan Motor Ketika Isi Bensin

Pinky Lu Xun, Cosplayer Asal Indonesia yang Cantiknya Bikin Melongo!