Nusa Tenggara, baik yang timur atau barat menjadi salah satu tempat Indonesia yang menyimpan banyak sekali keindahan. Tapi tak hanya alamnya yang bagus saja, para altet di sana juga memiliki prestasi yang tidak bisa dianggap remeh. Seperti baru-baru ini dicatatkan oleh Lalu Muhammad Zohri yang mampu menjuarai lari 100 meter putra di Finlandia. Pemuda asal Nusa Tenggara Barat ini juga mengalahkan favorit jawara yakni Anthony Schwartz dan Eric Harrison dari Amerika Serikat.

Apa yang dicatatkan pemuda berusia 18 tahun ini menjadi bukti apabila daerah kepulan timur Indonesia merupakan kawasan yang menyimpan banyak potensi. Selain Zohri, atlet asal Nusatenggara juga kerap torehkan prestasi emas. Berkat mereka bangsa ini semakin harum di mata dunia. Siapa sajakah mereka? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Lewat Kempo, Frangky Valentino, persembahkan emas dari Amerika Serikat

Anggota atlet Kempo juara di Amerika Serikat [Sumber Gambar]
Sebelum Zohri, nama Frangky Valentino menjadi salah satu atlet asal tanah Nusa Tenggara yang harumkan nama Indonesia di dunia. Mengikuti kejuaraan bertajuk Shorinji Kempo World Taikai 2017, ia dan rekan-rekannya sukses persembahkan emas. Hasil yang juga membuatnya mampu mengalahkan 22 negara yang mengikuti ajang tersebut. Emas yang didapatkan Frangky adalah buah dari kegemilangan yang terjun di kelas pasangan. Kemenangan tersebut juga berdampak kepada dirinya yang di ganjar bonus sebesar Rp 150 juta dari pemerintah setempat.

Roslin Dida, harumkan nama Indonesia lewat Sepak Takraw

Roslin Dida atlet sepak takraw [Sumber Gambar]
Roslin Dada pastinya bukan nama yang familiar di telinga orang-orang Indonesia. Namun sebagai seorang atlet sepak takraw kemampuannya tidak bisa dianggap remeh. Hal ini dibuktikan dengan mampu menyabet beberapa prestasi di olahraga tingkat Asia atau Dunia. Seperti contohnya adalah meraih perunggu di Kings Cup Thailand yang merupakan ajang sepak takraw dunia. Sedang untuk kawasan Asia dara yang lahir tahun 1997 juga pernah menyambet medali perak dan perunggu di Asian Beach Games 2012. Prestasi yang juga membuat nama Indonesia harum di dunia.

Ahmad Zigi, peraih emas di event Karate WKF Junior Dunia

Ahmad Zigi juara karate [Sumber Gambar]
Berbicara mengenai prestasi usia junior, apa yang dicapai Ahmad Zigi tidaklah kalah apabila dibandingkan dengan Lalu Muhammad Zohri. Pemuda yang berprofesi sebagai atlet karate ini juga torehkan prestasi yang cemerlang di usia mudanya. Ia yang mengikuti kejuaraan Karate WKF Junior Dunia yang diadakan tahun 2015 berhasil merebut medali emas. Catatan bagus ini juga menggenapkan prestasi apik di olahraga ini sebelumnya. Dilansir dari laman Liputan 6, pemuda asal Mataram ini meraih peringkat dua di ajang AKF (Asian Karate Federation) pada 2013 dan peringkat tiga di ajang AKF Malaysia pada tahun 2014.

Yabes Roni pesepakbola Indonesia rebut perunggu di SEA Games

Yabes Roni membela Timnas [Sumber Gambar]
Setelah mencuat tahun 2013 lalu, Yabes Roni menjadi pesepak bola yang terus mencuat namanya. Hal tersebut membuat pemain asal Nusa Tenggara Timur terpilih masuk skuad Timnas untuk SEA Games 2017. Berada di ajang multievent terbesar Asia Tenggara itu, dirinya sukses mempersembahkan sebuah medali perunggu. Meski tak banyak bermain, namun apabila pemain Bali United ini diturunkan selalu memberikan seratus persen kemampuannya. Kondisi itu membuatnya juga selalu tampil maksimal lewat kecepatan dan driblingnya.

Triyaningsih, pelari wanita andalan Indonesia di event Internasional

Triyaningsih atlet lari juara SEA Games [Sumber Gambar]
Emas bagi seorang pelari cantik bernama Triyaningsih sudah layaknya sahabat. Pasalnya dara yang lahir di Semarang ini sering sekali sabet peringkat pertama lomba lari di event Internasional. Tercatat hanya ketika SEA Games 2013 dirinya memperoleh perunggu. Kerja keras dan keteguhan hati menjadi kunci untuk perempuan 29 tahun ini. Meski tidak muda lagi, namun hasratnya untuk bisa meraih prestasi lebih tinggi tetap membara. Seperti apa yang diungkapkan kepada laman Bola.com, “kalau soal impian saya ingin masuk ke posisi tiga besar dunia untuk event tertinggi olahraga”.

Pencapaian atlet-atlet ini adalah gambaran bagaimana semua daerah Indonesia menyimpan potensi yang istimewa. Apabila mereka yang di daerah terus di beri dukungan, sangat dimungkinkan ke depan Indonesia akan menjadi negara pemenang banyak event olahraga dunia. Seperti membuat Roti, kita sudah mempunyai bahannya tinggal bagaimana mengolahnya agar menjadi enak.