in

Penambangan Masa Depan, 2 Asteroid Baru Dekat Bumi Ini Mengandung Logam Senilai 100 Triliun

Asteroid yang kita kenal sebagai benda luar angkasa mengerikan, kala itu pernah menjadi kunci sejarah hilangnya peradaban dinosaurus. Hantaman asteroid terbaru terjadi pada 15 Februari 2013 di kota Chelyabinsk, Rusia. Asteroid tersebut datang bak bola api besar yang berpijar terang seperti matahari, di mana ledakannya kemudian melukai lebih dari ribuan orang.

Melihat sejarah tersebut, tentu asteroid menjadi yang mengerikan bagi kehidupan di bumi. Namun, baru-baru ini para ilmuwan menemukan dua asteroid langka yang mengandung logam murni serta memiliki nilai jual ratusan triliun rupiah, yang dapat bermanfaat bagi manusia. Seperti apa asteroid tersebut? Dan benarkah asteroid tersebut bernilai mahal? Berikut ulasan selengkapnya.

Mengandung logam berharga hingga 100 triliun rupiah

Baru-baru ini ilmuwan menemukan dua buah asteroid langka yang letaknya dekat dengan bumi. Mereka berasumsi, jika asteroid ini mengandung logam berharga yang ditaksir bernilai US$ 11,65 triliun atau sekitar Rp165 triliun. Kabarnya, asteroid langka tersebut akan menjadi target penambangan di masa depan yang dapat menghasilkan banyak pundi rupiah.

Ilustrasi Asteroid langka berlaber 1986 DA yang bernilai ratusan triliun [sumber gambar]
Untuk kebutuhan peneitian, dua asteroid ini dilabeli dengan nama 1986 DA dan 2016 ED85. Menurut peneliti, asteroid ini diperkirakan mengandung besi, nikel, dan kobalt, serta memiliki 85% logam mineral dan 15% silikat. Untuk diameter lebarnya saja lebih dari 1,6 kilometer. Lebih lanjut, ilmuwan memperkirakan asteroid ini merupakan inti dari planet kuno yang pernah hancur.

Dijuluki Mini Psyches

Asteroid berlabel 1986 DA ini, nantinya akan membantu peneliti dalam menjelaskan keaslian harta karun logam yang dimiliki oleh 16 Psyche. Asteroid baru dekat bumi ini, dijuluki sebagai Mini Psyches, sebab diyakini merupakan bagian dari potongan-potongan asteroid 16 Psyche yang telah hancur.

Ilustrasi mini Psyche [sumber gambar]
Asteroid 16 Psyche menjadi daya tarik tersendiri bagi penambangan luar angkasa. Di tahun 2022 mendatang, NASA akan melakukan penelitian tentang asteroid 16 Psyche, yang kabarnya diperkirakan memiliki logam murni di kawasan lembah dan bagian bukitnya. Mineral yang dimiliki asteroid ini bahkan ditaksir bernilai Rp142,5 triliun.

Butuh penelitian lanjutan

Mini Psyches nyatanya sangat diperlukan untuk melengkapi data kebenaran asteroid 16 Psyches. Karena jaraknya yang dekat dengan bumi, Mini Psyches mungkin memiliki fitur-fitur yang serupa dengan 16 Psyches. Namun, perkiraan nilai triliun rupiah yang dimiliki 16 Psyches ini belum dapat dibuktikan dengan akurat.

Ilustrasi penelitian ilmuwan di luar angkasa [sumber gambar]
Analisa Mini Psyches yang dilakukan dari bumi, masih terbilang jauh dan belum dapat dipastikan komposisi objek tersebut. Dibutuhkan dana untuk melanjutkan penelitian ini menggunakan pesawat ruang angkasa. Sampai dugaan itu terbukti, para peneliti telah mempertimbangkan opsi bahwa asteroid tersebut hanyalah puing-puing belaka yang tak memiliki nilai logam mahal.

BACA JUGA: Sempat Bikin Heboh dan Dikira Pesawat Alien, Ini Fakta Terbaru Oumuamua Menurut Para Ahli

Sayangnya, kesimpulan bahwa asteroid ini mahal masih perlu dibuktikan dengan penelitian yang amat panjang. Nyatanya, sekalipun terbukti benar, alokasi pendapatan dari temuan ini belum jelas akan dibawa kemana, apakah untuk penduduk bumi atau untuk kepentingan dana penelitian lanjutan.

Written by Dessy Humairoh

Berkedok Sumbangan, 4 Pemuka Agama Gadungan Tipu Nenek di Magelang hingga Puluhan Juta

Difitnah dan Diusir dari Kerajaan Majapahit, Kisah Sedih di Balik Kemasyhuran Mpu Prapanca